Home » Info » Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik, Begini Cara Ceknya
Info

Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik, Begini Cara Ceknya

MUDIK menjadi tradisi orang Indonesia di bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Setelah dua tahun pandemi Covid-19, pemerintah akhirnya memperbolehkan untuk mudik di Lebaran 2022.

Meski diperbolehkan untuk melakukan mudik, namun pemerintah memberikan syarat tertentu. Yaitu, masyarakat yang hendak mudik haruslah sudah vaksinasi lengkap dan mendapatkan vaksin booster.

“Kalau yang booster-nya lengkap, itu enggak usah tes Covid-19, jadi memudahkan nanti perjalanan mudiknya,” kata Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin di konferensi pers virtual, Rabu .

Vaksin Booster

Dia juga menjelaskan, masyarakat yang sudah vaksin booster bisa dicek lewat aplikasi PeduliLindungi.

“Di PeduliLindungi itu kelihatan apakah ada vaksin ketiga atau tidak. Ada menu untuk mengecek sertifikat vaksin, itu bisa dilihat apakah ada vaksin tiganya atau tidak,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa masyarakat yang hendak mudik juga akan dilakukan pengecekan. “Mudik dengan kendaraan umum itu ngeceknya pada saat naik, tapi kalau mudik dengan kendaraan pribadi itu dilakukan dengan random checking,” kata Menkes Budi.

Namun, bila masyarakat yang hendak mudik belum mendapatkan vaksin booster, maka akan dipersiapkan sentra vaksinasi. “Kalau mereka mau di-booster saat itu, nanti dipersiapkan oleh Kementerian Perhubungan tempat-tempat vaksinasi gratis di fasilitas-fasilitas angkutan umum,” ujar dia.














Baca Selengkapnya

Baca Juga:  Kemoterapi, Mengobati Penyakit Kanker dengan Cara Memberantas Sel-Sel Kanker