Home ยป Aplikasi
Aplikasi

Uninstall Android System WebView, Mempengaruhi Kinerja Aplikasi Lain

Uninstall Android system WebView bisa Anda lakukan untuk mengatasi kapasitas memori yang penuh. Hingga nantinya tidak perlu melakukan update terus-menerus.

Setiap membuka menu pembaruan Google Play Store sering melihat update terbaru untuk Android System WebView. Hal ini terus terjadi padahal baru beberapa hari melakukan pembaruan aplikasi tersebut.

Padahal ukurannya lumayan besar yaitu 50MB. Jika Anda salah satu pengguna yang sedang menghemat kuota agar tidak cepat habis bisa lakukan uninstall.

Sehingga tidak perlu lagi melakukan pembaruan Android System WebView. Jika sampai Anda tidak melakukan uninstall Android system WebView bisa saja kuota cepat habis.

Sebenarnya untuk menghapusnya tergolong cukup mudah. Apalagi jika ponsel sudah melakukan root.

Meski demikian, Anda juga perlu mempertimbangkan kembali, sebab tampilan web sistem Android menjadi komponen yang penting. Sehingga akan membuat kinerja aplikasi lainnya berjalan sempurna.

Bagaimana Cara Uninstall Android System WebView?

Android WebView adalah salah satu sistem smartphone yang menampilkan halaman web atau tampilan halaman pada aplikasi perangkat Android. WebView adalah komponen aplikasi bawaan ponsel Android.

Sehingga tidak bisa menghapus sistem WebView pada perangkat itu sendiri. Namun jika Anda menemukan masalah pada sistem tersebut, sebaiknya memeriksa apakah ada pembaruan pada sistem.

Jika masalah tidak bisa diselesaikan bisa membawanya ke toko pembelian smartphone lengkap dengan bukti pembelian dan kartu garansinya.

Sebenarnya menghapus Android System WebView tidak bisa dilakukan begitu saja. Hal ini karena proses penghapusan instalasi cukup bervariasi.

Semua tergantung dengan perangkat Android dan versinya. Berikut ini ada beberapa tips tentang bagaimana cara uninstall Android System WebView pada beberapa perangkat.

Cara ini bisa Anda terapkan juga pada Android 6.0 atau yang lebih baru. Caranya cukup mudah.

  1. Buka pengaturan
  2. Selanjutnya masuk pada aplikasi
  3. Semua aplikasi dan pilih tampilan web sistem
  4. Ketuk 3 garis pada bagian sudut kiri atas layar
  5. Langkah terakhir silahkan copot pemasangan atau uninstal.
Baca Juga:  Aplikasi Alarm HP Bangunkan Tidur Paling Efektif, Segera Unduh!

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut Anda sudah melakukan pencabutan atau penghapusan Android system WebView.

Sebaiknya pikirkan dulu apakah Anda benar-benar ingin melakukan uninstal atau tidak. Jika yakin, bisa lakukan cara tersebut.

Dampak Pencopotan Android System WebView

Melakukan uninstall Android system WebView sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Meski demikian, akan berdampak pada aplikasi Android lainnya.

Melakukan pembaruan sistem ini membutuhkan ruang penyimpanan dan kuota internet. Sehingga akan mengakibatkan kuota berkurang.

Jika Anda merasa kesulitan dengan adanya hal tersebut, bisa segera uninstall saja.

Cukup ikuti langkah sebelumnya. Akan tetapi Android system WebView memiliki pengaruh terhadap kinerja aplikasi lain.

Jika sampai Anda melakukan pencopotan, beberapa aplikasi akan mengalami kinerja yang tidak berjalan sempurna.

Misalnya pada aplikasi BBM, WA, atau Line. Hal ini terpengaruh karena Android system WebView adalah salah satu aplikasi pihak ketiga.

Sehingga aplikasi WA dapat secara langsung menampilkan halaman sebuah website dari aplikasi tersebut. Bahkan tanpa harus beralih ke browser .

Manfaat Android System WebView

Mengingat keberadaan Android system WebView cukup penting, tentu Anda sebisa mungkin jangan melakukan uninstall. Sebab manfaatnya cukup terasa pada aplikasi Android lainnya.

Jika sampai Anda menghapusnya, kemungkinan laman web yang dikirim via WA akan dapat terbuka melalui browser saja.

Dengan artian membuat Android semakin lambat bekerja. Sebab banyaknya aplikasi yang berjalan secara bersamaan.

Untuk itu, sebaiknya gunakan koneksi jaringan WiFi ketika Anda ingin melakukan proses update Android system WebView. Sehingga dapat menghemat kuota internet.

Setelah Anda melakukan update sama seperti yang lainnya, kinerja Android akan lebih prima dan stabil. Selain itu, juga dapat terhindar dari berbagai masalah atau error.

Baca Juga:  Aplikasi Kencan Online Cari Jodoh, Ketahui Ini Sebelum Menggunakan!

Kinerja aplikasi dan game Android juga semakin maksimal. Tanpa Anda harus mengalami kendala apapun.

Sebaiknya setelah mengetahui manfaat dari Android System WebView Anda berpikir kembali untuk menghapusnya.

Apalagi jika sampai Anda lakukan hal tersebut hanya demi menghemat kuota internet saja. Urungkan niat untuk uninstall Android System WebView karena mampu mempengaruhi kinerja aplikasi lain. Jika sampai Anda salah langkah, justru akan menghambat aplikasi lainnya.