Home ยป Info
Info

Tips Mudik dengan Motor Agar Tetap Aman, Wajib Lakukan Hal Penting Ini

Tips mudik dengan motor perlu dipahami bagi mereka yang hendak berkunjung ke kampung halaman. Hal ini wajib Anda lakukan agar dapat selamat sampai tujuan.

Sebentar lagi hari raya umat Islam atau Idul Fitri akan segera datang. Kebiasan masyarakat perantau adalah berbondong-bondong pulang kampung atau mudik.

Hal ini identik dengan kebiasaan yang ada di masyarakat Indonesia. Ada yang mudik dengan alat transportasi umum, mobil, bahkan sepeda motor.

Sebagian masyarakat memilih menggunakan sepeda motor karena berbagai alasan. Selain murah dan tidak rawan macet, pastinya akan efisien dalam segi waktu dan keuangan.

Namun untuk mudik dengan sepeda motor, jangan asal membawanya saja. Gunakan tips mudik dengan motor agar tetap aman sampai tujuan.

Bahkan, risiko terjadinya kecelakaan atau hal buruk yang tidak diinginkan semakin kecil. Menjaga keselamatan berkendara adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat mudik.

Apalagi ketika mudik, perjalanan akan membutuhkan waktu lama dan kendaraan di jalan pun akan cukup ramai. Sebaiknya Anda perhatikan beberapa hal penting sebelum mudik menggunakan sepeda motor.

Tips Mudik dengan Motor Sesuai Aturan Pemerintah

Mudik naik motor memang sudah banyak dilakukan masyarakat sejak lama. Namun jika Anda menjadi salah satu pemudik yang berencana menggunakan sepeda motor, perlu persiapan yang tepat.

Ada baiknya persiapkan sejak awal dari segi kendaraannya hingga pengendara. Dengan persiapan yang matang, perjalanan mudik akan jauh lebih nyaman.

Jika kondisi tubuh fit dan kendaran prima maka risiko timbulnya masalah di jalan akan jauh berkurang. Apalagi di perjalanan kita tidak bisa mengetahui kondisi yang akan terjadi.

Dengan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, maka perjalanan mudik akan jauh lebih aman, nyaman, dan menyenangkan.

Baca Juga:  Cara Leasing Mobil Termudah yang Aman, Ikuti Tutorialnya Berikut Ini!

Berikut ini ada beberapa hal yang wajib diperhatikan jika Anda menjadi salah satu masyarakat yang hendak mudik menggunakan sepeda motor. Jangan sepelekan, karena akibatnya akan cukup merepotkan Anda di perjalanan.

Cek Kondisi Sepeda Motor Secara Menyeluruh

Tips mudik dengan motor yang pertama pastinya wajib melakukan pengecekan kendaraan.

Pastikan semua komponen berfungsi dengan baik. Bahkan kondisi oli dan sistem kelistrikan juga berfungsi dengan baik.

Lakukan pengecekan secara menyeluruh kurang lebih satu minggu sebelum mudik. Cek juga kelengkapan berkendara agar tidak terkena tilang maupun masalah di perjalanan.

Perhatikan bagian sistem keselamatan atau rem motor, penggerak, dan kaca spion. Sebaiknya Anda memperhatikan semua komponen, baik dari interior maupun eksteriornya.

Dengan cara ini membantu perjalanan mudik jauh lebih aman dan lancar tanpa hambatan.

Rencana Perjalanan

Merencanakan perjalanan mudik juga menjadi salah satu bagian dari tips mudik dengan motor. Merencanakan perjalanan mudik seperti mencari jalur yang tepat dan membawa barang yang tidak berlebih, juga harus disiapkan sejak awal.

Dengan mengetahui rute perjalanan yang tepat, maka Anda akan terhindar dari macet maupun kondisi lainnya. Apalagi biasanya pemudik membawa barang bermuatan lebih saat perjalanan.

Ada baiknya untuk merencanakan membawa barang seperlunya saja. Selain mengganggu keseimbangan berkendara, juga membuat performa kendaraan berkurang.

Sebaiknya Anda bisa menentukan jalur alternatif yang tepat dengan barang secukupnya agar bisa sampai tujuan dalam waktu singkat. Jika Anda nyaman berkendara, juga akan jauh lebih aman.

Kenakan Jaket Pelindung

Saat mudik tentu melalui perjalanan yang cukup jauh. Gunakan tips mudik dengan motor sesuai aturan.

Bahkan ada yang sampai bermalam di jalan. Untuk menjaga tubuh tetap fit selama perjalanan, sebaiknya mengenakan jaket.

Baca Juga:  10 Cara Mengatasi Sariawan saat Puasa, Paling Ampuh!

Baik pengendara dan pembonceng, sebaiknya gunakan jaket tebal. Dengan mengenakannya mampu melindungi tubuh dari angin dan sinar matahari saat perjalanan.

Usahakan juga mengenakan celana panjang yang lebih simpel, namun tetap aman.

Kenakan Helm

Ada banyak pengendara yang sering mengabaikan peran dari helm. Padahal komponen yang satu ini menjadi pelindung saat mengendarai sepeda motor.

Ada banyak model helm yang beredar di pasaran. Salah satunya helm full face, meski berat namun akan mampu melindungi kepala dan wajah secara menyeluruh.

Meski terasa berat, helm full face mampu memberikan tingkat keselamatan yang cukup baik. Untuk itu, kenakan helm sebagai tips mudik dengan motor, agar berkendara jauh lebih aman.