Home ยป Info
Info

Tips Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat, Pola Hidup Lebih Sehat!

Tips menurunkan kolesterol tanpa obat dapat dilakukan dengan beberapa tips mudah. Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah tentu dapat menyebabkan adanya gangguan kesehatan.

Salah satunya dalam penyakit jantung. Supaya tubuh tetap sehat, maka pastikan Anda menjaga kadar kolesterol tetap normal.

Jika kadarnya mengalami peningkatan, maka Anda dapat menurunkan kolesterol secara alami tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan.

Kolesterol merupakan zat lilin yang terdapat di dalam pembuluh darah. Tubuh seseorang memerlukan adanya kolesterol baik untuk membangun sel-sel yang sehat.

Kolesterol tinggi adalah suatu kondisi kadar kolesterol dalam darah di atas normal. Kondisi ini dapat membatasi aliran darah serta dapat meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung.

Agar ini tidak terjadi pada diri Anda, berikut ini beberapa pilihan tips alami untuk menurunkan kolesterol tinggi tanpa harus menggunakan obat, antara lain:

Terapkan Pola Hidup Sehat

Salah satu penyebab dari kolesterol tinggi adalah pola hidup yang tidak sehat. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu menerapkan pola hidup sehat untuk dapat mengontrol kadar kolesterol dalam darah Anda.

Sebaiknya jangan sampai menunggu muncul gejala. Anda dapat menghindari berbagai jenis makanan tinggi lemak jenuh, karena ini bisa meningkatkan kadar kolesterol.

Selain itu, untuk dapat menurunkan kolesterol tinggi tanpa obat, Anda disarankan untuk rutin melakukan aktivitas fisik atau olahraga.

Menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat juga sangat penting untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap normal. Seperti buah dan sayur, ikan, serta protein nabati.

Menjaga Berat Badan Ideal

Seseorang yang mempunyai berat dan berlebih atau obesitas pada umumnya cenderung rentan mengalami kolesterol tinggi. Oleh karena itu, harus dilakukan adanya pengecekan.

Baca Juga:  10 Cara Mengatasi Sariawan saat Puasa, Paling Ampuh!

Dengan menjaga berat badan, maka dapat membantu tubuh lebih peka terhadap insulin serta membuat tubuh mudah merespon perubahan lemak makanan.

Kurangi Asupan Gula Tambahan

Tips menurunkan kolesterol tanpa obat selanjutnya adalah dengan mengurangi asupan gula tambahan. Dalam hal ini Anda dapat menghindari minum minuman soda atau minuman buah yang mengandung High Fructose Corn Syrup .

Selain itu, sebaiknya kurangi karbohidrat olahan seperti kue, kue kering, sereal manis, atau permen.

Mengurangi gula tambahan juga menawarkan motivasi ekstra untuk dapat menurunkan berat badan serta kontrol gula darah. Di sisi lain, diet tinggi gula juga dapat mempengaruhi jumlah lipid Anda.

Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Kolesterol dalam darah dapat Anda turunkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat. Hal ini karena makanan tinggi serat memiliki kandungan bakteri baik.

Sehingga sangat baik pula untuk kesehatan pencernaan. Anda dapat memperoleh makanan dengan kandungan serat tinggi melalui kacang-kacangan, buah, sayuran, dan biji-bijian.

Tips menurunkan kolesterol tanpa obat lainnya adalah dengan menghindari merokok serta minum minuman beralkohol. Berhenti merokok dapat meningkatkan kolesterol baik dalam darah dan fungsi paru-paru pun akan menjadi lebih baik.