Home ยป Info
Info

Tips Menu Buka Puasa yang Sehat Dikonsumsi, Jangan Asal Makan!

Tips menu buka puasa yang sehat dapat mengembalikan energi dan nutrisi tubuh setelah seharian penuh berpuasa. Berbuka puasa merupakan waktu yang paling ditunggu bagi sebagian besar umat muslim saat bulan Ramadan.

Setelah seharian penuh menahan lapar dan dahaga, saat itulah maka umat muslim yang menjalankan puasa diperbolehkan makan dan minum.

Dengan demikian banyak orang yang secara khusus menyajikan berbagai menu untuk berbuka puasa.

Dalam hal ini, mengonsumsi makanan sehat saat berbuka puasa penting untuk Anda lakukan. Pasalnya, tubuh memerlukan adanya asupan nutrisi setelah seharian berpuasa.

Sebagian besar masyarakat Indonesia mengidentikan momen berbuka puasa dengan berbagai sajian manis dan mengenyangkan. Mulai dari kolak santan hingga gorengan.

Namun tahukah Anda, semua jenis menu buka puasa tersebut bukanlah kategori menu berbuka yang sehat.

Justru semua menu tersebut memiliki kadar gula yang tinggi dan serat lemak jenuh. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengikuti beberapa tips menu buka puasa yang sehat di bawah ini:

Buah Kurma

Untuk sebagian besar umat muslim, kurma merupakan santapan wajib saat berbuka puasa. Pasalnya, buah satu ini merupakan anjuran langsung dari Nabi Muhammad SAW.

Buah asal Arab ini memiliki kandungan kadar gula alami. Maka saat mengkonsumsinya dapat mengembalikan tenaga yang hilang setelah menjalankan puasa.

Selain itu, kurma juga mengandung mineral yang baik bagi tubuh. Sehingga saat mengkonsumsi kurma ketika berbuka puasa, merupakan pilihan yang tepat dan sehat.

Salad Buah atau Sayur

Tips menu buka puasa yang sehat lainnya adalah dengan mengonsumsi salad buah atau sayur. Menu ini kaya akan vitamin dan serat. Dengan mengkonsumsi sayuran dan buah saat berbuka puasa, dapat mengembalikan tenaga yang hilang.

Baca Juga:  Cara Mencegah Munculnya Asam Urat, Dicoba Yuk!

Hal terpenting lainnya, mengkonsumsi salah satu tips menu buka puasa ini tidak akan membuat perut menjadi begah. Dengan demikian moment berbuka puasa Anda pun akan menjadi lebih menyenangkan.

Sup

Makanan berkuah seperti sup bisa menjadi pilihan menu buka puasa yang menyehatkan. Tidak hanya mempunyai kandungan cairan yang banyak, sayur yang terdapat dalam sup mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tips menu buka puasa yang sehat satu ini dapat Anda kreasikan dengan mencampurkan berbagai bahan sayuran segar, daging ayam, bakso, jamur, dan berbagai bahan sehat lainnya.

Puding Buah

Beralih pada makanan manis, salah satu menu yang cukup disarankan sebagai menu berbuka puasa adalah puding buah.

Puding serta buah-buahan sendiri merupakan dua hidangan yang memiliki kandungan serat dan vitamin tinggi. Apabila Anda padukan, tentu Anda akan memperoleh manfaat yang lebih terasa.

Anda dapat mengombinasikan puding dan buah yang sama. Biasa juga berkreasi dengan memadukan rasa yang berbeda sesuai dengan selera Anda. Jangan lupa untuk tetap banyak mengonsumsi banyak air putih dan makanan bernutrisi lainnya.