Home » Info
Info

Tips Mencegah Lonjakan Covid-19 dari Dokter Ahli Pulmonologi

KEHADIRAN varian Omicron di Indonesia tak boleh diremehkan. Apalagi sudah ada pasien yang meninggal akibat varian Omicron.

Diprediksi kasus Covid-19 akan melonjak akibat liburan Natal dan Tahun Baru 2022.

 omicron

Sebagaimana diketahui, varian baru Covid-19 asal Afrika Selatan ini memang disebut memiliki kemampuan menular yang jauh lebih cepat 500 persen dari varian Delta yang sempat meledak di dunia. Varian Omicron ini telah menciptakan gelombang Covid-19 di sejumlah belahan dunia.

Ketua Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FKUI RSUP Persahabatan, dr. Prasenohadi, Sp.P, KIC, Ph.D, mengatakan, masyarakat sebenarnya tidak perlu khawatir atau merasa takut berlebihan.

Apalagi jika masyarakat tetap menjaga kesehatan dan cakupan vaksinasi lebih ditingkatkan maka diharapkan gelombang ketiga tidak akan terjadi.

“Dalam hal ini meningkatkan imunitas tubuh juga penting dilakukan seperti mencukupi kebutuhan gizi, dan olahraga dapat mencegah terjadinya gelombang ketiga Covid-19,” kata dr. Prasenohadi.

Ia juga membagikan tiga upaya utama yang bisa dilakukan untuk menjaga kasus Covid-19 di Indonesia tetap landai dan tak melonjak di antaranya:

1. Cakupan vaksinasi harus ditingkatkan. Ini adalah tugas pemerintah untuk meningkatkan cakupan vaksinasi serta partisipasi dari masyarakat untuk mau divaksin.

2. Tetap mempertahankan dan menjaga protokol kesehatan. Kalau bisa lebih ditingkatkan. Jadi meskipun kita lihat di Indonesia sudah ada pelonggaran di PPKM, tapi protokol kesehatan tetap harus dijaga dan ditingkatkan.

3. Peningkatan agen edukasi. Jadi sebagai dokter atau masyarakat harus melakukan edukasi tentang masalah Covid-19 minimal untuk keluarganya. Terutama pada orang-orang yang pernah terinfeksi Covid-19.














Baca Juga:  Tips Investasi Emas Digital Mampu Meraup Cuan Besar Bagi Investor

Baca Selengkapnya