Home » Info
Info

Tips Dokter Spesialis Bagi Diabetesi agar Kadar Gula Aman Selama Berpuasa

Dokter Spesialis Penyakit Dalam membeberkan tips bagj penderita diabetes agar bisa berpuasa dengan aman tanpa khawatir kadar gulanya naik atau turun.

Menurut dokter Reinaldo Alexander Sp.PD., saat menjalani puasa penderita diabetes lebih berisiko mengalami kenaikan atau kekurangan kadar gula darah.

Kondisi ini bisa membuat pasien diabetes rentan terkena komplikasi diabetes, seperti hipoglikemia, hiperglikemia ketoasidosis diabetik dan dehidrasi.

Dokter Reinaldo memaparkan, pasien diabetes yang sudah berobat dengan baik, kadar gulanya terkontrol cukup baik serta puasanya dilakukan dengan bagus, bukan dengan porsi makan sembarangan, sebenarnya banyak manfaat baik yang dirasakan.

Contohnya, melatih kedisiplinan untuk mengatur pola makan. Kemudian kadar kolesterol membaik biasanya disertai penurunan berat badan sampai 1-2 kg.

Namun, kata dia, perlu diwaspadai jika kadar gula darah kurang dikontrol karena akan menimbulkan beberapa faktor risiko yang akan dialami pasien diabetes ketika berpuasa.

Risiko yang paling sering ditemui adalah gula darahnya drop, biasanya muncul di waktu siang hingga sore hari. 

“Atau justru kadar gulanya menjadi tinggi,” ujar dokter  Spesialis Penyakit Dalam di Siloam Hospitals Bekasi Sepanjang Jaya ini, Jumat (1/4).

Baca Selengkapnya

Baca Juga:  3 Cara Aman Mengendarai Mobil di Musim Hujan, Nomor 2 Perhatikan