Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, Menteri KKP Siapkan Tiga Program Terobosan

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono (foto: Instagram)
Bagikan:

Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyiapkan sejumlah program terbosan yang harus dijalankan dengan optimal hingga tahun 2024.

Hal ini disampaikan Menteri KKP, Sakti Wahyu Trenggono dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (5/4/21).

Bacaan Lainnya

“Kami siapkan tiga program terobosan KKP pada tahun 2021 hingga 2024,” ujarnya.

Ia menjelaskan, ketiga program tersebut dibuat dalam melaksanakan program pembangunan kelautan dan perikanan yang berkelanjutan untuk kesejahteraan.

Ketiga program tersebut, pertama peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sumber daya alam perikanan tangkap untuk kesejahteraan nelayan.

Kedua, peningkatan ekspor dengan mengembangkan perikanan budidaya yang didukung riset kelautan dan perikanan.

Ketiga, akan dibangun kempung-kampung perikanan budidaya tawar, payau dan laut berbasis kearifan lokal.

Diharapkan dengan skema tersebut perikanan tangkap mampu memberikan kontribusi PNBP kepada negara hingga Rp12 triliun pada 2024.

Dalam rangka mencapai target peningkatan PNBP, terdapat langkah-langkah yang harus dilakukan bersama-sama Pemerintah Daerah.

Langkah-langkah tersebut antara lain, melengkapi sarana dan prasarana untuk kesiapan pelabuhan perikanan dalam melakukan pendataan hasil pendaratan ikan.

Kemudian, meningkatkan jumlah dan kapasitas syahbandar, operator informasi teknologi, enumerator, dan pengawas perikanan.

Selanjutnya, menuntaskan pendataan KUSUKA (Kartu Pelaku Utama Kelautan dan Perikanan) pada tahun 2022 dan meningkatkan kualitas data produksi di seluruh tempat pendaratan ikan.

Terakhir, meningkatkan kapasitas pengawasan pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan melalui teknologi pengawasan yang handal.

(ANS/IJS)

Bagikan:
READ  Presiden Lantik Lima Anggota Dewan LPI

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *