Home » Info
Info

Stretch Mark Tak Bisa Hilang Total, Begini Cara Mengatasinya

MASALAH ibu hamil yang hampir semua merasakan adalah muncul stretch mark di perut dan paha. Kondisi tersebut kerap membuat bumil tidak percaya diri.

Stretch mark sendiri adalah garis merah atau putih di permukaan kulit area tertentu di mana lemak banyak berada. Stretch mark keluar karena perubahan berat badan yang drastis dengan cepat atau kehamilan.

 stretch mark

Kemunculan stretch mark di kulit banyak dikhawatirkan bumil pada umumnya. Menjadi pertanyaan semua orang bahwa apakah stretch mark bisa hilang total?

Dijelaskan Dokter Spesialis Kulit dr Arini Astasari Widodo, SpKK, bahwa stretch mark itu tidak bisa hilang total. Namun, kondisinya bisa diperbaiki dengan melembapkan kulit area stretch mark.

“Kalau ditanya apakah stretch mark bisa hilang total, jawabannya tidak bisa. Artinya, kulit yang sudah ada stretch mark, itu tidak akan bisa kembali ke kondisi kulit awal,” terang dr Arini dalam virtual press conference Daé Organics, Kamis .

Namun, dr Arini mengatakan bahwa stretch mark bisa diperbaiki, sehingga kondisinya tidak memburuk. Terlebih, pada beberapa kasus stretch mark menyebabkan gejala lain seperti gatal.

Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan bumil atau masyarakat secara umum yang memiliki stretch mark, mulai dari asupan makanan bergizi, memastikan konsumsi air putih secara cukup, dan mengontrol kenaikan berat badan.

“Perlu diketahui, faktor risiko stretch mark keluar selain kehamilan adalah peningkatan berat badan 35-40 kg secara cepat. Ini membuat risiko keluarnya stretch mark jadi lebih besar,” terang dr Arini.

Ia juga menyarankan agar stretch mark tidak digaruk. Ya, salah satu gejala mau keluarnya stretch mark adalah kulit terasa gatal. Nah, gatal tersebut usahakan tidak digaruk untuk meminimalisir stretch mark yang berbahaya.

Baca Juga:  Cukup 5 Menit, Cara Mudah Membuat Saus Tartar ala Bryan Ferrysienanda!

“Saran yang selalu saya berikan ke mereka yang sudah ada stretch mark-nya adalah memerhatikan kelembapan kulit. Untuk itu, rutin-rutinlah menggunakan moisturizer di area kulit yang ada stretch mark-nya,” saran dr Arini.

“Jika Anda sedang hamil muda, maka mulai gunakan moisturizer di area-area perut dan paha. Cara tersebut bisa menurunkan risiko keluarnya stretch mark. Gunakan setiap hari, ya,” tambahnya.














Baca Selengkapnya