Home ยป Info
Info

Setting Mikhmon di Android Lengkap dengan Cara Instal dan Penggunaan

Setting Mikhmon di Android dapat membantu Anda dalam usaha Voucher WiFi. Mikhmon dapat membantu Anda ketika ingin membuat voucher/user tanpa ribet.

Cara ini dapat membuat, menghapus, dan melihat siapa saja yang sedang aktif.

Biasanya aplikasi ini hanya terpasang di PC/Laptop bahkan Web Hosting. Hanya saja penggunaan laptop tidak sesering jika kita sedang menggunakan HP.

Sebab kebutuhan akan HP sudah menjadi hal utama yang membantu berbagai aktivitas. Karena itulah kini ada cara penggunaan dan setting Mikhmon di Android dengan bantuan aplikasi.

Mikhmon pada HP sama seperti ketika Anda menggunakannya di laptop. Anda bisa gunakan Localhost dari HP yang dijadikan sebagai Web Server Mikhmon.

Sayangnya untuk pengguna Android masih banyak yang belum tahu apa sebenarnya Mikhmon dan cara setting di Android. Agar lebih jelas bisa simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga : Cara Membuat Foto Siluet di HP Android Menggunakan Bantuan Aplikasi

Setting Mikhmon di Android dan Definisinya

Mikhmon adalah sebuah aplikasi berbasis web untuk dapat membantu penggunanya dalam manajemen Hotspot MikroTik. Hal ini khusus bagi MikroTik yang tidak mendukung user Manager.

Aplikasi ini bukan radius server, sehingga tidak harus selalu dalam posisi aktif. Mikhmon bisa Anda aktifkan saat dibutuhkan atau sesuai kebutuhan penggunanya.

Dengan adanya Mikhmon di Android ini membantu mempermudah Anda dalam manajemen Hotspot atau sistem voucher. Pengguna tidak perlu lagi repot membuka PC untuk bisa memonitoring perangkat MikroTik Anda.

Anda perlu memenuhi standar perangkat agar aplikasi Mikhmon dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala. Mikhmon dapat Anda install pada berbagai platform. Mulai dari Windows, Linux, dan Android.

Dengan berbagai supportnya pada platform yang berbeda membuat Mikhmon semakin terkenal.

Baca Juga:  Yuk, Kenali 8 Jenis Jurnal Akuntansi untuk Berbisnis, Begini Cara Penggunaannya

Bahkan cukup banyak dibutuhkan bagi mereka yang menekuni jaringan. Adapun cara install dan setting Mikhmon di Android yang bisa Anda lakukan.

Cara Install Aplikasi Mikhmon di Android

Kemudahan dalam pembuatan voucher WiFi hotspot kini bisa dengan aplikasi Mikhmon. Mikhmon hadir dengan berbagai fitur atau menu. Mulai dari laporan pendapatan, template editor untuk merubah bentuk warna, dan gaya voucher.

Bagi Anda yang berbisnis jaringan menggunakan HP setting Mikhmon di Android terbilang cukup membantu. Sebab hal ini dipercaya lebih praktis cukup menggunakan ponsel Android saja.

Untuk install Mikhmon sebenarnya ada 2 cara. Ada yang menggunakan aplikasi web server dan menggunakan berbagai aplikasi. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan yaitu Termux.

Baca Juga : Cara Private Number di HP Android, Mudah dan Tidak Ribet

Install Mikhmon dengan Aplikasi Termux

Setting Mikhmon di Android memang bisa membantu Anda jauh lebih praktis daripada menggunakannya pada perangkat laptop. Adapun cara yang bisa Anda lakukan ketika menggunakan Termux untuk install aplikasi.

  1. Download aplikasi Termux di Play Store
  2. Setelah download segera install, buka, dan jalankan dengan mengetik pkg install curl
  3. Setelah itu, Anda bisa ketik curl -o install-mikhmon https://laksa19.github.io/install-mikhmon.txt dan tunggu proses download selesai. Selanjutnya Anda bisa ketik chmod +x install-mikhmon dan ketik kembali /install-mikhmon
  4. Langkah tersebut menjadi proses install terakhir dan Anda cukup melakukan pengecekan apakah sudah berhasil atau tidak.

Cara Cek Apakah Mikhmon Sudah Terinstall atau Belum

Lakukan pengecekan apakah Mikhmon sudah terinstall atau belum. Buka browser dengan menggunakan chrome dan ketikan pada halaman URL 127.0.0.1:8080.

Jika sudah berhasil aplikasi akan masuk web Mikhmon dengan artian penginstalan sukses.

Baca Juga:  5 Cara Mudah dan Alami Memutihkan Kulit Miss V, Perempuan Wajib Tahu

Pastikan juga selama install aplikasi HP memiliki koneksi internet dari WiFi hotspot Mikrotik dengan aplikasi Termux yang masih berjalan.

Jika install Mikhmon yang Anda lakukan belum berhasil maka segera melakukan pengu

Baca Juga : Cara Mengatur Shutter Speed di HP Android Lengkap Dengan Fungsinya

Menggunakan Mikhmon di Android

Penggunaan Mikhmon kini bisa Anda lakukan dengan mudah pada HP Android. Cara untuk menggunakannya pun terbilang mudah. Berikut ini ada langkah-langkah yang bisa Anda lakukan antara lain:

  1. Pasang aplikasi web server yang berhasil Anda download
  2. Buka aplikasi, close, dan extract file.zip mikhmon
  3. Selanjutnya ada folder namanya mikhmonv3ws > mikhmon
  4. Pindahkan satu folder ke folder penyimpanan HP pada halaman utama
  5. Buka aplikasi
  6. Centang Web Server dan Database Server
  7. Pada kolom Access Web, pilih local host dan mikhmonv3ws
  8. Masukkan user Mikhmon dan password 1234 dan Anda bisa langsung bisa setting Mikhmon di Android layaknya pada windows.

Cara setting Mikhmon di Android ini terbilang sangat mudah untuk Anda terapkan.