Gadget

Samsung Laptop Lipat Dua Telah Dipatenkan, Ini Informasinya

Samsung laptop lipat dua kabarnya dipatenkan. Laptop yang dapat dilipat dua kali ini merupakan inovasi dari Samsung yang lebih fokus pada inovasi teknologi layar.

Setelah sebelumnya, membuat ponsel lipat dan jam tangan pintar yang dapat digulung. Sebagaimana kita ketahui, ponsel lipat ini sedang hype di pasaran.

Hal ini tak lain dari inovasi Samsung yang membuat begitu banyak model jajaran ponsel lipat.

Seperti Samsung Galaxy Z Fold 3 5G, Samsung Galaxy Z flip 3 5G, dan Samsung Galaxy Z Flip. Kini justru merambah ke perangkat laptop sehingga dapat dilipat dan lebih portabel.

Informasi Samsung Laptop Lipat Dua Lebih Portabel

Samsung memang sebelumnya memamerkan 4 konsep perangkat dengan layar yang mudah membentuk lipatan di CES 2022.

Menurut informasi yang melansir dari GizmoChina, perusahaan besar tersebut telah mematenkan laptop multi folded terbaru sistem lipat yang tak hanya sekali, melainkan 2 kali.

Bahkan paten menjelaskan bagaimana cara kerja perangkat tersebut. Mulai dari melipat laptop seperti biasa, lalu laptop yang terlipat tadi kemudian dapat melipatnya kembali dari tengah.

Begitu juga informasi lain yang menjelaskan hal sama. Melansir dari Pocket Lint bahwa paten Samsung tersebut mencakup laptop yang dapat terlipat secara manual atau tradisional.

Kemudian pengguna dapat melipatnya sekali lagi saat menutup. Dari desain Samsung laptop lipat dua kali ini, perangkat menunjukkan area berengsel dengan klip.

Gunanya untuk menyatukan lapisan laptop saat sudah terlipat tersebut. Mengutip dari Phonearena, perusahaan ternama tersebut tengah mengeksplor laptop berdesain kemampuan lipat hingga dua kali.

Temuan paten ini memang menunjukkan cara kerja dari ide yang brilian. Paten tersebut perangkat dengan layar di atas keyboard yang terlipat kembali sehingga menjadikan tampilan laptop seperti roti isi atau sandwich.

Baca Juga:  Kunci Galeri di iPhone Privasi Lebih Aman, Simak Trik Mudahnya!

Layar dengan Panel OLED dan Engsel Vertikal

Perangkat memiliki keyboard yang terbelah pada bagian tengah dan tersemat engsel lipat di antaranya. Begitu juga dengan layar yang menggunakan panel OLED lipat dari Samsung di tahun 2022 ini.

Bagian tersebut dengan engsel yang tersemat secara vertikal pada sisi tengahnya. Hal ini memungkinkan perangkat untuk kembali bisa terlipat menjadi lipatan kedua.

Baik baterai, motherboard, dan komponen yang berada di bawah keyboard akan terbagi menjadi dua bagian.

Dengan pengaturan sistem tersebut, perangkat terlipat secara vertikal. Pada posisi perangkat laptop terlipat, bagian alas laptop berada di sisi luar.

Sementara layar terselip di tengah. Sehingga Samsung laptop lipat dua tersebut membentuk persegi yang jauh lebih portabel dari perangkat biasanya.

Hal yang menjadi perhatian adalah dari segi ketebalannya. Dengan sistem lipat, maka laptop memiliki tebal dua kali lipat dari biasanya.

Hal menarik dari laptop ini adalah aspek biaya produksinya. Dengan teknologi yang tersemat dan untuk membuatnya terlipat dua, maka biayanya tidak murah.

Sementara baru sekedar paten saja yang mendapat persetujuan. Meski Samsung sudah mematenkan laptop, bukan berarti konsep tersebut akan rilis.

Hanya saja, jika tren ponsel lipat akan terus berlanjut, maka bukan hal yang tidak mungkin semua terealisasi dengan baik. Sehingga memungkinkan penggemar perangkat canggih bisa menemukannya.

Prediksi Menarik Tag Meta Samsung

Karena jika Samsung merealisasikan inovasi tersebut, akan ada banyak tantangan yang harus diselesaikan.

Hal tersebut berkaitan dengan lipatan layar yang menguji kreativitas dan keyboard berengsel lebih kokoh untuk mendapatkan pengalaman mengetik secara menyenangkan.

Perlu Anda ingat bahwa Samsung laptop lipat dua ini baru sekedar paten dan belum menjamin perangkat beredar di pasaran atau untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Baca Juga:  HP Realme Narzo 50 5G Resmi Rilis, Ini Spek dan Harga Jualnya

Terkait dengan ide, tentu masih perlu pertimbangan kemampuannya. Karena sebelumnya Samsung menambahkan tag meta serta cuplikan teks yang menggambarkan konten situs. Hal ini terlihat di situs resmi Samsung.

Tag meta ini mewakili gambaran produk yang akan tersiar pada gelaran acara Unpacked 2022. Hal ini menyasar produk baru Samsung Galaxy dan Samsung 2022.

Hal yang menjadi perhatian jika melihat seksama di situs resmi Samsung, selain tag untuk galaxy S Series, yaitu tag untuk Galaxy Note Series.

Bahkan menurut laporan, Samsung tidak mencapai targetnya. Hal ini dalam peluncuran smartphone karena beberapa alasan yang tidak terdeteksi.

Namun banyak prediksi bahwa hal tersebut terkait dengan penjualan lini Galaxy S21 yang kurang memuaskan.

Melansir dari laporan The Elec mengungkapkan tentang keseluruhan produksi 300 juta unit. Samsung sendiri memproduksi 250 unit secara mandiri.

Sisanya teratasi oleh mitra yakni Huaqin dan Wintech. Sehingga Samsung laptop lipat dua bukan berarti akan rilis secepatnya.