Home ยป Info
Info

Rantai Motor Tidak Lurus, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya Ini!

Rantai motor tidak lurus alias kendor memang sering terjadi, bahkan kondisi seperti ini akan mempengaruhi kualitas berkendara para pengguna. Seperti yang kita ketahui, bahwa rantai motor sendiri adalah salah satu komponen yang berperan sangat penting.

Apabila terjadi masalah maka motor bisa langsung mengalami penurunan performa bahkan bisa mencelakai penggunanya. Sebab komponen rantai motor ini memiliki fungsi sebagai media guna meneruskan putaran mesin dari counter shaft transmisi menuju roda belakang.

Rantai Motor Tidak Lurus, Kenapa Hal Ini Bisa Terjadi?

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan roda dua dan sering menjumpai kondisi rantai yang cepat kendor, maka patut berwaspada. Akan tetapi apabila masih bingung dan belum tahu mengenai penyebabnya, maka sekarang Anda bisa mengetahuinya dari penjelasan berikut ini.

Rantai motor sendiri adalah sebuah komponen yang memiliki peran sangat penting karena akan menjalankan kendaraan. Tanpa ada rantai motor tentu saja tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Akan tetapi ada saja kendala yang sering terjadi pada komponen tersebut, misalnya rantai yang kendor atau mungkin posisinya yang tidak lurus lagi. Jika sudah seperti itu maka Anda sebagai pemilik motor harus segera memperbaikinya dan ketahui dulu penyebabnya.

Penyebab

Salah satu penyebab rantai motor tidak lurus atau cepat kendor adalah kondisi jalanan yang terjal dan sering Anda lewati. Pasalnya kondisi jalan yang seperti ini akan menyebabkan swing arm motor jadi lebih banyak bergeraknya.

Selanjutnya kotoran yang ada pada bagian rantai ternyata juga bisa membuat kondisinya menjadi tidak lurus dan kendor. Sehingga kondisi rantai yang jarang kita bersihkan akan membuatnya menjadi tidak bisa terikat lagi dengan baik.

Kemudian kapasitas kendaraan yang berlebihan juga bisa menjadi pemicu rantai motor menjadi tidak lurus dan kendor. Sebab beban motor yang berlebihan ternyata bisa membuat kinerja rantai akan menjadi lebih berat lagi.

Baca Juga:  Cara Meratakan Warna Kulit Sekaligus Memperbaiki Teksturnya

Bagaimana Solusinya?

Jika Anda mengalami hal semacam ini maka harus segera melakukan tindakan, misalnya seperti mengencangkan rantai. Karena rantai motor yang tidak lurus ini harus Anda kencangkan supaya nantinya tidak putus di jalanan.

Langkah pertama siapkan sejumlah alat seperti kunci pas atau kunci ring dan mencari tempat yang kondisinya rata. Jika sudah, langsung ukur seberapa tingkat kekenduran pada rantai tersebut.

Kemudian kendorkan pula baut roda yang bisa Anda lakukan menggunakan kunci ring supaya baut as roda tidak slek. Jangan lupa sesuaikan pula ukuran rantai caranya adalah dengan memutar baut penyetelan pada bagian ujungnya.

Terakhir tinggal mengencangkan lagi rantai tersebut apabila bagian kiri dan kanannya sudah benar-benar sama. Untuk mengatasi rantai motor tidak lurus dan supaya kencang Anda bisa menggunakan kunci pas dan jangan lupa cek kondisi putarannya.