Polisi Tangkap Pelaku Penyunting Video Syur Gabriella Larasati

Video syur Gabriella Larasati. (Foto: Tangkapan Layar)
Bagikan:

Medan – Polisi menyebut video syur yang menyeret nama selebgram Gabriella Larasati merupakan hasil editing oleh pria berinisial YS. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pelaku sudah ditangkap oleh Ditreskrimsus Polda Metro Jaya di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (20/3/2021).

“Pelaku mendapatkan video dari media sosial, dia crop, edit sendiri dan kirim ke akun sosmed terlapor saudari GL,” terang Yusri di Polda Metro Jaya, Kamis (25/3/2021).

Bacaan Lainnya

READ  Bus Pengangkut Pasien Covid-19 Alami Kecelakaan di Bogor

YS menggunakan akun Instagram @yudis.03 untuk berkomunikasi dengan Gabriella. Dalam komunikasi itu, YS bermaksud ingin memeras Gabriella. Di dalam keterangan polisi, pelaku menuliskan, “Kalau Anda tidak ingin viral, saya sekarang membutuhkan uang. Setelah uang diterima video akan dihapus.”

Yusri mengungkapkan, motif pelaku melakukan aksi tersebut atas dasar iseng. Sejauh ini ia pun belum menerima uang dari Gabriella.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 27 ayat (1) Jo Pasal 45 ayat (1) dan atau Pasal 27 ayat (4) Jo Pasal 45 ayat (4) Jo Pasal 36 Jo Pasal 51 ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dengan ancaman penjara paling lama enam tahun dan denda paling banyak Rp1 miliar.

Sebelumnya, polisi juga telah menangkap dan menetapkan dua penyebar video syur Gabriella Larasati sebagai tersangka. Keduanya berinisial NK dan MSA. Mereka menyebarkan video syur tersebut melalui Twitter dan Website. Berdasarkan hasil pemeriksaan, motif keduanya menyebarkan video tersebut untuk meraup untung.

Atas perbuatannya, kedua tersangka dijerat Undang-Undang ITE Nomor 19 Tahun 2016 dan Undang-Undang Pornografi Nomor 44 Tahun 2008.

Gabriella sendiri sudah mengakui bahwa dirinyalah perempuan di dalam video syur yang viral di media sosial.

(Sdy/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *