Home » Info
Info

Perokok Punya Risiko Besar Mendengkur, Yuk Atasi dengan 3 Cara Ini

MEROKOK membuat seseorang terbiasa mendengkur saat tidur. Kok bisa?

Untuk diketahui, mendengkur tidak melulu diakibatkan badan kita terlalu lelah, tapi juga dapat disebabkan oleh efek samping dari merokok.

Dikutip Verywellhealth, dalam satu penelitian yang dipublikasikan di National Library of Medicine dengan judul “Smoking as A Risk Factor for Sleep-Disordered Breathing”, pada 811 orang dewasa yang perokok, risiko mendengkur 2,3 kali lebih besar dibandingkan mereka yang tidak merokok. Meskipun belum ada penelitian lebih lanjut terhadap perokok pasif, sangat mungkin bahwa paparan asap rokok juga meningkatkan risiko mendengkur.

“Perokok memiliki risiko lebih besar untuk mengalami gangguan pernapasan saat tidur daripada yang tidak pernah merokok. Perokok berat memiliki risiko terbesar sementara mantan perokok tidak berisiko lebih tinggi mengalami gangguan pernapasan saat tidur,” demikian isi hasil riset tersebut, dikutip Verywellhealth.

merokok

Dijelaskan lebih lanjut, asap rokok menyebabkan peradangan pada membran mukosa . Peradangan ini memicu pembengkakan dan peningkatan postnasal drip, yaitu lendir ekstra yang terasa di bagian belakang hidung dan tenggorokan.

Dampaknya, jalan napas menjadi lebih sempit, sehingga aliran udara lebih bergejolak. Risiko ini meningkat di kalangan perokok

“Gangguan saluran napas bagian atas, terutama hidung dan tenggorokan, dapat meningkatkan gangguan jalan napas sehingga menyebabkan suara dengkuran yang tidak menyenangkan,” tambah keterangan itu.

Jika terbiasa mendengkur, maka kualitas tidur Anda kurang baik. Mendengkut bisa membuat Anda kurang tidur dan efeknya bisa berupa kelelahan sepanjang hari, konsentrasi terganggu, peningkatan iritabilitas, dan tenggorokan kering di pagi hari.

Nah, dalam jangka panjang ada sejumlah masalah kesehatan serius terkait akibat dari kurang tidur, seperti gangguan kesehatan jantung, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, kerusakan hati, dan depresi.

Baca Juga:  Gebetan Tak Membalas Cintamu, Begini Cara Move On yang Benar














Baca Selengkapnya