Home ยป Info
Info

Penyebab Knalpot Berkarat yang Harus Anda Tahu dan Tips Mengatasinya

Penyebab knalpot berkarat sangat penting untuk Anda ketahui. Sehingga saat sudah terjadi, Anda tidak harus membawanya ke tukang bengkel. Karat yang muncul pada knalpot biasanya usia penggunaan motor sudah lebih dari dua tahun.

Bahkan karat pada bagian knalpot ini juga tidak boleh Anda anggap remeh sebab dapat menimbulkan kebocoran dan mesin tidak bekerja sempurna.

Karena fungsinya untuk membuang gas motor, maka sangat penting Anda tahu penyebab dan cara mengatasinya.

Inilah Penyebab Knalpot Berkarat yang Harus Anda Kenali

Seperti yang kita ketahui bahwa karat yang menempel pada bagian knalpot, akan membuat penampilannya kurang bagus.

Pada bagian leher knalpot yang ada karatnya biasanya karena terbuat dari bahan dasar berupa logam.

Saat terjadi oksidasi, karat itu bisa muncul pada permukaan, mengingat bahwa knalpot merupakan komponen untuk melewati gas buang.

Bahkan kondisi ini juga tidak boleh kita anggap sepele, sebab dapat mengakibatkan kerusakan pada bagian lain.

Pasalnya, mesin bisa menciptakan rasa panas yang berlebih pada komponen lainnya dan merusak komponen busi, klep, dan paking knalpot. Nah, berikut ini ada beberapa penyebab yang harus Anda ketahui. Apa saja?

Penyebab

Salah satu penyebab knalpot berkarat adalah karena sering terkena air hujan maupun udara air laut.

Sebab udara dan air hujan bisa menimbulkan oksida besi merah , mengingat karena knalpot terbuat dari bahan besi sehingga mudah berkarat.

Selanjutnya ketika tabung knalpot sudah mengeluarkan sisa gas emisi, maka udara yang panas akan langsung muncul. Saat pendinginan sudah bekerja, maka dapat menimbulkan uang air yang harus dikeluarkan.

Selain itu, kotoran memang sangat mudah untuk menempel pada bagian knalpot, mengingat letaknya pada bagian bawah.

Baca Juga:  Penyebab iPhone Restart Sendiri dan Cara Mengatasinya

Jika kotoran sudah menempel dan Anda biarkan begitu saja, maka bisa berubah kerak dan menjadi penyebab knalpot berkarat.

Maka dari itu untuk bisa menghindari karat, sebaiknya cucilah motor Anda secara rutin, terlebih ketika musim hujan. Membersihkan dari air hujan adalah hal yang penting.

Cara Mengatasi

Setelah Anda tahu beberapa penyebabnya, kini saatnya Anda tahu bagaimana cara untuk menghilangkan karat pada knalpot.

Salah satunya adalah dengan menggunakan soda kue dan campuran perasan air jeruk nipis hingga membentuk pasta.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pasta gigi, yang ternyata ini ampuh untuk menghilangkan karat pada knalpot motor.

Caranya adalah dengan mengoleskan pasta gigi tersebut pada bagian permukaan yang berkarat dan tunggu beberapa saat.

Ada juga cara lain, oli gemuk atau stempet berguna untuk melumasi mesin kendaraan. Bahkan ini efektif untuk menghilangkan karat, caranya dengan menyalakan motor sampai knalpot panas. Lalu oleskan secara menyeluruh.

Jika Anda sulit mendapatkan oli gemuk, maka bisa menggunakan bahan lain berupa krim khusus untuk penghilang karat. Anda bisa menemukan kirm ini dengan harga yang relatif murah.

Namun cara penggunaannya berbeda, sebab Anda harus melepas dulu knalpotnya dan kemudian membersihkannya. Sebelumnya lakukan pengamplasan dulu hingga bersih, termasuk pada area yang berkarat.

Setelah tahu beberapa penyebab knalpot berkarat, kini saatnya Anda bertindak untuk membersihkan atau menghilangkannya. Jika Anda tidak bisa melakukannya sendiri, maka bisa membawanya ke tukang bengkel profesional.