Pantau Stok dan Harga Pangan, Mendag: Semua Aman

Menteri Perdagangan, M Luthfi meninjau Pasar Induk Kramat Jati (foto: dok Kemendag)
Bagikan:

Jakarta – Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi memastikan pasokan dan harga kebutuhan pokok stabil jelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2021.

Hal ini disampaikan Lutfi saat meninjau pasokan dan harga kebutuhan pokok di Pasar Induk Kramat Jati dan Pasar Kramat Jati, Jakarta, (7/4/21).

Bacaan Lainnya

“Kami menjamin Ramadhan tahun ini harga stabil bahkan menurun, pasokanpun aman,” katanya.

Ia memaparkan, di Pasar Induk Kramat Jati, harga bawang bawang merah menjadi Rp18.000 per kg atau turun 18,18 persen, bawang putih kating menjadi Rp21.000 per kg, sementara bawang putih honan stabil di Rp18.000 per kg

Selanjutnya harga cabai rawit merah yang sebelumnya sempat mencapai lebih dari Rp100 ribu pr kg, kini mendekati Rp70.000 per kg. Sementara itu, pada cabai merah keriting harga turun 10,81 persen menjadi Rp33.000 per kg.

“Harga cabai kemungkinan masih terus menurun jelang panen,” ujarnya.

Dari pantauan di Pasar Kramat Jati tercatat sejumlah komoditas terpantau turun seperti minyak goreng curah menjadi Rp15.000 per liter, telur ayam ras menjadi Rp22.000 per kg.

Sementara itu harga beras premium tercatat sebesar Rp13.300 per kg dan daging ayam ras Rp35.000 per kg.

Menurut Lutfi, pemerintah saat ini tengah mencari alternatif agar komoditas bahan pokok dapat disimpan lebih lama, dan memperbaiki pola tanam pada komoditas tertentu dipisahkan.

Hal ini dilakukan agar harga bahan pokok tersebut tidak jatuh saat penen tiba.

Mendag menegaskan akan terus mengawal ketersediaan bahan pokok dan stabilitas harga khususnya selama Ramadhan dan Idul Fitri.

READ  Mendag Sebut Harga Kedelai Akan Terus Naik Hingga Mei 2021

(ANS/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *