Home » Info
Info

Mode Satu Tangan Paling Efektif, Ini Cara Aktifkan di Android!

Mode satu tangan di Android berguna untuk mendukung kegiatan terutama saat pengguna sibuk. Demi mempermudah pengguna, Google memungkinkan mereka untuk mengaktifkan mode tersebut terutama pada ponsel Android yang memiliki layar lapang. 

Mengoperasikan dengan mode tersebut dirasa lebih nyaman dan praktis. Fitur Android one hand mode merupakan mode dengan satu tangan yang berfungsi memperkecil layar agar lebih mudah saat dipakai dengan 1 tangan.

Beberapa Android telah support dan terbenam di OS bawaannya. Untuk itu pengguna tinggal mengaktifkannya.

Cara Mengaktifkan Mode Satu Tangan di Android Paling Mudah

Mengaktifkan mode ini dalam setiap device berbeda-beda. Untuk itu ketahui caranya berikut ini.

Mengaktifkan Fitur Di OneUI Samsung

Ponsel besutan Samsung ini menawarkan segudang fitur seperti fitur mode gelap sehingga membuat pengguna tidak cepat lelah. Selain itu juga membekalinya dengan fitur penting yaitu one hand mode untuk mendukung pengguna dalam kondisi penting. 

Cara mengaktifkannya cukup mudah. Meski pengaturannya agak tersembunyi, namun pengguna bisa menggunakan cara berikut. 

Pertama, pengguna buka menu pengaturan. Kemudian pilih fitur lanjutan.

Pengguna bisa tap menu gerakan dan gestur, setelah itu tap mode 1 tangan tersebut. Jika sudah, maka tinggal aktifkan mode dengan klik toggle pada samping menu. 

Mode satu tangan di Android ini memiliki dua cara kerja. Pertama adalah cara kerja menggunakan gesture.

Pada mode ini pengguna bisa lakukan usap layar ke atas untuk masuk pada mode tersebut. Sedangkan pilihan kedua menggunakan tombol.

Caranya dengan mengetuk tombol home tiga kali untuk masuk mode. 

Namun berbeda dengan mode di OneUI 2. Versi Samsung terbaru ini memiliki pengaturan fitur lanjutan.

Kemudian pilih mode dan klik toggle samping menu gunakan mode 1 tangan.

Baca Juga:  Kulit Jari Tangan Mengelupas, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi!

Opsi pertama adalah dengan gerakan. Pada OneUI 2, pengguna bisa usap layar ke bawah untuk masuk mode.

Sementara opsi kedua dengan tombol yaitu cukup klik tombol home dua kali baru bisa masuk ke one hand mode. 

Aktifkan Mode di Ponsel Xiaomi

Ponsel Xiaomi kini hadir dengan layar ukuran besar. Terkadang hal ini membuat pengguna kerepotan untuk mengoperasikan dengan satu tangan karena posisi jari jempol tidak dapat menjangkau satu layar penuh.

Untuk mempermudahnya tentu menggunakan mode 1 tangan. Pastikan Xiaomi sudah berada di update MIUI 6/7 atau 8.

Sehingga dapat melakukan pengaktifan mode satu tangan di Android. Caranya adalah pertama, usap tombol home dan back ke arah kanan dengan langkah cepat.

Kemudian usap tombol home dan tombol recent apps ke arah kiri dengan cepat . Jika sudah tekan 3 kali tombol back.

Jangan lupa pengguna menekan icon gear untuk mengatur besarnya layar sesuai dengan jangkauan jari jempol masing-masing pengguna. 

Bahkan pengguna juga bisa mengaktifkan atau tidak pertanyaan ingin lanjut ke mode 1 tangan atau cancel. Terutama saat pengguna tidak sengaja mengusap tombol home dan back.

Jika sudah, untuk mengembalikan layar seperti semula, pengguna tinggal mengulangi 3 cara  tersebut atau sentuh layar yang bagian gelap.  

Mode 1 Tangan HP ASUS

HP ASUS juga mengeluarkan jajaran ponsel layar besar seperti Zenfone 6, Zenfone 2 laser dan masih banyak lagi. Beberapa jajaran HP tersebut sudah dibekali dengan one hand mode. 

Cara mengaktifkan mode satu tangan di Android adalah dengan membuka menu option atau pengaturan pada Android tersebut. Kemudian pengguna cukup mencari ASUS Customized settings.

Setelah itu pada one hand mode beri centang Quick Trigger. Jika sudah, pengguna kembali ke menu awal dengan tekan tombol home 2 kali. Dengan begitu one hand mode tersebut sudah aktif. 

Baca Juga:  Cara Menata Kamar Mandi Ukuran Kecil Agar Tampil Menarik dan Luas

One Hand Mode OPPO

Untuk dapat mencapai setiap bagian layar ponsel OPPO hanya dengan ibu jari saja, pengguna HP ini dapat melakukan pengaktifan mode 1 tangan. Cara ini berlaku untuk ColorOS 5.1. 

Pertama geser ke bawah dari atas layar demi membuka pusat kontrol. Kemudian pilih one hand mode untuk mengaktifkannya.

Apabila Anda menemukannya, maka tekan edit atau titik tiga pada sudut kanan atas untuk melihat banyak ikon pada pusat kontrol. 

Setelah itu tahan dan seret ikon one hand mode untuk menambahkan ke pusat kontrol Anda. Pilih arah kanan atau kiri untuk mengalihkan layar.

Sesuaikan dengan kebutuhan penggunaan tangan yang Anda sukai. Lalu pilih untuk menonaktifkan Mode satu tangan di Android.