Miris, Rangking Indonesia di FIFA Kalah dengan Vietnam dan Thailand

Evan Dimas Darmono (tengah) saat memperkuat timnas Indonesia di Piala AFF 2016. (Foto: Sri Nugroho/Skor.id)
Bagikan:

Jakarta – Miris, Indonesia makin tertinggal dari Thailand dan Vietnam terkait peringkat Fédération Internationale de Football Association (FIFA) terbaru yang baru saja dirilis pada Kamis (8/4/2021).

Rilis terbaru ini merupakan pembaruan dari rangking FIFA yang telah dikeluarkan sebelumnya pada Kamis (18/2/2021).

Bacaan Lainnya

Dari rilis terbaru tersebut dapat diketahui jika Indonesia masih setia di posisi ke-173 dalam skala dunia, dan menduduki posisi ke-35 skala Asia.

READ  Jenderal Andika Ungkap Fakta di Balik Perubahan Status Kelamin Aprilia Manganang

Dalam skala regional Asia Tenggara atau Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), tim garuda Indonesia makin tertinggal dengan Thailand dan Vietnam.

Pada rilis terbaru ini, Vietnam berhasil naik satu peringkat menjadi di posisi 92 melengserkan Libanon. Sementara itu Thailand, yang selama ini dinggap musuh utama Indonesia di Asia Tenggara berhasil melesat naik empat peringkat ke posisi 106 dalam rangking FIFA terbaru ini.

Salah satu faktor yang mempengaruhi meningkatnya posisi Vietnam dan Thailand dalam rangking FIFA, karena penurunan peringkat jumlah tim-tim Eropa yang tengah menjalani kualifikasi Piala Dunia pada periode Maret lalu. Pandemi Covid-19 juga membuat tim-tim asal Asia kesulitan menggelar pertandingan FIFA matchday.

READ  Digadang-gadang Bakal Tangani Timnas Jerman, Kloop Pilih Setia Latih Liverpool

Naiknya peringkat Thailand didukung oleh performa buruk dari Azerbaijan dan Kepulauan Faroe di Kualifikasi Piala Dunia.

Azerbaijan yang semula di peringkat 108 menelan dua kekalahan dan satu kali imbang. Sementara Kepulauan Faroe  yang sebelumnya berada di posisi 107, harus menelan dua kali kekalahan di kualifikasi dan sekali kalah dari Qatar dalam laga persahabatan.

Di sisi lain, Vietnam naik satu peringkat setelah Libanon harus menerima satu kekalahan dari Yordania dengan skor 0-1, dan imbang 1-1 saat melawan Kuwait dalam laga persahabatan.

Sebagai informasi, Indonesia masih bertahan di posisi ke-173 sejak 2019 silam. Diketahui Indonesia tidak pernah menggelar pertandingan FIFA matchday. Selain itu, Indonesia tidak memiliki rival peringkat yang lebih baik di FIFA matchday.

READ  Usung Pemain Lokal, PSM Bakal Tampil di Piala Menpora 2021

Hingga saat ini, peringkat Indonesia masih kalah jauh dengan negara-negara tetangga. Sebut saja Filipina berada di posisi 125, Myanmar di posisi 153, dan Singapura di posisi 159.

Dalam skala Asia Tenggara, Indonsia hanya unggul dari Kamboja yang menduduki peringkat 174, Laos yang menduduki posisi 185, Brunei Darussalam di posisi 189, dan Timor Leste yang menduduki peringkat 196. (Zak/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *