Aplikasi

Menulis Arab di HP Paling Praktis Tanpa Aplikasi, Ini Caranya!

Menulis Arab di HP ternyata tidaklah sulit. Anda bisa melakukannya secara mudah tanpa aplikasi tambahan. Memang kebanyakan orang langsung membuka aplikasi tambahan, baik melalui Play Store maupun App Store.

Namun ada cara tertentu yang bisa Anda gunakan untuk menulis Arab apabila smartphone sudah support melakukannya.

Merangkai kata atau kalimat bahasa Arab dengan huruf Hijaiyah. Sedangkan ponsel umumnya menggunakan huruf romawi untuk menulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Sementara untuk membuat tulisan Arab, secara langsung dapat mengubah keyboard menjadi bahasa Arab. Banyak yang hingga kini belum mengetahui secara persis bagaimana cara membuat tulisan Arab langsung di HP.

Pada dasarnya, membuat tulisan Arab memerlukan pengaturan pada on screen keyboard maupun virtual keyboard pada HP.

Virtual Keyboard ini biasanya hadir saat Anda akan mengetik di aplikasi, baik WhatsApp, SMS, dan lainnya. Pengaturan ini mampu mengoptimalkan fungsi keyboard tersebut. Sehingga Anda bisa secara mudah mengetik Arab.

Anda dapat mengetahui apakah HP sudah mendukung huruf Arab atau belum dengan membuka pengaturan. Kemudian klik bahasa dan keyboard. Jika sudah, maka Anda buka pengaturan keyboard Android.

Pilih dan klik bahasa input, beri centang pada Arab. Sedangkan untuk menulis Arab di HP, maka saat papan ketik aktif Anda bisa melihatnya.

Geserlah space bar ke kiri maupun kanan hingga huruf kuncinya berubah menjadi huruf Arab atau dengan menekan beberapa detik menu pemilihan bahasa.

Memang tidak semua HP memiliki keyboard dengan tata letak bahasa Arab meski secara fakta sistem sudah mendukung. Jika Anda memiliki masalah ini, maka dapat menginstal keyboard alternatif dari App Store maupun Play Store.

Membuat Tulisan Arab di WhatsApp Melalui Setting

Sekarang ini sudah tren dan dianggap keren jika Anda bisa menulis Arab di HP melalui chat. Jika Anda telah memastikan HP sudah mendukung penggunaan bahasa Arab di keyboard, maka Anda bisa membuat tulisan dengan cara berikut.

Baca Juga:  Aplikasi Spotify Stations Diberhentikan Sebelum Peluncuran Resminya

Pertama, Anda buka pesan chat pada WA yang sudah terpasang di ponsel. Kemudian klik bar kirim pesan untuk memunculkan keyboard.

Selanjutnya Anda tap space, kemudian tahan beberapa detik dalam memunculkan pengaturan bahasa. Namun jika tidak terjadi apapun, maka Anda bisa klik ikon gerigi atau membuka setting pada keyboard.

Setelah itu, pilihlah pengaturan bahasa. Opsi lain jika Anda tidak bisa memilih bahasa, maka Anda aktifkan gunakan bahasa sistem. Jika sudah, maka tab tambahkan keyboard. Lalu Anda pilih Bahasa Arab dan Arab Saudi. Selanjutnya klik selesai.

Namun saat keyboard bahasa Arab tidak langsung muncul, maka untuk memilih bahasa Arab Anda dapat tab space.

Tekan dengan menahannya kemudian pilih bahasa Arab. Di sini Anda bisa secara langsung mengetik bahasa Arab di WhatsApp.

Membuat Tulisan Huruf Arab Berharakat

Secara umum menulis Arab di HP tidak memiliki harakat. Hal ini memang memiliki alasan jika bahasa Arab murni tidak berharakat.

Meski begitu, Indonesia tetap harus menggunakan harakat. Umumnya untuk Arab yang berharakat menggunakan keyboard arabic harokat.

Jika Anda belum memilikinya, maka bisa mendapatkannya melalui Google Play Store. Bila Anda telah memilikinya, maka aktifkan dahulu aplikasi tersebut via keyboard.

Caranya dengan membuka pengaturan Android Anda, kemudian pilih setelan tambahan, klik Bahasa dan masukan. Setelah itu, pilih keyword virtual dan aktifkan keyboard arabic harokat.

Ketika sudah aktif, maka Anda bisa langsung tab serta tahan space. Setelah itu, pilih bahasa Arab seperti metode pertama, maka harakat akan secara otomatis muncul di atas keyboard.

Sebenarnya huruf bahasa Arab yang diketik tidak memiliki harakat atau tulisan Arab gundul. Sehingga tulisan Arab tersebut lebih susah dibaca maupun diterjemahkan.

Baca Juga:  Aplikasi Wirausaha Majoo Fitur Lengkap, Siap Kelola Bisnis Semakin Maju!

Penggunaan harakat ini menjadi penting sehingga memiliki kejelasan, baik membaca maupun penulisannya. Menulis Arab di HP mudah Anda lakukan meskipun tanpa menggunakan aplikasi lain atau pihak ketiga untuk membuatnya.