Home » Info
Info

Menjaga Kesehatan Paru-Paru, Begini Tips dan Caranya yang Simpel

Menjaga kesehatan paru-paru sangat penting untuk mencegah penyakit yang berbahaya. Selain para perokok, cara memelihara paru-paru juga penting bagi semua orang.

Apalagi dengan dinamika modern yang menyebabkan udara semakin kotor dan beracun. Seperti yang kita tahu bahwa paru-paru merupakan organ paling vital dalam tubuh manusia.

Maka tak heran jika para ahli menyarankan untuk selalu menjaga organ paru dengan baik. Apalagi paru-paru berperan penting dalam sistem peredaran darah.

Organ ini juga berfungsi untuk mengatur pernapasan. Bahkan paru-paru bertanggung jawab untuk mengatur oksigen yang menjadi kebutuhan seluruh sel dalam tubuh.

Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru

Apabila sampai terjadi masalah dengan sistem paru-paru, maka kemungkinan besar pola nafas tidak akan teratur.

Karena jika terjadi kekurangan oksigen dalam tubuh maka akan mengakibatkan fungsi organ tubuh juga menjadi tidak optimal.

Kondisi ini bisa jadi akan mempengaruhi timbulnya penyakit yang lainnya dan semakin parah.

Berikut ini sejumlah tips dan cara menjaga kesehatan paru-paru yang praktis, mudah, dan juga efektif yang perlu Anda lakukan.

Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan memang harus senantiasa setiap orang lakukan. Kebersihan yang paling harus kita jaga melingkupi kebersihan lingkungan maupun kebersihan udara yang kita hirup.

Biasanya lingkungan yang kotor atau banyak debu dapat memengaruhi kesehatan paru-paru. Adapun hal yang terpenting adalah dengan memperhatikan kebersihan udara.

Karena udara yang kita hirup terdiri dari berbagai macam zat, benda asing, bahkan kuman, hingga bakteri penyakit.

Oleh karena itu, Anda harus waspada terhadap kebersihan lingkungan. Bersihkan secara teratur terutama pada tempat-tempat yang berpotensi menyimpan debu, seperti tempat tidur, sofa maupun pekarangan rumah.

Pastikan pula Anda mengecek kebersihan jendela dan tempat lain sebagai tempat sirkulasi udara dalam rumah atau ruangan kerja Anda.

Baca Juga:  Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih yang Sebabkan Sering Pipis dan Terasa Sakit

Hindari Konsumsi Minuman Beralkohol

Dalam menjaga kesehatan paru-paru pastikan anda  harus menghindari mengonsumsi minuman beralkohol.

Hal ini karena konsumsi minuman yang mengandung alkohol dapat meningkatkan tekanan dalam darah. Sehingga hal ini dapat mengakibatkan pecahnya pembuluh darah.

Apabila hal semacam ini terjadi secara tidak langsung akan menimbulkan gangguan fungsi kerja pada paru-paru.

Karena itu, menjauhi konsumsi alkohol merupakan cara memelihara organ vital tubuh yang juga penting.

Berhenti Merokok

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika kebiasaan merokok mampu memicu terjadinya kerusakan pada organ paru-paru. Karena itu, cara menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan berhenti merokok.

Ketika terdapat asap merokok, maka zat-zat racun dalam rokok akan ikut larut ke dalam darah.

Hal inilah yang bisa berakibat pada terhambatnya aliran darah. Bahkan dalam paru-paru akan terjadi pertukaran oksigen dengan karbondioksida.

Setelah memisahkan oksigen, maka sel darah merah akan menangkap zat karbondioksida yang merupakan hasil dari metabolisme tubuh, kemudian akan terbawa ke dalam paru-paru. 

Akan tetapi, jika terjadi penggumpalan darah pada pembuluh darah akan menyebabkan paru-paru harus bekerja lebih ekstra.

Olahraga Secara Teratur

Hanya dengan berolahraga secara rutin membuat tubuh secara alami akan memperlancar metabolisme tubuh. Olahraga juga akan melancarkan peredaran darah sebagai dampak kesehatan yang baik.

Tak hanya itu, demi menjaga kesehatan paru-paru Anda harus memulainya dengan berolahraga ringan.

Anda bisa melakukan seperti berjalan kaki atau lari pada pagi hari. Selain menyegarkan paru-paru, olahraga juga baik untuk menjaga kesehatan.

Konsumsi Makanan Bergizi Lengkap

Anda juga perlu mengatur asupan makanan. Sebab, hal ini juga termasuk hal penting yang tidak boleh Anda lupakan dalam memelihara fungsi paru-paru agar tetap bekerja secara optimal.

Baca Juga:  4 Tips Aman Orang Tua Terhindar dari Covid-19 saat Mudik Lebaran

Lakukan langkah ini dengan cara memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin dan mineral. Nutrisi ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh maupun kesehatan paru-paru.

Selain itu, sebaiknya Anda juga perlu membatasi konsumsi makanan cepat saji, minuman bersoda, dan jenis junk food lainnya.

Psalnya, jenis makanan tersebut Sebab, tidak baik untuk kesehatan tubuh. Makanan semacam ini juga bisa memicu kerja paru-paru menjadi lebih berat.

Nah, Anda sudah memahami pentingnya cara menjaga kesehatan paru-paru. Selain mampu mengoptimalkan fungsi paru, berbagai langkah ini juga berguna untuk menjaga kesehatan organ tubuh lainnya secara umum.