Home » Info » Makanan Penyebab Konstipasi dan Cara Meredakannya
Info

Makanan Penyebab Konstipasi dan Cara Meredakannya

Makanan penyebab konstipasi ada baiknya untuk kita batasi jumlah konsumsinya. Konstipasi atau sembelit, merupakan salah satu penyakit yang membuat kita merasa tidak nyaman.

Terutama ketika mengonsumsi makanan yang tidak kita sukai. Bahkan, ada beberapa orang yang menderita konstipasi karena kondisi kronis seperti IBS.

Konstipasi dapat menyebabkan sakit perut dan membuat kita kesulitan pergi ke toilet. Cara untuk mengetahui penyebabnya adalah dengan melihat diet yang kita lakukan. Pasalnya, beberapa jenis makanan tertentu bisa menjadi penyebabnya.

4 Makanan Penyebab Konstipasi

Pada dasarnya, konstipasi ini disebabkan oleh makanan yang bergerak lambat pada saluran pencernaan. Hal ini dapat membuat beberapa perubahan pada pola makan kita.

Dengan begitu, kita dapat membantu meredakan konstipasi secara alami. Konstipasi yang sering terjadi, jarang disebabkan dari kondisi medis.

Maka dari itulah, perawatan terbaik yang bisa kita lakukan adalah dengan mengubah pola makan dan gaya hidup. Secara umum, jenis makanan yang menjadi penyebabnya seperti alkohol, makanan yang mengandung gula, produk susu, daging merah, hingga gorengan.

Pertanyaannya, mengapa makanan-makanan tersebut memicu terjadinya konstipasi? Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan selengkapnya.

1. Produk Susu

Produk susu terutama yang memiliki kandungan lemak tinggi, merupakan makanan penyebab konstipasi. Susu tinggi lemak dapat memperlambat kerja saluran pencernaan.

Selain itu, produk susu juga memiliki kandungan laktosa yang cukup tinggi. Sehingga dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan lainnya seperti kembung.

Bagi penikmat dan pecinta susu, bisa mengganti produk susu tinggi lemak ini dengan susu rendah laktosa atau susu almond.

Baca Juga:  Arti Bearish dalam Saham Lengkap dengan Cara Menyikapi Kondisinya

2. Daging Merah

Daging merah seperti daging sapi juga merupakan makanan penyebab konstipasi. Secara konvensional, daging merah memiliki kandungan protein maupun lemak yang tidak sehat.

Selain itu, daging merah juga mengandung serat protein yang keras sehingga dalam proses pemecahannya akan membutuhkan waktu yang lama. Hal ini dapat memperlambat sistem pencernaan kita.

Tak hanya itu, daging merah juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, sehingga dapat menjadi penyebab konstipasi.

3. Gorengan

Seperti yang kita tahu, gorengan merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki banyak kandungan lemak. Seperti penjelasan sebelumnya, lemak dalam jumlah yang tinggi dapat memperlambat sistem pencernaan.

Ini artinya gorengan juga menjadi makanan penyebab konstipasi. Tak Cuma tinggi lemak saja, gorengan juga minim nutrisi.

Dalam gorengan tidak ada kandungan serat yang kita butuhkan untuk membantu melancarkan sistem pencernaan.

4. Makanan yang Mengandung Gula

Umumnya makanan yang memiliki kandungan gula tinggi, mempunyai kandungan serat sedikit. Contoh makanan yang mengandung tinggi gula seperti cookies atau cake.

Ketika mengonsumsinya secara berlebihan, ada kemungkinan kita terkena konstipasi. Namun jika kita mengonsumsi gula dalam jumlah yang wajar tidak akan menyebabkan konstipasi.

Makanan Terbaik untuk Meredakan Konstipasi

Menghindari atau mengurangi makanan penyebab konstipasi tersebut, dapat menjadi upaya kita untuk melakukan pencegahan. Ada beberapa jenis makanan yang sangat terkenal untuk meredakan konstipasi.

1. Buah Plum

Buah plum ini menjadi obat yang paling terkenal untuk konstipasi. Plum yang kita konsumsi dengan cara dijus dapat menghilangkan konstipasi.

Pasalnya, buah plum sendiri memiliki kandungan serat tidak larut yang tinggi. Sehingga dapat menambahkan air ke tinja kita.

2. Apel

Makanan selanjutnya yakni apel. Buah apel terutama kulitnya, juga menjadi sumber serat alami.

Baca Juga:  Dari Cara Jenderal Andika Menjawab, Sepertinya Memang Menandakan Keretakan dengan Dudung

Selain itu, apel merupakan buah kaya zat yang disebut dengan pektin. Dalam usus, pektin akan secara cepat difermentasikan untuk membuat asam lemak rantai pendek.

Asam lemak rantai pendek ini, akan membantu membawa lebih banyak air ke usus kita. Sehingga dapat membantu melunakkan kotoran dan melancarkannya saat lewat.

3. Buah Pir

Buah pir tidak hanya tinggi kandungan seratnya, melainkan juga kaya akan fruktosa. Fruktosa sulit untuk diserap oleh tubuh, sehingga beberapa diantaranya akan berakhir dalam usus.

Begitu berada di usus, fruktosa akan menarik air dan membantu mendorong kotoran.

Beberapa orang mungkin saja menemukan jenis makanan lain yang menjadi penyebabnya. Jika sering mengalami konstipasi, tidak memasukkan makanan penyebab konstipasi dalam daftar menu makanan tentunya akan lebih membantu.