Lima Daftar Transfer Pemain Sepak Bola yang Ubah Nasib Klub Barunya, Bikin Iri!

Pemaian sepakbola Ronaldinho. (Foto: goal.com)
Bagikan:

Jakarta – Dalam dunia sepak bola, transfer pemain sudah menjadi hal yang umum. Harapannya, dengan melakukan transfer potensi pemain bisa semakin meningkat. Namun, tidak sedikit juga pemain yang melakukan transfer justru menurun performanya, padahal sudah didatangkan dengan harga yang fantastis.

Meskipun begitu, ada beberapa pemain yang makin bersinar hingga mengubah nasib klub barunya. Berikut daftar transfer pemain yang mengubah nasib klubnya.

Bacaan Lainnya

READ  Pelatih Ansan: Tak Kalah dengan Pemain Korea, Asnawi Bisa Miliki Karier Lebih Baik di K-League

1. Virgil van Dijk (Southampton ke Liverpool)

Virgil van Dijk benar-benar menjadi pemain yang mengubah nasib Liverpool. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini menjadi bek termahal saat diboyong The Reds dari Southampton. Transfer yang terjadi pada Januari 2018 itu melibatkan dana sebesar 84,65 juta euro. Setengah musim membela Liverpool, ia langsung mengantarkan klubnya melaju ke final Liga Champions, dan menjuarai Premier League 2019/2020.

2. Andrea Pirlo (AC Milan ke Juventus)

Salah satu transfer pemain yang mengubah nasib klub barunya adalah Andrea Pirlo. Pemain asal Italia ini merupakan pemain yang diboyong Juventus dari AC Milan. Hadirnya Pirlo ke klub Turin tersebut langsung berbuah manis. Meskipun tak muda lagi, ia membawa Juve meraih Scudetto di musim perdananya. Itu menjadi awal dari kejayaan Bianconeri selama sembilan musim beruntun.

READ  Jerman Ragukan Keampuhan Vaksin AstraZenceca Untuk Lansia

3. Ronaldinho (Paris Saint-Germain ke Barcelona)

Berikutnya ada Ronaldinho yang mampu mengubah nasib Barcelona setelah ia bergabung pada musim 2003/2004. Pemain Brasil ini diboyong Barca dari Paris Saint-Germain dengan harga 32,25 juta euro. Ia langsung membawa El Barca juara LaLiga pada musim keduanya. Padahal, Blaugrana terakhir kali juara LaLiga pada musim 1998/1999.

Peran pentingnya berlanjut saat ia mengantarkan Barca juara Liga Champions pada musim 2005/2006. Selama 5 musim membela Barca, Ronaldinho meraih 2 LaLiga, 2 Copa del Rey, 1 trofi Liga Champions hingga Ballon d’Or. Ia menjadi pemain penting yang mengawali kejayaan Barca hingga saat ini.

4. Cristiano Ronaldo (Manchester United ke Real Madrid)

Selanjutnya ada Cristiano Ronaldo yang tentu saja sudah tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Kepindahannya dari Manchester United ke Real Madrid pada musim 2009/2010 sempat memecahkan rekor transfer. Saat itu, ia ditebus El Real dengan harga 94 juta euro. Dana besar tersebut tak sia-sia jika melihat peran penting Ronaldo bersama Madrid.

READ  Jenderal Andika Ungkap Fakta di Balik Perubahan Status Kelamin Aprilia Manganang

Bintang asal Portugal itu mengantarkan El Real kembali berjaya di Liga Champions dengan torehan 4 trofi selama dibela Ronaldo. Sebelum akhirnya hengkang pada musim panas 2018, ia telah meraih 2 trofi LaLiga, 4 trofi Liga Champions, 4 trofi Ballon d’Or, hingga berbagai gelar pribadi lainnya.

5. Juninho Pernambucano (Vasco da Gama ke Olympique Lyon)

Sebelum Ligue 1 dikuasai Paris Saint-Germain dalam sedekade terakhir, Olympique Lyon merupakan klub yang berjaya. Juninho Pernambucano bisa dikatakan sebagai pemain yang mengawali kejayaan Lyon. Pemain asal Brasil itu bergabung dengan Lyon pada musim 2000. Ia didatangkan dengan gratis dari Vasco de Gama.

READ  Jack Miller Unggul Dalam Tes Pramusim MotoGP 2021

Ia mengantarkan Lyon menjuarai Ligue 1 pada musim keduanya sekaligus menjadi yang pertama dalam sejarah klub. Kejayaan Lyon terus berlanjut hingga tujuh musim beruntun. Prestasi Lyon kembali menurun setelah Juninho hengkang pada musim 2009/2010. Juninho benar-benar layak disebut sebagai legenda Lyon. (Zak/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *