Home » Komputer » Lenovo IdeaPad T14 Gen 3 Hadir dengan Dua Model, Cek Spesifikasinya!
Komputer

Lenovo IdeaPad T14 Gen 3 Hadir dengan Dua Model, Cek Spesifikasinya!

Lenovo IdeaPad T14 Gen 3 adalah sebuah laptop bisnis perusahaan yang lebih utama dan ini merupakan seri ThinkPad terbaik secara umum. Perusahaan menyebutkan bahwa sebagai pekerja keras dari keluarga ThinkPad, maka laptop akan memasuki semua dasar.

Kabarnya laptop ini hadir dengan banyak peningkatan besar, khususnya untuk kinerja maupun untuk produktivitas lainnya.

Model terbaru ini juga mengusung prosesor berupa Intel atau AMD pilihan dengan layar yang lebih tinggi dan cocok untuk pengguna bisnis.

Lenovo IdeaPad T14 Gen 3 Resmi Rilis dengan Mengalami Pembaruan

Sebenarnya Lenovo telah mengumumkan pembaruan laptop ini di MWC 2022 sejak akhir bulan Februari 2022 yang lalu. Akan tetapi, para pengguna harus menunggu hingga beberapa minggu dulu untuk bisa mendapatkan laptop tersebut.

Kabarnya varian Intel yang justru datang lebih dulu dan rencananya meluncur pada bulan April tahun ini.

Sementara itu, apabila Anda ingin varian AMD, maka harus menunggu lebih lama. Sebab, akan meluncur pada bulan Juni mendatang.

Karena peluncurannya juga masih dua bulanan, maka perusahaan pun rupanya telah mengungkap harga awalnya dulu. Kabarnya untuk varian Intel jauh lebih mahal, berbeda lagi dengan varian AMD yang justru lebih terjangkau saat meluncur nanti.

Namun, ini hanyalah konfigurasi dasar yang akan mempunyai prosesor kelas bawah, kapasitas RAM, hingga spesifikasi yang lainnya.

Sehingga konfigurasi kelas atas juga akan menaikkan harga secara signifikan tergantung dari keinginan para penggunanya.

Tampilan Layar

Perubahan yang cukup besar dari laptop Lenovo IdeaPad T14 Gen 3 yang pertama ini adalah dari segi tampilannya, termasuk pada layar.

Baca Juga:  Lenovo ThinkBook TB13s ITL Gen 2 Hadir dengan Desain Ramping, Cek!

Bagaimana tidak, pasalnya perusahaan telah meningkatkan panel ini dengan rasio aspek hingga 16:10 lebih tinggi.

Adanya layar tinggi ini, artinya akan lebih banyak area permukaan maupun ruang vertikal yang memungkinan pengguna melihat banyak teks.

Ini tentunya akan menjadi semakin umum pada perangkat premium dan akan menyenangkan saat melihatnya datang ke jajaran Lenovo yang mainstream.

Selanjutnya untuk konfigurasi dari segi tampilannya sendiri semua varian juga hampir sama, yakni sama-sama lebih tinggi. Akan ada berbagai macam konfigurasi berupa Full HD+ hingga 1920 x 1200 piksel termasuk dukungan sentuh .

Tidak hanya itu saja, laptop juga hadir dengan panel berupa Ultra HD+ 3820 x 2400 piksel kelas atas, lengkap dengan dukungan HDR pula.

Sepertinya panel 2.2K dan kecerahan 300 nits ini bisa memberi Anda sedikit ketajaman yang ekstra.

Terdapat Webcam Full HD Opsional

Akhirnya perusahaan pun memberikan pelanggannya opsi khususnya untuk mendapat webcam Full HD pada Lenovo IdeaPad T14 Gen 3.

Sedangkan model sebelumnya itu hanya mengusung kamera 720p saja dan itu pun masih konfigurasi dasar.

Sehingga Anda bisa meningkatkannya ke Full HD 1080p dan apabila ingin terlihat lebih tajam dan jernih maka ini bisa jadi pilihannya.

Selain itu, webcam 1080p itu juga membawa lebih banyak kelebihan, termasuk kamera IR sebagai dukungan Windows Hello.

Ini pun juga sudah tersedia pada tahun lalu dengan menggunakan webcam 720p, akan tetapi sekarang lebih berbeda lagi. Sebab, apabila Anda ingin Windows Hello, maka Anda harus bisa mendapatkan kamera sebesar 1080p dahulu.

Ini merupakan salah satu cara paling nyaman agar bisa masuk ke laptop Anda. Jadi tidak heran jika perusahaan sangat merekomendasikan peningkatan tersebut.

Baca Juga:  Laptop Asus X441MA Hadir dengan Membawa Banyak Fitur Unggulan

Spesifikasi dan Performa

Laptop Lenovo IdeaPad T14 Gen 3 ini hadir dengan membawa prosesor jenis Intel Core dan AMD Ryzen 600 series generasi ke-12.

Keduanya ini adalah peningkatan dari model sebelumnya, walaupun Intel sudah membuat beberapa perubahan yang sedikit lebih radikal.

Tentunya untuk prosesor Intel generasi ke-12 ini juga membawa arsitektur hibrid yang akan memadukan core performa dan core efisien. Sehingga mampu menghasilkan jumlah core yang lebih tinggi daripada generasi pendahulunya.

Intel pun juga sudah memperkenalkan prosesor P-Series yang mempunyai TDP 28W yang jauh lebih tinggi daripada 15W dari seri U. Jadi ini akan mampu untuk menghasilkan kinerja yang jauh lebih baik secara menyeluruh.

Apabila Anda akan membeli varian Intel, maka akan mempunyai beberapa grafis diskrit yang sudah ditingkatkan. Anda juga akan memiliki pilihan untuk GeForce RTX 2050 maupun NVIDIA GeForce MX550.

Sedangkan untuk model Ryzen 6000 AMD sendiri rupanya akan mempertahankan arsitektur yang lebih tradisional ke semua core jadi core kinerja. Meski demikian, laptop juga akan ada beberapa peningkatan pada bawah kap guna menjaga performa agar sama dengan varian Intel.

Lenovo IdeaPad T14 Gen 3 untuk model AMD tentunya juga memiliki banyak kelebihan salah satunya lebih besar dalam hal latensi.