Home ยป Komputer
Komputer

Laptop Windows Vs Mac, Kenali Perbedaannya Berikut Ini!

Laptop Windows vs Mac memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal ini terkadang sering membuat para pengguna bingung memilih.

Sebenarnya ini juga tergantung dari penggunanya sendiri, apakah untuk keperluan pribadi atau keperluan bisnis.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa setiap jenis perangkat sudah pasti akan menghadirkan banyak fitur terbaru.

Mengingat bahwa persaingan antara Windows serta Mac yang disertai dengan chipset Apple M1 max dan Mi Pro memang belum selesai.

Perbandingan Laptop Windows Vs Mac, Mana yang Lebih Bagus?

Saat akan membeli desktop ataupun laptop, salah satu tips yang harus Anda lakukan mengenai operating system sesuai kebutuhan.

Apakah Anda menginginkan touchscreen laptop dengan Windows atau Mac dengan desain yang sama seperti iPhone?

OS Windows memang bisa Anda temukan dengan berbagai macam merek serta spesifikasi yang berbeda-beda.

Sementara dari segi bentuknya, ada berbagai macam pilihan, misalnya desktop, laptop, tablet, ultrabook, dan lain sebagainya.

Mac OS hanya ada pada jenis komputer besutan Apple saja, bahkan harganya juga jauh lebih mahal daripada laptop Windows. Meski demikian, spesifikasi, kualitas, serta layanan purna jual Apple juga jauh lebih baik.

Windows merupakan OS yang paling populer, tapi sisi negatifnya adalah lebih mudah terkena malware maupun virus daripada Mac.

Hal inilah yang terkadang menimbulkan salah persepsi bahwa Windows jauh lebih rentan daripada Mac OS. Lalu bagus yang mana?

Windows

Laptop Windows vs Mac memang berbeda. OS Windows sering kali dipasangkan pada jenis komputer rakitan.

Hal ini karena OS keluaran Microsoft lebih mudah kita peroleh, baik itu dalam bentuk USB, CD, maupun download dari sistemnya.

Selain itu, spare part komputer yang sering ngadat juga dapat diganti tanpa harus khawatir OS menjadi bermasalah.

Menariknya lagi, spare part laptop Windows juga bisa kita gonta-ganti sehingga cocok untuk siapa saja yang ingin merakit komputernya.

Mac

Dari sisi lain laptop Windows vs Mac, ternyata Mac juga menawarkan kenyamanan dan kemudahan. Para pengguna Mac tidak harus direpotkan lagi dengan perakitan komputer, pengecekan berkala, hingga penginstalan OS.

Hal ini lantaran saat membeli Mac, maka tombol power bisa langsung kita pencet. Perangkatnya pun bisa kita gunakan secara langsung.

Bahkan body Mac ini diciptakan lebih rapat agar tidak mudah dioprek. Kemudian membuat mesin komputer desktop maupun laptop lebih stabil lagi.

Bermain Game PC

Terkait laptop Windows vs Mac, sepertinya game PC adalah alasan mendasar untuk tetap bisa menggunakan perangkat Windows.

Bagaimana tidak, Windows ini mempunyai platform besar untuk memainkan game dan mudah kita gunakan.

Selain itu, ada berbagai jenis laptop gaming yang tersedia. Semua itu tergantung dari kebutuhan serta anggaran para pengguna.

Laptop gaming kelas atas ini seperti Razer Blade dengan opsi yang jauh lebih murah dan menjadi kekuatan terbesar saat bermain game di Windows.

Perkiraan Biaya

Dalam laptop Windows vs Mac, Anda bisa meninjau MacBook Air M1. Ini merupakan salah satu penawaran yang cukup bagus karena lebih kuat daripada kebanyakan laptop lainnya.

Akan tetapi, apabila Anda membutuhkan perangkat lebih murah, maka bisa membeli laptop OS Windows saja.

Selain itu, laptop Windows juga lebih unggul terkait kisaran harga. Ada yang memiliki harga rendah dan ada pula yang mengantongi harga fantastis.

Jika Anda menggunakan laptop untuk menjelajah web maupun menonton video, tentu memerlukan laptop dengan kinerja lebih tinggi.

Segi Desain

Laptop Windows vs Mac memang berbeda. Secara keseluruhan, MacBook maupun iMac memiliki desain lebih bagus daripada PC.

Tapi ini tidak berarti semua seri. Hal ini karena ada beberapa jenis laptop Windows yang tersedia dari produsen berbeda.

Sepertinya desain Mac juga sudah menjadi salah satu fitur ikon dari merek komputer mereka sendiri. Tapi ini kembali lagi dengan apa yang sedang Anda cari dan butuhkan.

Memang Windows memiliki jenis keyboard lebih responsif lengkap dengan mouse yang banyak tombol. Tapi banyak pelanggan juga yang memilih kesederhanaan dan estetika dari perangkat Mac.

Mengenai laptop Windows vs Mac, Windows lebih cocok Anda gunakan jika gemar memainkan game. Sedangkan Mac lebih cocok untuk Anda yang ingin menggunakan komputer tanpa harus ribet. Semua ini tergantung dari pilihan masing-masing.