Home » Gadget » Kunci Galeri di iPhone Privasi Lebih Aman, Simak Trik Mudahnya!
Gadget

Kunci Galeri di iPhone Privasi Lebih Aman, Simak Trik Mudahnya!

Kunci galeri di iPhone agar foto pribadi lebih aman penting untuk dilakukan bagi para penggunanya. Smartphone besutan Apple telah memperoleh dukungan dengan sistem keamanan teranyar.

Salah satunya adalah adanya cara mengunci galeri perangkat. Maka foto dan video yang bersifat pribadi yang tersimpan dalam galeri akan terproteksi. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kebocoran atau penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab.

Pada iPhone, terdapat beberapa tools bawaan yang dapat pengguna manfaatkan untuk melindungi galeri dan apps lainnya. Akan tetapi untuk dapat melakukannya secara permanen, para pengguna memerlukan adanya tambahan third party app atau aplikasi pihak ketiga. Sedangkan tool bawaan pada umumnya digunakan untuk menyembunyikan dokumen penting atau sensitif.

Kunci Galeri iPhone dengan Cara Mudah

Ponsel seringkali menjadi salah satu tempat untuk menyimpan privasi. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap dapat menjaga berbagai privasi penting yang tersimpan dalam perangkat HP.

Hal ini juga berlaku pada beragam dokumentasi foto atau video yang tersimpan dalam galeri ponsel. Bagi Anda para pengguna ponsel iPhone, berikut ini beberapa pilihan cara untuk dapat mengamankan foto dan video yang tersimpan dalam galeri iPhone.

Kunci Galeri di iPhone dengan Menggunakan Touch ID

  1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah masuk dalam menu pengaturan .
  2. Selanjutnya, pada halaman settings, pilih menu Touch ID & Password.
  3. Kemudian silahkan masukkan password yang Anda miliki.
  4. Cara kunci galeri di iPhone berikutnya setelah Touch ID berhasil Anda aktifkan, ikuti instruksi yang muncul. Pada umumnya ini berupa penambahan sidik jari apabila diminta oleh iPhone.
  5. Setelah itu, Anda dapat kembali ke halaman setting dan masuk pada menu Passcode & Touch ID.
  6. Berikutnya aktifkan Passcode serta Touch ID.
  7. Silahkan kunci aplikasi sesuai keinginan Anda dengan memakai sidik jari, dalam hal ini Anda pilih galeri untuk Anda kunci.
Baca Juga:  Jelang Debut Pubik, Samsung Mulai Ungkap Spesifikasi Galaxy M33

Kunci Galeri iPhone dengan Screen Time

  1. Buka menu pengaturan, lalu masuk pada opsi Durasi layar atau Screen Time.
  2. Dalam hal ini, pastikan Anda telah mengatur fitur Durasi Layar atau Screen Time dengan menggunakan password.
  3. Selanjutnya, silahkan masuk ke menu batas App, kemudian pilih Tambah Batas.
  4. Kunci galeri di iPhone dengan mencari menu Kreativitas, kemudian tap icon panah yang berada di sisi samping. Jika sudah, pilih menu foto/photos kemudian tap Berikutnya.
  5. Langkah selanjutnya atur waktu durasi layar selama 0 jam 1 menit, lalu nyalakan menu Blokir pada akhir batas. Kemudian tap pada menu Tambah yang terdapat pada pojok kiri kanan.
  6. Dalam tahap ini, aplikasi Foto/photos pada perangkat iPhone sudah diatur secara otomatis terkunci setelah 1 menit digunakan.
  7. Trik yang dapat Anda perhatikan, silahkan buka aplikasi foto pada iPhone dan biarkan terbuka hingga 1 menit atau hingga muncul batas waktu. Ini menandakan bahwa Anda telah mencapai batas waktu untuk foto.
  8. Apabila menu batas waktu telah muncul, maka galeri foto tersebut telah terkunci oleh fitur Screen Time.
  9. Untuk dapat membuka kembali akses galeri iPhone, maka silahkan tap pada menu Minta Durasi Tambahan. Kemudian masukkan password Kode Sandi Durasi Layar.
  10. Maka Anda dapat mematikan password melalui menu pengaturan > screen Time > batas App.

Kunci Galeri di iPhone dengan iProtect

Sebagai informasi , iProtect merupakan software keamanan iOS yang dapat pengguna unduh melalui Cydia secara gratis.

  1. Pertama kali, buka aplikasi iProtect pada iPhone, apabila belum mempunyai aplikasi ini, maka Anda dapat menginstalnya terlebih dahulu pada perangkat iPhone Anda.
  2. Pada tampilan awal aplikasi, sebaiknya Anda menggunakan kata kunci untuk mengunci galeri iPhone. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan password atau fingerprint.
  3. Selanjutnya, setelah Anda berhasil mengatur password, maka Anda dapat memilih aplikasi yang akan Anda kunci, kemudian tekan Save
  4. Maka aplikasi yang Anda pilih pun akan terkunci secara otomatis.
Baca Juga:  Spesifikasi HP Oppo Find X5 Pro Tangguh dan Handal, Tiba di Indonesia!

Dari berbagai pilihan cara kunci galeri di iPhone di atas, maka Anda dapat memilih cara mana yang paling praktis. Dengan demikian, berbagai foto atau video yang bersifat privasi yang tersimpan dalam galeri pun akan lebih terjamin keamanannya.