Home ยป Info
Info

Kulit Jari Tangan Mengelupas, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi!

Kulit jari tangan mengelupas dapat terjadi karena sejumlah faktor. Kulit mengelupas, terutama pada telapak tangan bisa saja terjadi pada siapapun.

Ini merupakan suatu kondisi pada saat lapisan kulit paling atas hilang.

Hal ini dapat terjadi karena adanya kerusakan pada kulit akibat kulit kering, paparan sinar matahari yang cukup berlebihan, hingga adanya infeksi. Kondisi ini seringkali dapat mengganggu apabila tidak kunjung sembuh.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab dan bagaimana cara mengatasinya.

Mengetahui Penyebab Kulit Jari Tangan Mengelupas

Ketika kulit tangan mengelupas, kita sering merasa tidak nyaman bahkan dapat mengganggu penampilan. Terutama pada saat akan berjabat tangan dengan orang lain.

Berikut ini beberapa penyebab dan cara mengatasi masalah kulit jari tangan yang mengelupas antara lain:

Sengatan Matahari

Paparan matahari yang berlebihan juga dapat merusak kulit melalui sinar ultravioletnya. Hal ini dapat menjadikan kulit jari tangan nampak merah, terasa nyeri, dan perih yang akhirnya akan mengelupas.

Meskipun sengatan matahari kebanyakan hanya dalam skala yang ringan, serta akan hilang kurang lebih dalam waktu seminggu. Akan tetapi luka bakar tersebut dapat berisiko terkena kanker kulit.

Untuk seseorang yang kulit wajah atau tubuhnya terbakar oleh sengatan matahari, maka harus menghindari secara langsung sinar matahari. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan lotion untuk menjaga kelembaban kulit selama pemulihan.

Terlalu Sering Cuci Tangan dengan Sabun

Salah satu penyebab kulit jari tangan mengelupas adalah terlalu sering mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Memang cuci tangan adalah suatu hal yang cukup penting untuk mencegah penularan kuman atau bakteri penyebab penyakit.

Namun sayangnya, sabun bisa menghilangkan minyak alami sebagai pelindung kulit. Jika minyak alami ini hilang, maka kulit tidak dapat lagi menahan kelembaban.

Baca Juga:  Mode Satu Tangan Paling Efektif, Ini Cara Aktifkan di Android!

Akhirnya akan membuat kulit kering atau yang disebut dengan dermatitis sabun.

Dalam hal ini, sebaiknya mencuci tangan seperlunya saja. Jangan lupa untuk melembabkan kulit dengan moisturizer.

Selain itu, hindari penggunaan lap yang kasar dalam mengeringkan tangan.

Psoriasis

Ini merupakan kondisi peradangan kulit yang menimbulkan gejala berupa kemerahan pada kulit.

Psoriasis pada umumnya terjadi di siku, lutut, kulit kepala, beserta bagian bawah dari ujung jari. Namun kondisi ini juga dapat muncul di mana saja di tubuh.

Psoriasis merupakan penyakit kelainan autoimun. Ini berarti sistem imun kita keliru menyerang sel-sel kulit yang sehat, jadi bukan penyakit menular.

Kondisi kulit ini bisa semakin parah ketika dipicu oleh faktor eksternal. Seperti cedera atau luka, pola makan, kelembaban, hingga stres.

Untuk mengatasi hal ini, belum ada obat yang benar-benar dapat menyembuhkannya. Akan tetapi ada salep atau krim khusus yang dapat dioleskan untuk mengurangi gejala kulit telapak tangan mengelupas akibat psoriasis.

Selain itu, faktor iklim serta sering menghisap jari ternyata juga dapat menjadi penyebab kulit jari tangan mengelupas. Kulit tangan yang mengelupas umumnya bukanlah suatu yang berbahaya.

Akan tetapi juga bisa mengganggu, maka periksakan kondisi tangan tersebut ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Dengan demikian akan memperoleh penanganan yang tepat.