Aplikasi

Komisi IV DPRD Kota Bogor Raker dengan Dinsos: Maksimalkan Aplikasi Solid dan Anggaran Disabilitas

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR – Komisi IV DPRD Kota Bogor raker dengan Dinsos: maksimalkan Aplikasi Solid dan anggaran Disabilitas.

Kehadiran aplikasi Sosial Integrasi Data (Solid) nyatanya hingga saat ini masih belum maksimal untuk proses migrasi data dari peserta BPJS mandiri menjadi peserta PBI-APBD Kota Bogor.

Baca juga: Kacang Kedelai Mahal, Atang Trisnanto Ketua DPRD Kota Bogor Sampaikan Solusinya

Hal tersebut menjadi perhatian bagi Komisi IV DPRD Kota Bogor, sehingga para legislator ini memanggil Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Bogor, Karnain Asyhar menyebutkan, belum maksimalnya aplikasi Solid dalam proses migrasi data kepesertaan BPJS, dikarenakan belum terintegrasinya data antara Dinsos dengan pihak BPJS Kota Bogor.

“Jadi selama ini aplikasi solid belum terintegrasi. Makanya harus diupayakan agar terintegrasi supaya problem reaktivasi BPJS PBI, kemudian BPJS Kesehatan yang kemudian di imigrasikan ke PBI ini bisa lebih respon lebih cepat dan baik, karena banyak keluhan masyarkat yang terkendala,” kata Karnain, Jumat kemarin.

Berdasarkan hasil rapat, Karnain juga mengungkapkan belum adanya titik temu atau kesepakatan antara Dinsos dan BPJS Kesehatan terkait pembagian data kepesertaan.

Menurut Karnain, masalah ini perlu diselesaikan secepatnya.

Baca juga: Stok Minyak Goreng di Pasar Berkurang, Atang Trisnanto Ketua DPRD Kota Bogor Minta Pemerintah Serius

Sebab, masih ada sekitar 11 ribu kuota kepesertaan BPJS PBI-APBD Kota Bogor yang masih belum terpakai.

“Kalau informasi yang kita dapatkan masih ada kuota 11 ribu kuota yang masih bisa digunakan oleh masyarakat. Memang dinsos sedang terus melakukan update data, karena sebelumnya masih ada temuan duplikasi data antara BPJS mandiri tapi sebagai PBI, kemudian ada beberapa yang misalnya ASN dan TNI-Polri ini sudah mulai terfilter,” ujar Karnain.

Baca Juga:  Share Screen Zoom di HP, Begini Cara Mudah Mengaplikasikannya

“Makanya dengan aplikasi solid ini cukup membantu dalam hal filter data, tapi disisi lain karena belum terintegrasi dengan BPJS kesehatan, jadi ada beberapa data yang belum tersapu bersih. Kita harap ini bisa selesai dalam waktu dekat,” tambahnya.

Baca juga: Tangkap Pelaku Kriminalitas dan Narkoba, Atang Trisnanto Ketua DPRD Kota Bogor Apresiasi Kapolresta

Baca Selengkapnya