Home » Info
Info

Kemoterapi, Mengobati Penyakit Kanker dengan Cara Memberantas Sel-Sel Kanker

KANKER merupakan salah satu penyakit yang mematikan hingga saat ini. Namun dunia kedokteran terus mencari cara untuk mengobati pasien kanker.

Pengobatan penyakit kanker bermacam-macam, bisa dengan bedah, radiasi, kemoterapi, atau bisa dengan kombinasi. Itu tergantung dari jenis kanker apa yang dialami penderitanya.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa tubuh terdiri dari kumpulan organ-organ yang mana organ itu disusun oleh jaringan tubuh. Dan jaringan tubuh disusun oleh kumpulan sel-sel.

Sementara itu untuk sel-sel tubuh yang berkembang tak terkendali/abnormal dinamakan kanker,” ujar Dokter Harlinda Haroen dari Siloam Hospital Manado.

 pasien kanker kemoterapi

Menurut Dokter Harlinda, sifat-sifat sel kanker pertumbuhannya sangat cepat dibanding sel normal dan merusak organ sekitarnya serta dapat menyebar sampai bermutasi. Kanker terdiri 2 jenis yaitu kanker Hemopoietik , misalnya tumor ganas pada payudara, paru-paru, dan prostat.

Kemoterapi adalah prosedur untuk mengobati penyakit kanker dengan cara memberantas sel-sel kanker dalam tubuh penderita menggunakan obat-obatan. Obat tersebut bekerja dengan cara membunuh, mencegah penyebaran, atau menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Kemoterapi dapat diberikan pengobatan baik secara oral berupa obat-obatan yang diminum, maupun berupa injeksi seperti melalui infus.

“Kemoterapi bekerja pada sel yang berproliferasi, yang artinya sel yang selalu tumbuh secara terus-menerus seperti misalnya pada rambut, untuk sel-sel yang tidak berproliferasi misalnya sel otot, tulang, saraf, dan otak,” terang Dokter Harlinda.

Pemberian kemoterapi bermaksud untuk menyembuhkan kanker seperti leukemia. Memperpanjang hidup dan memperpanjang interval bebas kanker, serta menghentikan progresi kanker. Dapat mengecilkan volume kanker, dan sebagai terapi paliatif serta menghilangkan gejala-gejala akibat obat.

Karena keterbatasan manfaat kemoterapi kadang-kadang dikombinasikan dengan pengobatan lain untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik.

Ada pemberian kemoterapi Adjuvant, yaitu kemoterapi yang diberikan sesudah operasi, sementara untuk kemoterapi yang diberikan sebelum operasi dinamakan kemoterapi Neo Adjuvant. Sedangkan kemoterapi paliatif adalah untuk mengurangi besar tumor yang menyebabkan nyeri atau sulit bernafas.

Baca Juga:  Cara Menghitung Persen di Kalkulator HP Praktis, Ikuti Tutorialnya!

“Jadi ada prinsip-prinsip yang harus diperhatikan, yaitu kapan kita melakukan pemilihan obat kemoterapi. Jadi harus tepat indikasinya, jenisnya, dosisnya, waktu dan caranya, serta waspada terhadap efek samping”, imbuhnya.

Untuk dapat memilih obat yang paling tepat bagi penderita ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, yaitu jenis kankernya, apakah penderita hemosensitifitas terhadap kankernya, seberapa banyak populasi kankernya, dan presentasi sel kanker yang terbunuh seberapa besar, siklus pertumbuhan sel kankernya, serta imunitas tubuh penderita atau pasien.














Baca Selengkapnya