Media Sosial

Ini Fitur Terbaru WhatsApp, Sudah Cek?

Logo Facebook, Whatsapp, dan Instagram.

Foto: EPA-EFE/ANDREJ CUKIC

Fitur terbaru termasuk reaksi emoji, kemampuan mengirim file hingga grup lebih besar

Meskipun menjadi platform pesan seluler paling populer, WhatsApp tampaknya tidak memiliki sejumlah fitur yang telah diminta pengguna selama bertahun-tahun. Namun, pada pekan ini, perusahaan menambahkan beberapa fitur tersebut.

Fitur terbaru termasuk reaksi emoji, kemampuan mengirim file hingga ukuran 2GB, dan grup yang lebih besar hingga menampung 512 pengguna yang diumumkan perusahaan sejak bulan lalu. Reaksi emoji berada di urutan teratas daftar yang memberi pengguna kemampuan untuk membagikan pendapat mereka tanpa membanjiri obrolan dengan pesan baru.

Pekan ini, WhatsApp mengonfirmasi reaksi emoji tersedia di versi terbaru aplikasi. Juru bicara Meta, Vispi Bhopti, mengatakan, fitur tersebut akan diluncurkan untuk setiap pengguna dalam waktu sekitar sepekan.

Selain reaksi emoji, WhatsApp juga meningkatkan batas ukuran file bersama. Sekarang pengguna dapat berbagi file sebesar 2GB dengan kontak mereka dan file tersebut akan dilindungi oleh enkripsi ujung ke ujung. Sebelumnya, file yang dibagikan hanya sebesar 100MB.

Untuk file yang lebih besar, WhatsApp merekomendasikan menggunakan WiFi, tetapi pengguna dapat mengirimnya dengan data jika mau. Aplikasi ini juga akan menampilkan penghitung saat mengunggah atau mengunduh untuk memberi tahu pengguna berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengirim file.

Terakhir, WhatsApp juga memberi pengguna opsi untuk menambahkan lebih banyak orang secara signifikan ke grup. Ukuran maksimum grup meningkat, mulai dari 256 pengguna menjadi 512 pengguna. Tim mencatat fitur ini diluncurkan perlahan.

Fitur lain yang masih ditunggu

Dikutip BGR, Ahad (8/5/2022), masih ada fitur lain yang masih ditunggu, yaitu Komunitas. Komunitas pada dasarnya adalah kumpulan dari kelompok-kelompok yang terkait. Komunitas juga memberi admin kemampuan untuk mengirim pengumuman ke semua orang di setiap grup. Mereka juga dapat menambah atau menghapus grup di Komunitas. Komunitas akan diluncurkan pada akhir tahun ini.

Baca Juga:  Mbah Minto, Bintang Iklan dan YouTuber Nenek-Nenek Asal Klaten Meninggal Dunia

Sementara fitur lain belum dirilis:

1. Hapus Admin

Admin grup akan dapat menghapus pesan yang salah atau bermasalah dari obrolan semua orang.

2. Panggilan Suara Lebih Besar.

Perusahaan akan memperkenalkan panggilan suara satu ketukan hingga 32 orang dengan semua desain baru.

Baca Selengkapnya