Media Sosial

Fitur Unggulan Telegram yang Lebih Baik dari WhatsApp

Telegram memiliki beberapa fitur unggulan yang lebih baik dari aplikasi pesan pesaingnya, salah satunya adalah WhatsApp .

Seperti kita ketahui, baik itu Telegram maupun WA adalah aplikasi pesan yang mempunyai beberapa fitur sama. Dua aplikasi tersebut pun kini ternyata banyak yang memakainya. Meskipun untuk pesan singkat dan telepon masih unggul WhatsApp.

Meski begitu, hampir semua pengguna smartphone pasti menginstal aplikasi tersebut pada perangkat gadgetnya.

Selain memudahkan dalam berkirim pesan tanpa menyedot pulsa, Telegram dan WA juga bisa dalam berkomunikasi antara person maupun grup.

Fitur Unggulan Telegram yang Unggul dari WhatsApp

Sebelum munculnya Telegram, WA menjadi salah satu aplikasi pesan yang paling favorit untuk para pengguna smartphone.

Namun, beberapa terakhir ini pengguna WhatsApp mulai gusar. Hal tersebut seiring dengan kebijakan dari WA yang men-share data privasi pengguna ke aplikasi media sosial Facebook.

Sehingga, tidak sedikit para pengguna HP Android dan sejenisnya yang berbondong-bondong migrasi ke Telegram, yang mereka anggap aman.

Memang secara mekanisme, dua aplikasi pesan tersebut memiliki sistem yang hampir serupa. Akan tetapi, dari segi fitur ternyata Telegram memiliki beberapa keunggulan daripada WhatsApp.

Seperti salah satunya adalah bisa mengirim file kepada seseorang sampai lebih dari 2 GB. Sedangkan untuk WA sendiri hanya maksimal sampai 16 MB saja. 

Penasaran apa saja fitur yang menjadi unggulan dari Telegram? Berikut ulasannya, yang HR Online rangkum dari situs Digitaltrends.

Privasi

Seperti diulas di atas, yang menjadi alasan pengguna smartphone berbondong-bondong pindah ke Telegram adalah privasi.

Jadi, fitur ini bisa memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan atau telepon, tanpa perlu nomor telepon yang Anda tuju. Selain itu, pengguna Telegram juga tidak perlu data pribadi lainnya.

Baca Juga:  7 Unggahan Terakhir Instagram Awkarin, Kini Ganti Akun Relakan 7,9 Juta Followers

Sedangkan yang menjadi privasi adalah, fitur Secret Chat yang ada pada Telegram tidak bisa Anda teruskan.

Bahkan, aplikasi ini juga tidak mengizinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar , sehingga dengan begitu data Anda akan terlindungi.

Jumlah Anggota Grup

Fitur unggulan lainnya dari Telegram adalah grup. Memang untuk WhatsApp sendiri juga memiliki fitur obrolan atau membuat grup.

Namun yang membedakan yaitu jumlah kuota grup tersebut. Jika maksimal anggota grup sebanyak 256, sedangkan untuk Telegram bisa memuat 200.000 anggota dalam 1 grup.

Secret Chat

Sangat jarang aplikasi pesan memiliki fitur Secret Chat . Jadi, ini yang unik dari Telegram, karena fitur unggulan Secret Chat tersebut sangat pas buat Anda yang ingin menjaga privasi.

Dengan adanya fitur tersebut, maka pengguna Telegram bisa mengirim pesan yang sifatnya sementara. Kemudian, pesan itu pun sudah terlindungi enkripsi end-to-end. Selain itu, pesan tersebut juga akan hilang dengan otomatis dalam waktu tertentu.

Sinkronisasi

Aplikasi yang kini sudah diunggah lebih dari 1 miliar pengguna ini, bisa menyinkronkan pembicaraan atau pesan serta file lainnya ke perangkat yang satunya lagi.

Sehingga dengan begitu, Anda dapat memakai akun yang sama namun bisa mengaksesnya pada ponsel pintar yang berbeda.

Sedangkan untuk aplikasi WhatsApp sendiri tidak ada fitur tersebut. Jadi, apabila Anda membuka WA pada perangkat lain, maka akun tersebut secara otomatis akan logout dari perangkat sebelumnya.

Fitur unggalan lainnya dari Telegram adalah bisa menyimpan file baik itu berupa dokumen, foto, video dan lainnya. Jadi, sistem penyimpanan ini menyerupai flashdisk dengan aman dan tanpa batas.