Home ยป Info
Info

Engsel Pintu Mobil Rusak, Ini Cara Mengatasi dan Faktor Penyebabnya

Engsel pintu mobil yang mengalami kerusakan sebaiknya segera Anda atasi. Hal ini bisa mengganggu ketika Anda keluar masuk mobil.

Mengalami kerusakan pada komponen kendaraan tentu tidak bisa Anda biarkan begitu saja. Apalagi jika kerusakan yang terjadi mengakibatkan kenyamanan berkurang.

Agar keamanan mobil tetap terjaga, sebaiknya Anda cari tahu bagaimana cara mengatasi engsel pintu mobil yang rusak.

Cara Mengatasi Engsel Pintu Mobil yang Rusak

Memiliki kendaraan memang akan membantu setiap aktivitas bepergian. Apalagi kini mobil menjadi alat transportasi pribadi yang semakin banyak dimiliki masyarakat. Seiring pemakaiannya, komponen mobil harus terjaga.

Sebaiknya Anda melakukan perawatan dan pengecekan secara berkala. Hal ini bertujuan agar komponen tidak mengalami kerusakan yang semakin parah.

Bahkan ketika komponen mobil rusak, tidak selamanya Anda harus membawanya ke bengkel. Ada beberapa perawatan hingga cara memperbaiki komponen mobil sendiri di rumah.

Misalnya saja mengatasi engsel yang rusak. Anda tidak perlu membawanya ke bengkel. Sebab masalah ini terbilang mudah diatasi. Agar Anda bisa melakukannya dengan tepat, bisa simak cara mudah dalam mengatasinya berikut ini.

Mengencangkan Baut Engsel

Cara mengatasi ketika engsel pintu mobil rusak yaitu dengan mengencangkan baut engsel tersebut. Anda bisa melakukan hal ini dengan tujuan dudukannya merasa pas.

Selain itu, jika terdapat komponen yang keropos pada area engsel, akan membuat dudukan berubah. Sebaiknya ketika mobil dicuci atau steam, kunci rapat bagian pintu.

Hindari Membuka Pintu Terlalu Lama

Tidak sedikit pemilik mobil yang membiarkan pintu terbuka dalam waktu yang cukup lama. Agar kerusakan bisa terhindari, sebaiknya Anda perhatikan hal tersebut.

Selain itu, ketika menutup pintu mobil, ada baiknya Anda menutupnya secara perlahan. Jika Anda melakukannya dengan baik, maka engsel pintu mobil pun akan tetap awet dan tahan lama.

Baca Juga:  Begini Cara Mencegah Burn Out, Apa Saja?

Berikan Cairan Degreaser

Engsel pintu mobil memang komponen yang penting untuk menjaganya tetap dalam kondisi baik. Jika engsel masih berfungsi secara normal, pintu juga tetap mampu menjaga keamanan kendaraan.

Agar tidak terjadi kerusakan, ada baiknya jika Anda menambahkan cairan degreaser pada engsel. Hal ini bertujuan agar komponen tidak berkarat.

Anda bisa menemukan cairan tersebut dengan mudah di pasaran. Bahkan untuk harganya terbilang terjangkau. Cara ini bisa membantu engsel pintu kendaraan tetap dalam kondisi prima.

Cara Mengatasi Pintu Mobil Oblak

Selain bagian engsel, ternyata ada faktor lain mengapa pintu mobil oblak atau tidak dapat tertutup sempurna. Sebaiknya segera cek kondisinya agar komponen dapat berfungsi kembali dengan optimal.

Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan yaitu mengganti komponen dengan yang baru. Namun cara ini bukan hal yang utama. Ketika Anda memperbaikinya, bisa mengelasnya kembali.

Cara yang bisa Anda lakukan yaitu menyetel dan melakukan pergeseran kaitan kunci pintu mobil. Anda cukup kendurkan baut dan geser bagian ke dalam. Namun jika as sudah aus, sebaiknya menggantinya.

Cari tahu faktor penyebabnya baru mengatasi masalah tersebut. Hal ini bertujuan agar penanganan yang Anda lakukan bisa tepat.

Faktor Pintu Mobil Rusak

Sebenarnya memiliki mobil memang mudah dalam mengendarainya. Namun untuk melakukan perawatan harus tepat. Jangan biarkan salah satu komponen mengalami kerusakan dan Anda biarkan begitu saja.

Seperti yang sudah sering terdengar yaitu engsel pintu mobil bermasalah. Pintu mobil menjadi bagian yang cukup vital dalam kendaran. Jika tidak terjaga, mengakibatkan pintu mobil mengalami kerusakan.

Selain mengetahui apa saja yang bisa membantu mengatasi engsel pintu mobil rusak, Anda perlu tahu penyebabnya. Ada beberapa kebiasaan buruk pemilik mobil yang mengakibatkan engsel bermasalah.

Baca Juga:  Warga Bogor Pesan 18 Ribu Liter Minyak Goreng Lewat Sapawarga, Begini Caranya

Adapun beberapa faktor umum yang bisa mengakibatkan engsel mengalami kerusakan yaitu:

  • Bagian engsel pintu yang turun
  • Terlalu keras ketika menutup pintu mobil
  • Tidak menutup pintu mobil ketika mencuci kendaraan
  • Ukuran karet pintu yang kurang tepat

Pastikan Anda perhatikan secara teliti beberapa hal di atas. Sebaiknya segera atasi ketika salah satu komponen mobil bermasalah, termasuk engsel pintu. Sebelum Anda gunakan cara mengatasinya, cari tahu dulu apa sebenarnya faktor yang mengakibatkan kerusakan.