Home » Info
Info

Ciri-Ciri Kamera iPhone Rusak Beserta Cara Mengatasinya, Lakukan Ini!

Ciri-ciri kamera iPhone rusak sering membuat kesal para pengguna. Hal tersebut membuat frustasi saat ingin mengabadikan momen hebat atau berharga, bahkan pengguna mendapatkan hasil buram dan terdistorsi.

Akhirnya Anda menyadari bahwa kamera tidak berfungsi secara baik pada kamera belakang maupun kamera depannya. 

Banyak pengguna iPhone yang awalnya mengabaikan kamera yang error.

Mungkin juga tidak menyadari tanda-tanda awal kamera sebelum mengalami error atau rusak. Sehingga saat kamera tersebut sudah layar hitam, pengguna bingung memperbaikinya. 

Ketahui Ciri-Ciri Kamera iPhone Rusak Hingga Mengatasinya

Sebelum pengguna memutuskan untuk membeli ponsel terbaru hanya karena kameranya yang bermasalah, sebaiknya ketahui terlebih dahulu ciri-ciri kerusakan kamera dan bagaimana mengatasinya.

Sehingga bisa melakukan penanganan tepat. Umumnya ciri-cirinya sebagai berikut. 

Menyala Tapi Error/Tidak Bekerja

Salah satu tanda kerusakan pada kamera adalah menyala namun tidak bekerja. Kasus ini banyak terjadi pada iPhone maupun iPad.

Menyala  namun tidak bekerja memperlihatkan flash pada iPhone berhenti bekerja dan berbunyi setiap Anda mengambil gambar.

Tentunya masalahnya berasal dari lampu kilat. Sehingga pengguna perlu memeriksa setelan lampu kilatnya.

Pengguna bisa klik menu flash dengan simbol petir dan pilih pengaturan flash yang dibutuhkan. 

Layar Hitam dan Lensa Tertutup

Ciri-ciri kamera iPhone rusak selanjutnya adalah layar hitam atau tertutup lensa. Jika sudah begini, pengguna bisa memastikan bawah kamera tak terhalang apapun seperti penutup telepon atau hal lainnya.

Selain itu, Anda bisa keluar dari aplikasi kamera dan memulainya kembali. Salah satu cara terbaik adalah merestartnya.

Jika masih berlanjut, maka Anda bisa menghubungi Apple untuk melihat setiap masalah hardware termasuk penggantinya. 

Masalah Kerusakan Lainnya

Mungkin Anda perlu melihat ke belakang apa yang menjadi penyebab terjadinya kerusakan pada kamera iPhone Anda.

Baca Juga:  6 Cara Memilih Semangka yang Matang dan Manis, Biar Gak Zonk!

Apakah pernah menjatuhkan perangkat tersebut, baik tanpa sengaja atau sebelumnya sudah terjadi masalah. Sehingga menyebabkan rusak fleksibel kamera iPhone.

Kemungkinan lainnya adalah pernahkah memperbarui perangkat iOS pada versi yang terbaru. 

Karena melakukan update versi terbaru menjadi salah satu syarat pembaruan sistem. Jadi hal ini bisa menjadi penyebab mengapa kamera iPhone tidak merespon.

Ciri-ciri kamera iPhone rusak lainnya juga muncul karena kegagalan fungsi termasuk perangkat keras internal yang menyebabkan masalah ini. 

Kabur atau Out Foto Fokus

Bukan hanya tampilan layar yang hitam yang menjadi cirinya. Namun lensa terlihat kabur atau out foto fokus juga bisa terjadi.

Apabila gambar yang Anda klik muncul tidak fokus, hal ini termasuk dalam kamera error atau rusak. 

Langkah untuk memperbaikinya bisa dengan memastikan lensa kamera Anda dalam kondisi bersih. Baik dengan kain microfiber atau kain halus khusus untuk membersihkan bagian depan serta belakang kamera.

Sementara jika Anda melihat kotoran dalam kamera, maka Anda bisa menghubungi pihak Apple untuk meminta bantuan. Selain itu, Anda juga bisa pastikan kamera tidak di blokir terkait apapun yang dapat mengganggu saat mengklik gambar.

Coba atur fokus dengan menekan pada objek serta gambar-gambar tersebut yang tidak pada fokus yang benar-benar tepat. 

Aplikasi Kamera Blocked

Ciri-ciri kamera iPhone rusak selanjutnya adalah aplikasi kamera blocked atau terblokir. Anda bisa melihat aplikasi kamera dan memeriksa apakah terblokir karena kecelakaan ataukah tidak.

Untuk itu, Anda perlu pergi ke menu setting kemudian pilih general dan ke restrictions. Selain itu, Anda perlu periksa di bawahnya untuk memastikan bahwa kamera aktif.

Pada dasarnya semua masalah tersebut bisa menjadi tanda untuk dapat menemukan solusi terbaik. 

Baca Juga:  Selenggarakan Festival Desa 2022, PDIP: Ini Cara Menyatu dengan Rakyat

Solusi lainnya bisa dengan mematikan fitur Voice Over. Banyak pengguna iPhone yang mengalami error termasuk pada aplikasi kamera saat fitur Voice Over sedang aktif.

Oleh karena itu, mematikannya adalah suatu cara tepat. Pergi ke menu settings dan ke accessibility, kemudian ke Voiceover dan mematikan fungsinya. 

Jika memungkinkan, menangani semua ciri-ciri kerusakan kamera bisa dengan reset iPhone. Mulai dari reset semua settingan atau menghapus semua konten dan setting.

Hal ini menjadikan iPhone Anda seperti baru. Untuk dapat melakukannya Anda perlu masuk pada menu settings dan ke General hingga reset.

Maka setelah ini pilih preferensi reset Anda. Ciri-ciri kamera iPhone rusak tersebut bisa Anda ketahui sepenuhnya.