Gadget

Cara Tutup Pop-Up Blocker iPhone Efektif, Ketahui Tutorial Lengkap!

Cara tutup pop-up blocker iPhone dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah. Sebagian besar pengguna iPhone dan iPad mengaktifkan pop-up blocker di Safari untuk iOS.

Hal ini bertujuan untuk mencegah pop-up dan gangguan yang mengganggu. Akan tetapi terkadang pemblokir pop-up Safari bawaan terlalu agresif dan salah memblokir pop-up.

Seringkali pop-up blocker ini justru memblokir situs tempat penggunaan pop-up saat Anda perlukan. Sehingga fungsi situs tidak sebagaimana mestinya.

Untuk mengatasi situasi seperti itu, pengguna dapat memilih menonaktifkan pop-up blocker di Safari dengan mudah untuk iOS. Selanjutnya dapat  mengaktifkan kembali fitur tersebut saat benar-benar pengguna perlukan.

Cara Tutup Pop-Up Blocker iPhone, Mudah!

Seperti disebutkan sebelumnya, sebagian besar dari pengguna akan membiarkan pemblokir pop-up dalam kondisi aktif pada Safari iOS. Namun terkadang mematikannya itu adalah suatu keharusan.

Biasanya kondisi semacam itu terjadi di beberapa situs web keuangan serta layanan masuk.

Sering kali pop-up sementara muncul ketika melewatinya atau bahkan untuk menampilkan beberapa informasi yang relevan seperti laporan, PDF, atau detail otentikasi.

Tentu jika Anda menonaktifkan pemblokir pop-up ketika mencoba menggunakan salah satu jenis situs di iPad atau iPhone, biasanya situs web akan gagal berfungsi dan tidak akan melihat data yang Anda minta.

Mengenai Pop-Up iPhone  

Pop-up dapat berupa pemberitahuan, iklan, penawaran, atau peringatan terbuka pada jendela baru, tab lain, hingga pada jendela browser yang Anda lihat.

Pop-up tertentu dapat berupa iklan dari pihak ketiga menggunakan taktik phishing. Misalnya saja seperti peringatan atau juga hadiah, untuk mengecoh Anda agar percaya konten tersebut yakni berasal dari Apple atau perusahaan lain yang terpercaya.

Dengan demikian, Anda akan berbagi terkait informasi pribadi atau juga keuangan.

Baca Juga:  HP Samsung Galaxy A22e 5G Terbaru, Kantongi Sertifikasi Bluetooth SIG!

Bisa juga berupa penipuan yang menawarkan unduhan gratis, pembaruan perangkat lunak, atau plug-in untuk mencoba mengecoh supaya Anda menginstal perangkat lunak yang tidak Anda inginkan.

Dalam hal ini, cara tutup pop-up blocker iPhone penting untuk Anda lakukan. Ini bertujuan untuk menghindari berinteraksi dengan pop-up atau halaman web yang akan memenuhi layar, kecuali Anda yakin dengan keabsahan pada iklan tersebut.

Langkah Tutup Pop-Up Blocker iPhone

Apabila Anda ingin menonaktifkan pop-up blocker di iOS khususnya pada perangkat iPhone, maka Anda akan mengizinkan pop-up muncul di Safari.

Namun jika Anda mengaktifkan fitur ini,  Anda akan mencegah pop-up muncul di Safari. Berikut cara tutup pop-up blocker iPhone serta pengaturan yang sesuai untuk beralih sesuai kebutuhan:

  1. Langkah pertama silahkan buka aplikasi “Pengaturan” di perangkat iPhone dan buka “Safari”
  2. Di bawah pengaturan Safari Umum, Anda dapat alihkan saklar di sebelah “Block Pop-up” ke posisi OFF untuk menonaktifkan Pop-Up Blocker iPhone. Namun jika Anda ingin mengaktifkan kembali, maka geser saklar pada posisi ON
  3. Kembali ke Safari dan jelajahi web seperti biasa, maka perubahan akan langsung terbawa

Anda tidak perlu mem-boot ulang atau meluncurkan ulang Safari. Cukup dengan mematikan atau menghidupkan akan berdampak langsung pada apakah situs web dan halaman web di Safari.

Perlu Anda ingat bahwa pop-up yang hampir selalu terbuka di Safari akan terbuka sebagai tab baru, artinya dapat diakses dari penampil tab, yang terlihat seperti dua kotak yang tumpang tindih.

Pop-up dan juga iklan tertentu mempunyai tombol palsu menyerupai tombol tutup, sehingga berhati-hatilah jika Anda akan mencoba menutup iklan atau pop-up.

Jika ragu, maka jangan berinteraksi dengan iklan atau pop-up dan tutup pop-up blocker pada perangkat iPhone. Selanjutnya Anda dapat memperbarui pengaturan supaya jendela tidak terbuka lagi.

Baca Juga:  HP Realme 9 4G, Spesifikasi Utama Terungkap Jelang Peluncuran Resmi

Hal penting lain yang perlu Anda perhatikan adalah pastikan selalu menginstal pembaruan dari perangkat lunak terbaru untuk semua produk Apple khususnya iPhone.

Banyak rilis perangkat lunak dengan kelengkapan pembaruan keamanan penting dan mungkin mencakup peningkatan yang membantu mengontrol pop-up.

Tempat teraman untuk mengunduh app untuk perangkat iPhone adalah App Store.

Jika Anda memerlukan sebuah perangkat lunak untuk Mac dari pihak ketiga, namun tidak tersedia di AppStore, maka bisa mendapatkannya secara langsung dari sebuah pengembang atau sumber yang terpercaya lainnya, bukan melalui iklan atau tautan.

Mungkin versi Safari untuk iOS di masa mendatang akan memungkinkan situs web individu untuk dapat membuka pop-up sesuai kebutuhan. Seperti apa yang mungkin berkaitan dengan Google Chrome pada desktop.

Sementara itu, Anda dapat mengontrolnya dengan cara tutup pop-up blocker iPhone melalui pengaturan iOS.