Home ยป Info
Info

Cara Tepat Ungkep Ayam agar Bumbu Meresap dan Teksturnya Empuk

CARA tepat ungkep ayam bisa menjadi inspirasi memasak bagi bunda di rumah. Ayam, terutama yang digoreng merupakan salah satu makanan yang digemari masyarakat Indonesia.

Hal ini membuat ayam mudah dijumpai di restoran maupun pedagang kaki lima. Bagi kamu yang ingin memasaknya sendiri di rumah pun juga bisa. Namun, ada teknik yang perlu diperhatikan supaya ayam goreng yang kamu masak terasa gurih, renyah, dan empuk.

Dirangkum MNC Portal pada Jumat , berikut adalah beberapa cara yang tepat untuk ungkep ayam supaya bumbunya meresap dan tekstur dagingnya empuk.

Potong ayam dengan bagian yang lebih kecil

Nah, kalau kamu langsung masukkan ayam utuh atau potongannya besar, coba deh jadikan ke ukuran yang lebih kecil. Selain memudahkan kita untuk menyantapnya, potongan ayam yang lebih kecil akan membuat bumbu jadi lebih mudah terserap.

Rebus Ayam Sebelum Diungkep

Sebagian orang memilih langsung memasukkan ayam yang sudah dibersihkan ke dalam air bumbu. Tapi, kamu bisa merebus dagingnya sebentar sebelum diungkep dan menambahkan perasan jeruk nipis. Rebusan pertama ini bertujuan untuk mengeluarkan kotoran dan lemak ayam. Jadi, aroma ayam ungkep nggak amis.

Pastikan bumbu benar-benar memiliki tekstur yang halus

Urusan bumbu, bahan yang digunakan sebenarnya tidak banyak perbedaan. Bahan-bahannya, yaitu bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe, kemiri, daun salam dan sereh. Jika membuat porsi yang tidak begitu banyak, kamu bisa menghaluskannya dengan menggunakan cobek. Cara ini dianggap memberikan cita rasa yang lebih enak.

Simpan ayam di kulkas semalaman

Mungkin trik ini belum pernah kamu lakukan tapi inilah kuncinya untuk membuat ayam goreng jadi lebih gurih dengan daging lunak. Saat melakukan proses ungkep, masaklah ayam cukup sampai mendidih tidak perlu sampai masak. Kemudian matikan kompor dan biarkan dingin.

Baca Juga:  3 Tips dari Dokter Boyke Agar Tetap Romantis di Ranjang, Buktikan

Jika sudah dingin, masukkan ayam bersama dengan kuahnya ke dalam plastik kedap udara. Selanjutnya, simpan ayam di dalam kulkas bagian bawah semalaman. Setelah semalaman didinginkan, masak lagi hingga ayam matang dan airnya menyusut. Goreng ayam sesuai selera.














Baca Selengkapnya