Home ยป Info
Info

Cara Scan QR Code di Android dengan Menggunakan Beberapa Metode

Cara scan QR code di Android kini sangat mudah untuk kita lakukan, baik menggunakan aplikasi tambahan maupun tidak, namun dengan browser. Mengingat bahwa saat ini sudah ada banyak kegiatan yang menggunakan QR code, misalnya saat akan melakukan transaksi pembayaran.

Tidak hanya itu saja, bahkan saat kita akan login ke aplikasi WhatsApp web maka kita juga akan menggunakan barcode. Nah barcode sendiri merupakan kode berbentuk garis atau batang yang biasanya juga tersemat pada produk makanan atau lainnya.

Cara Scan QR Code di Android yang Paling Mudah dengan Tips Ini!

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kode QR atau orang biasanya menyebutnya sebagai kode barcode yang sering kita jumpai di suatu tempat. Lantas apakah Anda pernah berpikir tentang cara untuk men-scan barcode itu melalui perangkat genggam?

Pasalnya Anda bisa mengartikan kode QR atau kode barcode ini dengan memanfaatkan HP Android yang Anda miliki. Bahkan saat ini sudah ada banyak jenis dan pilihan metode atau langkah untuk memindai barcode dengan mudah.

Sehingga mengetahui tentang bagaimana cara scan QR code di Android adalah hal yang wajib untuk Anda ketahui sekarang juga. Jika dulu kode QR ini sering kita jumpai pada sebuah kemasan, namun sekarang sudah semakin banyak lagi.

Betapa tidak, pasalnya barcode alias kode QR ini bisa kita gunakan pada sebuah aplikasi yang ada di ponsel. Apabila Anda penasaran dan belum tahu untuk memindai barcode tersebut, maka bisa menyimak ulasannya berikut ini.

QR & Barcode Scanner

Cara scan QR code di Android pertama bisa Anda lakukan dengan cara memanfaatkan aplikasi QR & Barcode Scanner. Bahkan dengan memanfaatkan aplikasi ini maka hasilnya akan lebih akurat dan simpel.

Baca Juga:  Tips Menciptakan Kebahagiaan di Tengah Pandemi Menurut Psikolog

Langkah yang pertama Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut di layanan Google Play Store kemudian instal sampai selesai. Jika sudah lalu buka aplikasi tersebut dan Anda tinggal memilih opsi Pindai.

Nanti secara otomatis maka kamera pun akan langsung terbuka untuk menscan barcode yang ada. Lalu Anda bisa mengarahkan kamera tersebut ke barcode yang ingin Anda scan.

Tunggu sampai beberapa saat hingga proses scanning itu benar-benar selesai. Nah jika sudah berhasil maka nantinya juga akan langsung muncul sejumlah informasi mengenai barcode yang sudah Anda scan.

Gunakan Situs Inlite

Cara scan QR code di Android juga bisa Anda lakukan dengan mudah yaitu memanfaatkan situs inlite. Jadi situs ini bisa Anda akses secara online dan bisa membaca berbagai macam jenis barcode seperti QR code ini.

Bahkan caranya juga tergolong sangat mudah, pertama-tama Anda bisa mengambil gambar barcode dengan kamera biasa di HP. Jika sudah kemudian bisa langsung buka situs inlite barcode reader pada HP Android Anda.

Langkah selanjutnya adalah dengan mengetuk pilihan Choose File dan cari gambar barcode pada galeri Anda. Kemudian pindai gambar tersebut lalu tinggal ketuk opsi Read.

Langkah yang terakhir adalah Anda akan diarahkan ke halaman yang berisikan tentang teks hasil decode tersebut. Kini memindai barcode pun sudah selesai.

Melalui Browser

Anda bisa melakukan cara scan QR code di Android tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan lainnya. Seperti yang kita ketahui ada sejumlah produk yang memiliki barcode pada bagian kemasannya.

Namun sekarang tidak hanya pada produk saja, melainkan QR code juga bisa kita gunakan untuk menginput data seperti email dan lokasi. Jadi bagi Anda yang akan scan barcode maka bisa menggunakan browser yang ada di HP Anda.

Baca Juga:  Biden Tak Sengaja Tunjukkan Contekan Tentang Cara Duduk Saat Konpers

Caranya juga sangat mudah, langkah yang pertama Anda bisa membuka browser yang ada pada perangkat Android Anda. Jika sudah kemudian ketikkan nama situs webqr.com.

Kemudian klik atau pilih opsi Allow untuk mengizinkan akses kamera untuk menscan barcode yang ada. Jika sudah kemudian arahkan saja kamera HP Anda pada barcode yang ingin Anda scan tersebut.

Jika sudah berhasil dan sukses maka Anda bisa langsung melihat hasil dari scan barcode tersebut. Cukup mudah bukan?

Memang cara scan QR code di Android ini tergolong sangat mudah dan dengan mengetahui tips tersebut kini Anda bisa langsung mencobanya. Baik itu dengan aplikasi pihak ketiga maupun tanpa aplikasi alias menggunakan browser.