Home ยป Info
Info

Cara Overclock CPU Android Tanpa Root, Efektif Maksimalkan Kinerja HP

Cara overclock CPU Android tanpa root agar kinerja ponsel dapat bekerja lebih maksimal dapat Anda lakukan dengan beberapa langkah mudah. Seperti yang kita ketahui bahwa tidak semua smartphone Android mempunyai performa yang bagus dan handal.

Hal ini membuat para pengguna merasa kurang puas dan ingin meningkatkan kinerja smartphone yang mereka miliki agar lebih maksimal. Salah satu cara yang dapat pengguna lakukan adalah dengan melakukan overclock CPU atau prosesor.

Overclock adalah salah satu cara untuk meningkatkan frekuensi atau clock yang terdapat dalam prosesor Android. Cara ini dilakukan untuk melampaui batas clock prosesor yang telah ditetapkan oleh pabrik.

Mengetahui Cara Overclock CPU Android Tanpa Root

Selain memang adanya performa yang rendah, dalam sebuah perangkat smartphone juga dapat mengalami penurunan performa yang disebabkan oleh penggunaan ponsel dalam jangka waktu yang lama.

Hal ini merupakan suatu hal yang wajar terjadi pada operating system dari perangkat Android. Maka tidak jarang para pengguna yang mencari cara untuk meningkatkan CPU Android tanpa root.

Kegunaan root pada perangkat Android sebenarnya juga dapat meningkatkan CPU pada perangkat ponsel. Selanjutnya, para pengguna akan lebih leluasa serta mudah dalam mengakses sistem operasi dalam ponsel tersebut.

Proses root memang hadir untuk Anda yang memang menginginkan management serta kontrol besar dalam pengaturan, fitur, hingga meningkatkan CPU Android. Namun, khususnya dalam meningkatkan CPU Android, para pengguna juga dapat melakukannya tanpa harus melalui proses root. Para pengguna dapat melakukan overclock CPU Android tanpa root dengan berbagai cara mudah.

Tujuan Overclock CPU Android

Sebelum kita mengulas terkait dengan cara lengkap untuk melakukan overclock CPU pada perangkat Android tanpa proses root, penting bagi kita mengetahui tujuan dari overclock itu sendiri. Tujuan dari kegiatan overclock tidak adalah untuk memaksimalkan kinerja prosesor sehingga akan lebih cepat dalam memproses data.

Baca Juga:  3 Cara Aman Mengendarai Mobil di Musim Hujan, Nomor 2 Perhatikan

Namun perlu Anda ketahui, bahwa aktivitas overclock ini Anda lakukan bukan tanpa adanya resiko. Salah satu resiko terbesar dari overclock pada CPU Android adalah prosesor akan overheat atau mudah panas dan terbakar.

Apabila prosesor terbakar, maka tentunya perangkat Android tersebut sudah tidak dapat digunakan lagi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tetap berhati-hati apabila ingin melakukan overclock CPU pada HP Android.

Cara Overclock CPU Android dengan Menggunakan Aplikasi

Terdapat beberapa cara untuk dapat overclock CPU pada HP Android tanpa harus melalui proses root. Salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi khusus. Dalam hal ini Anda dapat memanfaatkan aplikasi Qboost Overclock Viral. Selanjutnya beberapa langkah yang dapat Anda terapkan antara lain:

  • Langkah pertama, download dan instal Qboost pada perangkat Android Anda
  • Selanjutnya setelah proses instal berhasil, buka aplikasi. Kemudian pada perangkat HP akan terdapat tampilan dengan SS di atas untuk set default yang merupakan setelan awalnya.
  • Bagi yang ingin modif sendiri, maka silahkan pilih User-defined.
  • Langkah berikutnya, gunakan Efficient untuk setelah yang memiliki daya guna
  • Cara Overclock CPU Android tanpa root melalui aplikasi Qboost Overclock Viral selanjutnya save untuk normal baterai agar tidak terlalu boros.
  • Selanjutnya pilih super Save untuk super irit dalam penggunaan CPU
  • Sedangkan Max Power bermanfaat untuk penggunaan maksimal dari perangkat Android tersebut.

Cara Overclock CPU Android Tanpa Root dengan Menu Pengaturan

Para pengguna Android dapat melakukan overclock perangkat Android tanpa root dengan mengaktifkan Force GPU Rendering dan Force 4x MSAA pada opsi pengembang. Dengan cara ini, akan membuat perangkat Android Anda bekerja lebih cepat tanpa root. Berikut ini beberapa cara mudah untuk melakukan hal tersebut:

  • Hal penting pertama yang dapat dilakukan, buka menu pengaturan pada ponsel Android
  • Selanjutnya gulir ke bawah, temukan opsi Sistem dan klik di atasnya
  • Pada halaman yang telah ditampilkan, gulir ke bawah dan temukan Tentang Ponsel, klik di atasnya
  • Langkah berikutnya, klik Build Number hingga 7 kali. Kemudian Anda akan melihat pesan popup yang menyatakan bahwa Anda merupakan seorang pengembang.
  • Berikutnya untuk dapat melakukan peningkatan CPU pada perangkat Android, Anda dapat kembali ke menu Pengaturan > sistem > opsi pengembang
  • Lalu gulir ke bawah hingga terdapat opsi Force GPU Rendering dan aktifkan
  • Selanjutnya, temukan Force 4x MSAA, kemudian aktifkan.
Baca Juga:  Cara Menghindari Toxic Productivity

Dengan menggunakan beberapa pilihan cara overclock CPU Android tanpa root di atas, maka kinerja ponsel Anda pun akan meningkat lebih cepat. Namun Anda tetap harus berhati-hati untuk melakukan peningkatan ini, mengingat resiko yang dapat kemungkinan terjadi pada HP Anda.