Home ยป Info
Info

Cara Mudah Mencegah Penyakit Anemia

CARA mudah mencegah penyakit anemia cukup beragam. Anemia merupakan gangguan darah atau kelainan hematologi yang terjadi ketika kadar hemoglobin berada di bawah normal. Di mana hemoglobin termasuk bagian utama dari sel darah merah yang mengikat oksigen.

Umumnya, anemia dapat terjadi sementara atau dalam jangka panjang, dengan tingkat keparahan yang bisa ringan sampai berat. Orang dewasa dikatakan menderita anemia bila kadar hemoglobinnya di bawah 14 gram per desiliter untuk laki-laki, dan di bawah 12 gram per desiliter untuk wanita.

Apabila kadar hemoglobin di bawah 8 gram per desiliter, anemia sudah tergolong berat dan disebut dengan anemia gravis. Untuk mengatasi anemia tergantung kepada penyebab yang mendasarinya, mulai dari konsumsi suplemen zat besi, transfusi darah, sampai operasi.

Meski begitu, anemia dapat dicegah dengan mudah terutama beberapa jenis anemia ringan seperti: anemia saat masa kehamilan, dan anemia karena kekurangan zat besi. Lantas, apa saja cara mudah mencegah anemia? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Cara Mencegah Anemia

Pencegahan Anemia

Sementara banyak jenis anemia tidak dapat dicegah, makan makanan sehat dapat membantu menghindari anemia defisiensi besi dan vitamin. antara lain:

– Makanan yang termasuk dalam menu diet yang mengandung zat besi tinggi, seperti: daging sapi, sayuran berdaun hijau tua, buah-buahan kering, dan kacang-kacangan

– Makanan yang mengandung vitamin B12, seperti: daging dan susu

– Makanan yang mengandung asam folat, seperti: jus jeruk, sayuran berdaun hijau tua, kacang-kacangan, dan sereal yang diperkaya

– Mengkonsumsi multivitamin harian juga akan membantu mencegah anemia gizi. Hanya saja, orang dewasa yang lebih tua tidak boleh mengonsumsi suplemen zat besi untuk anemia defisiensi besi kecuali diinstruksikan oleh dokter.

Baca Juga:  Cara Memilih Velg Mobil Bekas yang Benar, Simak Infonya!

Demikian cara mudah mencegah anemia yang bisa dilakukan. Bila merasa memiliki gejala anemia yang berat segera periksa ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.















Baca Selengkapnya