Home » Info » Cara Merawat Mobil yang Jarang dipakai Agar Tidak Rusak, Mudah!
Info

Cara Merawat Mobil yang Jarang dipakai Agar Tidak Rusak, Mudah!

Cara merawat mobil yang jarang dipakai sebenarnya sangat mudah, hanya saja ada sebagian besar orang yang justru bermalas-malasan. Apalagi saat pandemi seperti sekarang ini, maka membuat kendaraan akan selalu terparkir karena jarang terpakai.

Ini membuat mobil menjadi nganggur dan bahkan pemiliknya tidak selalu memperhatikan kondisinya. Padahal mobil yang jarang kita gunakan ternyata juga membutuhkan perawatan guna menghindari segala macam kerusakan.

Cara Merawat Mobil yang Jarang dipakai dengan Mudah dan Praktis

Ada banyak alasan mengapa mobil jarang terpakai, salah satunya adalah karena pengguna hanya bekerja dari rumah saja. Meski demikian mobil yang menganggur pada kenyataannya juga harus selalu mendapat perawatan khusus layaknya mobil lain.

Sayangnya untuk merawat mobil yang jarang terpakai ini juga sedikit berbeda daripada mobil yang sering terpakai. Oleh karena itu Anda sebagai pemilik kendaraan harus selalu merawatnya dengan baik agar selalu terjaga keawetannya.

Pasalnya mobil yang jarang Anda gunakan ternyata bisa mengalami penurunan dari segi performa secara perlahan. Jika itu Anda biarkan terus menerus kemungkinan mobil Anda bisa rusak, dan ini akan memakan banyak biaya.

Memanaskan Mesin

Cara merawat mobil yang jarang dipakai pertama adalah rajin memanaskan mesin setiap hari kurang lebih selama 10 menitan. Karena oli tidak akan bisa menggumpal dalam mesin dan bersirkulasi supaya semua komponen mesin dapat terlumasi.

Sehingga sempatkan waktu selama beberapa menit saja untuk memanaskan mesin kendaraan kesayangan Anda. Sebab resiko seperti korosi pada bagian mesin mobil ternyata bisa Anda hindari dengan langkah seperti ini.

Baca Juga:  Cara Menggunakan DVBFinder Android yang Mudah untuk Tracking

Rajin Cek Mesin dan Komponen Pendukung

Untuk merawat mobil, maka Anda juga bisa melakukan pengecekan terhadap mesin serta komponen pendukung lainnya. Pastikan bahwa mesin kendaraan dalam kondisi normal sehingga tidak akan terjadi permasalahan serius.

Sementara itu berbagai komponen pendukung lain yang harus Anda cek juga adalah seperti oli, minyak, kondisi radiator dan lain sebagainya. Sedangkan untuk tangki bensin, sebaiknya Anda mengisi dengan seperlunya saja supaya terhindar dari karatan.

Membersihkan Mobil Secara Rutin

Mobil yang jarang Anda gunakan sudah pasti akan terlihat sangat kotor dan berdebu, terutama pada bagian eksteriornya. Oleh karena itu untuk mengurangi debu dan kotoran seperti itu Anda harus membersihkannya secara berkala agar terlihat tetap bersih.

Bisa sekali dalam seminggu dengan menyedot debu pada jok, karpet serta mengelap bagian dashboard hingga door trim menggunakan kain. Proses pembersihkan seperti ini juga bisa membantu untuk mengusir berbagai serangga seperti jangkrik, semut, kecoa atau tikus.

Seperti yang kita tahu bahwa tikus adalah salah satu hewan yang bisa membuat komponen mobil seperti kabel menjadi putus. Maka dari itu rajinlah untuk selalu membersihkannya supaya mobil tidak ada tikusnya.

Setelah Anda tahu beberapa cara merawat mobil yang jarang dipakai, kini saatnya untuk langsung menerapkannya. Jangan sampai mobil yang jarang Anda gunakan itu rusak ya!.