Home » Info » Cara Merawat Ban Mobil Tubeless Agar Awet dan Performa Tetap Bagus
Info

Cara Merawat Ban Mobil Tubeless Agar Awet dan Performa Tetap Bagus

Cara merawat ban mobil tubeless agar awet dan tidak mudah rusak sebenarnya mudah. Sebaiknya gunakan langkah tepat untuk mempertahankan kualitas ban.

Mobil menjadi alat transportasi yang sering dipilih karena berbagai keuntungan yang didapatkan. Namun agar performanya tetap terjaga, sebagai pemilik mobil perlu melakukan perawatan secara berkala.

Semua komponen memiliki fungsi dan masa pakai yang tidak sama. Dengan merawat dan melakukan pengecekan, membuat Anda bisa mempertahankan performa kendaraan.

Salah satu komponen penting pada mobil yaitu ban. Ban merupakan bagian yang langsung bersentuhan dengan medan jalan. Untuk itu, pengecekan dan pemilihan ban harus tepat.

Ban juga hadir dengan berbagai macam jenis di pasaran. Sehingga Anda dengan mudah bisa memilih sendiri sesuai kebutuhan.

Namun untuk jenis ban yang cukup sering digunakan yaitu tubeless. Ban tubeless dipercaya memiliki performa yang baik jika dibanding dengan tipe lainnya.

Meski demikian, untuk menjaga keawetannya Anda perlu gunakan cara merawat ban mobil tubeless. Dengan perawatan tepat, mampu memperpanjang usia ban itu sendiri.

Jenis ban tubeless memang semakin populer dan banyak pemilik mobil yang memilih menggunakannya. Ada banyak keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari pemakaian ban tubeless.

Salah satunya ban tidak akan mudah kempes meski tertusuk benda tajam. Namun untuk menjaga keawetannya, sebaiknya Anda melakukan perawatan yang tepat.

Ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk tetap menjaga kualitas ban tubeless. Berikut ini tips tepat yang bisa Anda lakukan, antara lain:

Perhatikan Beban Mobil

Cara merawat ban mobil tubeless yang pertama yaitu memperhatikan beban kendaraan itu sendiri. Setiap mobil memiliki kapasitas muatan yang tidak sama.

Baca Juga:  Engsel Pintu Mobil Rusak, Ini Cara Mengatasi dan Faktor Penyebabnya

Sebagai pemilik mobil, sebaiknya mengetahui perkiraan batas maksimum beban muatan. Jika sampai mobil mengangkut beban berlebih, akan mengakibatkan kerusakan pada ban.

Bahkan lebih buruknya kerusakan akan menjalar pada komponen lainnya.

Menjaga Tekanan Angin Ban Tubeless

Saat pengisian angin ban tubeless, Anda tidak bisa sembarangan. Alangkah baiknya Anda mengetahui rekomendasi pengisian yang tepat. Pada umumnya untuk ban depan memiliki kisaran tekanan 30-32 Psi.

Sedangkan untuk bagian belakang pada angka 36-40 Psi. Hal ini menjadi salah satu cara merawat ban mobil tubeless yang cukup penting.

Jangan sampai tekanan ban berlebihan atau berkurang. Jika sampai tekanan berlebih, mengakibatkan ban berpotensi mengalami kerusakan.

Menggunakan Air Nitrogen

Sangat dianjurkan pengisian angin ban tubeless yaitu menggunakan gas nitrogen. Alasan menerapkan hal ini karena mampu mengurangi panas yang dihasilkan saat ban berada dalam kecepatan tinggi.

Bahkan termasuk saat ban Anda gunakan dalam perjalanan yang cukup lama sekalipun. Menggunakan nitrogen akan mencegah potensi kerusakan yang bisa saja terjadi.

Selain itu, cara merawat ban mobil tubeless yang satu ini juga mampu menjaga tekanan daripada menggunakan angin biasa. Sebab, gas nitrogen mampu bertahan lebih lama.

Periksa Seal Pelindung

Cara merawat ban mobil tubeless memang tidak sulit. Cukup perhatikan beberapa hal penting dan Anda bisa mendapatkan ban dengan performa bagus.

Sebaiknya periksa seal pelindung yang ada pada bagian dalam. Seal tersebut berperan untuk mencegah angin keluar. Semakin lama Anda menggunakan ban, maka potensi terjadinya kerusakan pada seal semakin besar.

Jika seal rusak, Anda harus segera mengganti ban tubeless. Sebaiknya cek kondisi ban, jika sudah tidak layak pakai, ada baiknya untuk segera menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga:  Penyebab Knalpot Berkarat yang Harus Anda Tahu dan Tips Mengatasinya

Menghindari Jalan Rusak

Cara selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu dengan menghindari jalanan yang rusak agar ban tubeless bisa lebih awet.

Benturan ban dengan jalan rusak maupun berlubang akan membuat hentakan cukup kuat menghantam ban. Jika hanya satu atau dua kali mungkin tidak masalah.

Namun jika hal ini terjadi terus menerus apalagi dengan muatan yang berlebih, maka dipastikan jika ban tubeless akan mudah rusak. Jika ban rusak atau bermasalah maka dapat mengakibatkan ketidaknyamanan berkendara.

Untuk itu, pastikan Anda bisa melakukan cara merawat ban mobil tubeless dengan tepat untuk menjaga keawetan dan performanya. Meski jenis ban tubeless memiliki banyak keunggulan, tidak ada salahnya jika melakukan perawatan secara tepat.