Home » Gadget » Cara Menyambungkan Apple Watch ke iPhone, Simak Tutorial!
Gadget

Cara Menyambungkan Apple Watch ke iPhone, Simak Tutorial!

Cara menyambungkan Apple Watch ke iPhone merupakan suatu hal yang dapat dilakukan dengan mudah. Seperti yang kita tahu bahwa Apple Watch adalah jam tangan yang memiliki kecanggihan yang cukup sempurna.

Terdapat berbagai fitur menarik yang tersedia di dalamnya. Sehingga akan membuat pengguna tidak sekedar terlihat keren, akan tetapi juga memiliki fungsi dan manfaat yang cukup beragam.

Apple Watch masih berasal dari satu vendor yang sama dengan ponsel iPhone, yakni sama-sama besutan perusahaan raksasa Apple.

Oleh karena itu, Apple Watch dapat pengguna sambungkan dengan ponsel iPhone yang mereka gunakan dengan beberapa langkah mudah.

Cara Menyambungkan Apple Watch ke iPhone Mudah

Seperti yang telah terungkap sebelumnya bahwa Apple Watch hadir dengan menawarkan berbagai fitur canggih yang dapat pengguna nikmati.

Mulai dari fitur kesehatan hingga akses ke media sosial. Kemudian seperti menghubungkan WhatsApp di Apple Watch.

Dengan perangkat ini tentu sangat memudahkan para pengguna dalam bertukar pesan ataupun panggilan telepon.

Cara Menghubungkan Apple Watch ke iPhone

Berikut ini cara praktis untuk menghubungkan Apple Watch ke iPhone yang dapat pengguna terapkan antara lain:

  1. Langkah pertama yang harus pengguna lakukan adalah dengan memasang charger bawaan Apple Watch pada lubang charge yang tersedia dari Apple Watch tersebut.
  2. Selanjutnya hidupkan Apple Watch dengan cara menekan tombol power yang berada di sisi dari Apple Watch.
  3. Tunggu beberapa saat hingga proses booting dari Apple Watch selesai. Pada umumnya proses booting tersebut hanya beberapa detik saja dan Apple Watch akan aktif serta menampilkan opsi untuk memilih bahasa.
  4. Lalu buka perangkat iPhone dan pastikan ponsel tersebut sudah terinstall aplikasi Apple Watch.
  5. Perhatikan apakah sudah ada data perintah untuk menyambungkan atau tidak dengan perangkat iPhone pada Apple Watch.
  6. Saat ada perintah menyambungkan atau menghubungkan Apple Watch ke iPhone, selanjutnya lakukan inisiasi proses pairing, caranya dengan mengarahkan kamera iPhone pada Apple Watch.
  7. Ketika ponsel iPhone berhasil tersambung dengan Apple Watch ini dan saling terintegrasi, pada Apple Watch akan muncul animasi berupa gambar titik-titik. Maka secara otomatis kedua perangkat tersebut sudah bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan.
Baca Juga:  HP Vivo V24 Pro 5G Berbekal MediaTek Dimensity 1200 MT6983

Cara Atasi Apple Watch Tidak Terhubung ke iPhone

Lalu bagaimanakah jika pengguna telah menyambungkan Apple Watch ke perangkat iPhone sesuai dengan cara di atas, tetapi tetap tidak dapat terhubung?

Tidak perlu khawatir, masalah ini dapat pengguna atasi dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Saat Apple Watch dan perangkat iPhone sudah terintegrasi, akan tetapi tidak muncul animasi titik-titik pada Apple Watch, itu pertanda bahwa kedua perangkat tersebut tidak bisa atau gagal terhubung. Meskipun demikian, pengguna tetap bisa menghubungkan kembali dengan cara manual.
  2. Cara manual tersebut dapat pengguna lakukan dengan menekan atau menyentuh menu “i” yang berada pada Apple Watch tersebut.
  3. Selanjutnya akan muncul nama unik dari Apple Watch yang digunakan.
  4. Langkah berikutnya buka kembali iPhone yang digunakan dan buka juga aplikasi Apple Watch yang telah terinstall sebelumnya. Maka akan muncul nama perangkat dari Apple Watch
  5. Klik nama tersebut lalu masukan enam digit angka sebagai kata sandi.
  6. Berikutnya akan muncul kotak terms yang harus pengguna setujui. Setelah itu, buat passcode dengan memasukan empat digit angka yang unik. Pastikan catat passcode tersebut pada buku terlebih dahulu agar tidak lupa.
  7. Langkah selanjutnya pengguna akan diminta untuk memilih apakan Apple Watch akan di kunci oleh ponsel iPhone atau tidak. Agar proses lebih cepat, maka pilih opsi yes.
  8. Setelah semua langkah di atas pengguna terapkan dengan benar, maka antara ponsel iPhone dengan Apple Watch akan melakukan sinkronisasi selama kurang lebih 10 menit. Silahkan tunggu hingga proses tersebut selesai dan  ponsel iPhone dengan Apple Watch sudah terhubung.

Setelah mengikuti cara menyambungkan Apple Watch ke iPhone secara benar di atas, selanjutnya kedua perangkat benar-benar terhubung.

Baca Juga:  Spesifikasi HP Realme Narzo 50 yang Baru Saja Rilis di India

Maka berbagai aplikasi yang terdapat di perangkat iPhone pun akan secara otomatis terhubung ke Apple Watch. Dengan demikian, pengguna dapat mengakses aplikasi tersebut serta melihat notifikasi di Apple Watch.