Home ยป Aplikasi
Aplikasi

Cara Mengubah Lokasi di Android dengan Aplikasi Maps Google

Cara mengubah lokasi di Android dengan bantuan aplikasi. Caranya cukup mudah dan sederhana termasuk Anda pemula.

GPS adalah salah satu fitur yang bisa Anda nikmati ketika menggunakan ponsel Android.

Sebenarnya masih banyak fitur menarik lainnya yang diberikan oleh sistem Android saat ini. GPS adalah alat untuk mencari lokasi ketika Anda bepergian.

Dengan fitur tersebut Anda tidak akan tersesat meski mencari lokasi baru sekalipun. Menariknya lagi, GPS Android juga bisa di share kepada orang lain.

Selain itu, ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan dari fitur GPS. Cara mengubah lokasi di Android pun bisa Anda lakukan. Kemajuan dunia teknologi juga membantu GPS untuk mengembangkan sebuah bisnis usaha.

Anda perlu tahu cara mengubah lokasi jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Apalagi ketika Anda ingin berbagi lokasi tentu dapat dilihat melalui Maps saat mengakses Google Maps Android.

Cara Mengubah Lokasi di Android dengan Maps Google

GPS atau Global Positioning System adalah suatu teknologi yang memungkinkan pengguna Android mengetahui posisi secara akurat. Posisi lokasi yang bisa dilihat tersebut berdasarkan koordinat yang diperoleh melalui satelit.

Ada banyak fungsi dari GPS, mulai dari mengetahui keberadaan orang lain hingga lokasi-lokasi tertentu. Tidak hanya itu saja, GPS juga memiliki berbagai layanan yang bisa pengguna manfaatkan.

Salah satunya yaitu mengubah lokasi yang biasa pebisnis gunakan. Biasanya pihak yang memanfaatkan hal tersebut yaitu seorang pengusaha.

Berikut ini ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengubah lokasi GPS menggunakan aplikasi Google Maps.

Akses Aplikasi Maps Google

Berbagai keuntungan bisa Anda dapatkan dengan menggunakan fitur GPS Android. Salah satunya cara mengubah lokasi di Android melalui Maps Google.

Baca Juga:  Cara Download Lagu di iPhone Melalui Aplikasi Gratis Hingga Berbayar

Aplikasi ini sudah ada di perangkat Android. Aplikasi Maps Google adalah aplikasi bawaan yang bisa pengguna akses secara langsung.

Untuk menggunakannya jangan lupa pastikan ponsel Android memiliki kuota internet dan datanya hidup.

Syarat ini perlu ada untuk bisa menampilkan peta lokasi yang ada dalam aplikasi. Peta maps akan memberikan tampilan lokasi akses Maps Google tersebut.

Cara mengubah lokasi di Android selanjutnya yaitu dengan melihat bagian menu bawah layar Maps Google. Silahkan pilih opsi kontribusi > edit peta untuk melakukan perubahan lokasi.

Anda bisa memilih beberapa menu yang ada. Perubahan lokasi yang Anda lakukan tersebut untuk perbaikan tempat, alamat, nama jalan, dan menambah lokasi. Biasanya pelaku bisnis banyak yang memanfaatkannya.

Menambahkan dan Memperbaiki Tempat

Setelah Anda mengikuti langkah pertama dan kedua, saatnya untuk menambah atau memperbaiki lokasi. Anda bisa pilih opsi tambah atau perbaiki tempat yang berada pada menu edit peta.

Anda bisa pilih ganti nama atau detail lainnya. Cara ini untuk membantu melakukan perubahan termasuk lokasi. Akan muncul peta lokasi yang ingin Anda ubah.

Pilih salah satu lokasi yang akan Anda ubah dan akan muncul beberapa tempat. Mulai dari tempat ibadah, toko, atau tempat lainnya. Anda bisa mencari lokasi mana yang akan diubah lokasinya termasuk informasi lain.

Anda bisa gunakan cara ini untuk mengubah informasi lebih akurat di GPS misalnya lokasi toko atau tempat usaha lainnya.

Lakukan Saran Edit Lokasi

Setelah menentukan lokasi yang akan Anda ubah, sebaiknya segera isi detail tempat tersebut. Caranya yaitu dengan edit nama, pilih kategori tempat, update lokasi di peta, atau ketik alamat secara manual pada kolom lokasi.

Baca Juga:  Aplikasi Antrian Online RSUD Ciamis, Hindari Pasien Antre Berjubel

Anda bisa tambahkan edit jam buka, kontak atau situs web sebagai informasi lengkapnya, sebagai cara mengubah lokasi di Android selanjutnya.

Saran Perubahan Lokasi

Sedangkan untuk langkah terakhir yaitu mengirimkan seluruh saran perubahan yang diisikan pada menu saran edit lokasi. Pilih ikon pojok kanan atas untuk pengisiannya.

Pihak Google sendiri akan melakukan verifikasi untuk berbagai perubahan yang Anda lakukan. Prosesnya cukup cepat jika lokasi sudah benar.

Sayangnya cara mengubah lokasi ini tidak sedikit yang memanfaatkannya untuk penipuan. Karena itu, ada baiknya Anda untuk lebih berhati-hati ketika menggunakan perubahan tersebut.

Namun pihak Google akan memberikan Anda apresiasi jika informasi cara mengubah lokasi di Android benar. Sehingga dapat membantu para pengguna Google Maps lainnya.