Home » Info
Info

Cara Mengubah Bahasa di iPhone dengan Mudah dan Praktis

Cara mengubah bahasa di iPhone bisa kita lakukan dengan sangat mudah. Namun, bagi sebagian pemula atau pertama kali menggunakan iPhone, hal ini cukup menyulitkan.

Pengubahan atau penggantian bahasa ini menjadi hal yang penting. Meskipun terdengar sepele, seringkali menu-menu dalam perangkat iPhone ini menggunakan penulisan khusus.

Alhasil, membuat kita bingung dan tak leluasa menggunakannya. Masalah yang umumnya terjadi, menu-menu bawaan perangkat secara otomatis berubah ke dalam bahasa Chinese. Hal ini tentu saja akan semakin menyulitkan pengguna.

Mudahnya Cara Mengubah Bahasa di iPhone

Sebagai pengguna tentunya kita akan lebih mudah jika menggunakan bahasa Indonesia. Namun tak jarang ada pertanyaan, “apakah semua iPhone bisa menggunakan bahasa Indonesia?”

Tentu saja jawaban dari pertanyaan itu adalah “iya”. Mau apapun versi iPhone tersebut, entah itu iPhone 6, 6S, 6S Plus, hingga iPhone SE 2022 dan seterusnya sudah bisa menggunakan bahasa Indonesia.

Bahkan, iPhone sendiri sudah memiliki kemampuan untuk mendukung lebih dari 38 bahasa. Salah satunya adalah bahasa Indonesia.

Untuk mengubah bahasa pada iPhone ini, bisa melalui menu Pengaturan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kita ikuti.

Langkah-Langkah

  1. Pertama, silakan masuk ke menu “Pengaturan” atau “Settings”. Menu pengaturan ini merupakan ikon yang berbentuk seperti roda mesin.
  2. Setelah itu, pada menu “Pengaturan” atau “Settings” tersebut silakan pilih “Sub Menu General”. Ikon “Submenu General” ini berbentuk sama dengan menu “Pengaturan” yakni roda mesin bergerigi.
  3. Pada “Sub Menu General” tersebut silakan cari pilihan “Language & Region”. Biasanya pilihan ini berada pada urutan keempat setelah pilihan lainnya. Kita bisa mencarinya dari posisi paling bawah dari pilihan menu lainnya.
  4. Cara mengubah bahasa di iPhone selanjutnya yakni dengan masuk ke menu “Language & Region” dan pilih “iPhone Language”. Kita bisa menemukannya pada urutan paling atas dari pilihan menu lainnya.
  5. Berikutnya, pada menu “iPhone Language” tersebut, silakan kita pilih bahasa perangkat yang kita ingin gunakan. Bila kita ingin menggunakan bahasa Indonesia, maka pilihlah bahasa Indonesia, begitu pula sebaliknya. Setelah itu, secara otomatis pilihan bahasa Indonesia tersebut akan terceklis.
  6. Langkah selanjutnya, silakan pilih “Done” yang bisa kita lihat pada pojok kanan atas pada menu “iPhone Language”.
  7. Kemudian, setujui perubahan bahasa yang telah kita pilih dengan memilih pilihan paling atas yang akan keluar “change to Indonesia”.
  8. Bila langkah tersebut sudah selesai, maka iPhone tersebut akan restart secara otomatis dan mengatur bahasa yang sudah kita pilih. Cara mengubah bahasa di iPhone pun selesai.
Baca Juga:  Cara Leasing Mobil Termudah yang Aman, Ikuti Tutorialnya Berikut Ini!

Cara Mengubah Bahasa Keyboard di iPhone

Tak hanya mengubah bahasa pada menunya saja, akan tetapi bisa juga pada keyboard-nya. Namun, untuk mengganti bahasa pada keyboard ini, tidak semua bahasa tersedia secara default.

Maka dari itulah, mau tidak mau kita harus mengunduhnya terlebih dahulu. Tenang saja, untuk menambahkan bahasa baru ke keyboard caranya sangatlah mudah. Kita bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama, kita buka menu “Settings” atau “Pengaturan” terlebih dahulu
  2. Setelah itu, pilihlah menu “General”
  3. Dalam menu “General” tersebut akan tersedia berbagai pilihan menu, silakan cari “Keyboard”
  4. Langkah selanjutnya, pilih “Add Keyboard”
  5. Silakan pilih bahasa sesuai keinginan kita dari daftar yang sudah ditampilkan
  6. Bahasa itu pun sudah ditambahkan ke daftar keyboard
  7. Namun, bila ingin menghapus bahasa tersebut sewaktu-waktu, kita bisa memiliki symbol minus atau yang terletak pada sebelah bahasa yang ingin kita hapus
  8. Setelah berhasil menambahkan bahasa ke keyboard, lanjut ke langkah selanjutnya. Silakan tampilkan keyboard melalui pesan teks apapun itu
  9. Kemudian, tekan dan tahan symbol globe yang bisa kita lihat di kiri bawah. Tekan kurang lebih lima detik
  10. Dari daftar yang muncul, silakan pilih keyboard yang ingin kita gunakan dan selesai. Kini kita bisa menggunakan keyboard dengan bahasa yang kita inginkan.

Cara mengubah bahasa di iPhone baik itu pada menu maupun keyboard sangatlah mudah bukan? Ada baiknya, kita menggantinya dengan bahasa yang paling kita kuasai. Pasalnya, hal ini akan semakin memudahkan dan melancarkan kita dalam beraktivitas dengan iPhone tersebut.