Home » Info
Info

Cara Mengosongkan Google Drive di Android Penuh dan Penyebabnya

Cara mengosongkan Google Drive di Android hampir sama seperti di komputer. Anda cukup ikuti langkahnya secara urut.

Google Drive adalah salah satu yang Google kembangkan dan memiliki fungsi cukup penting.

Google Drive berfungsi sebagai ruang penyimpanan untuk berbagai file atau dokumen. Mulai dari foto, video, dan file-file lainnya.

Bagi pengguna Gmail khususnya, akses Google Drive secara otomatis sudah tersedia dengan kapasitas penyimpanan maksimal sebesar 15GB. Namun ketika kapasitas tersebut sudah digunakan mengakibatkan file tidak dapat tersimpan.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu mengosongkan Google Drive di Android. Dengan cara ini Anda bisa menyimpan kembali file maupun dokumen di Android.

Agar lebih mudah mengatasinya, ada banyak faktor penyebab yang mengakibatkan Google Drive penuh. Sebagai pemilik smartphone Android tidak ada salahnya untuk mencoba mengatasi ketika Google Drive penuh.

Cara Mengosongkan Google Drive di Android yang Penuh

Penggunaan ponsel Android kini sudah semakin banyak. Berbagai hal dapat dilakukan dengan smartphone Android dan bisa tersimpan di Google Drive.

Apalagi banyak pemilik smartphone yang menyimpan foto, video, hingga dokumen penting lainnya di Android. Semakin banyak penyimpanan yang Anda lakukan ruang tersebut juga mulai habis.

Sehingga tidak dapat menyimpan lagi. Jika Anda ingin mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih besar pastinya harus melakukan sejumlah biaya pembayaran.

Selain itu, dengan menghapus atau mengosongkannya juga membantu Anda dapat menyimpan file kembali. Bagi Anda yang belum tahu cara menghapus file di Google Drive berikut ini langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Langkah awal sebelum melakukan cara mengosongkan Google Drive di Android yaitu download dan install Google Drive terlebih dulu
  2. Selanjutnya Anda bisa membuka aplikasi Google Drive di Android
  3. Silahkan klik file yang akan Anda hapus
  4. Jika sudah, langkah selanjutnya klik ikon tong sampah atau trash untuk menghapus file
  5. Klik ikon menu yang berada pada bagian pojok kiri atas > pilih Bin
  6. Setelah itu, Anda bisa klik ikon delete forever untuk menghapus file secara permanen
  7. Untuk menghapus atau mengosongkan Google Drive, silahkan mengulangi cara tersebut hingga semua file di dalamnya berhasil terhapus.
Baca Juga:  Cara Menata Kamar Mandi Ukuran Kecil Agar Tampil Menarik dan Luas

Penyebab Google Drive Penuh

Sebenarnya Google Drive berfungsi sebagai ruang penyimpanan. Bagi pengguna Android tetap bisa menggunakannya dengan kapasitas kurang dari 15 GB.

Setelah ruang penyimpanan penuh, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai dari menambah ruang penyimpanan dengan biaya tambahan. Selain itu, menghapus ruang penyimpanan Google Drive juga bisa Anda lakukan.

Bahkan mengosongkan ruang penyimpanan dengan menghapus semua file dan dokumen di dalamnya. Google Drive yang penuh juga bisa dikarenakan berbagai hal.

Adapun penyebab yang seringkali membuat Google Drive penuh yaitu:

  • Meski file Google Drive tidak banyak, bisa jadi ada beberapa file khusus yang memiliki ukuran besar. Sehingga akan menghabiskan storage
  • Selain itu, penyebab lain juga bisa karena terlalu banyak menyimpan file melebihi kapasitas bawaan
  • Penyebab lain juga bisa karena lampiran pada e-mail yang terlalu besar.
  • Dari sekian banyaknya file yang ada penyebab Google Drive penuh tidak hanya dari penyimpanan yang ada di Android. Namun ada beberapa penyebab lain yang mengakibatkan ruang Google Drive penuh.

Mengatasi Google Drive Limit

Selain menggunakan cara mengosongkan Google Drive di Android ada cara lain. Anda bisa mengatasi Google Drive limit dengan memilih opsi-opsi berikut ini. 

Upgrade Storage

Ada cara lain agar Google Drive limit bisa teratasi yaitu dengan upgrade storage. Anda bisa menambah kapasitas menjadi 100 GB, 1 TB secara berbayar.

Kapasitas bawaan Google Drive hanya 15 GB sehingga bisa menambahnya agar file atau dokumen bisa kembali tersimpan. Apalagi jika ingin menghapus file sebelumnya disarankan untuk melakukan upgrade terlebih dulu.

Harga pembelian storage bervariasi mulai dari Rp 26 ribu hingga Rp 135 ribu per bulan.

Baca Juga:  Cara Memilih Velg Mobil Bekas yang Benar, Simak Infonya!

Hapus Data yang Tidak Penting

Selain cara yang pertama Anda pun juga bisa melakukan cara membuat Google Drive menyimpan lebih banyak file. Anda bisa melakukan sortir data dan hapus file yang tidak digunakan.

Unduh file dan pindahkan ke storage lain. Dengan menghapus data yang tidak penting, membuat ruang penyimpanan Google Drive lebih lega.

Anda tidak perlu menggunakan cara mengosongkan Google Drive di Android, karena ruang dapat tersedia kembali.