Home ยป Info
Info

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Paling Tepat, Ini Rumusnya!

Cara menghitung berat badan ideal yang tepat bisa membantu siapa saja yang ingin menurunkan atau menaikkan berat badan. Berat badan yang ideal merupakan berat badan yang dianggap paling pas dan menyehatkan serta mengacu pada tinggi badan seseorang.

Selain itu, memiliki berat badan ideal bukanlah tentang standar bentuk tubuh. Melainkan berhubungan dengan kondisi tubuh sehat.

Mengingat obesitas cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh. Banyak orang berlomba-lomba mewujudkan berat badan impiannya.

Inilah Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus

Cara termudahnya untuk menentukan berat badan ideal menggunakan rumus yang ditemukan seorang dokter bedah Prancis Pierre Paul Broca.

Semua mengacu pada berat badan normal dengan menghitung tinggi badan, kemudian menguranginya dengan angka 100. Hanya saja cara ini tidak mempertimbangkan perbedaan jenis kelamin.

Penerapannya hanya bisa Anda lakukan untuk berat badan di bawah 165 cm.

Mengetahui berat badan ideal dapat Anda lakukan dengan rumus Broca. Salah satu rumus dari Paul Broca ini mengacu pada penghitungan berat ideal berdasarkan perempuan maupun laki-laki.

Mengapa demikian? Laki-laki dan perempuan memiliki komposisi lemak tubuh yang berbeda. Sehingga cara menghitung berat badan ideal juga berbeda.

Untuk mengetahui cara penghitungannya maka cara paling tepat adalah sebagai berikut.

Pertama menghitung berat badan laki-laki dengan rumus berat badan ideal yaitu [tinggi badan -100]-[tinggi badan-100) x 10%].

Kedua menghitung berat badan perempuan adalah berat badan ideal yaitu [tinggi badan-100]-[x 15%].

Misalkan laki-laki memiliki tinggi badan dalam centimeter adalah 170. Dengan rumus menghitungnya adalah -[x 10%].

Sehingga keluar penghitungan 70 kurangi 7 adalah 63. Berarti hasil penghitungan berat ideal laki-laki tersebut adalah 63 kilogram.

Sementara mengetahui berat badan ideal perempuan sebagai contoh tinggi badan 158 sentimeter. Cara menghitungnya yaitu -[ x 15%).

Baca Juga:  Cara Menghindari Toxic Productivity

Penghitungannya 58 kurangi 8,7 jumlahnya adalah 49,3 kilogram. Maka hasil dari penghitungan berat badan ideal perempuan adalah 49,3 kilogram.

Menghitung dengan Rumus Body Mass Index

Indeks Massa Tubuh ini adalah cara menentukan berat ideal dewasa dari penggabungan tinggi badan dan berat badan. Namun penghitungan ini dapat Anda lakukan jika seseorang mencapai usia 20 tahunan.

Rumusnya adalah berat badan dibagi tinggi badan. Misalkan berat badan Anda 53 kilogram, lalu untuk tinggi badan 1.60 meter.

Maka tinggi badan Anda kalikan dalam kuadrat, yakni 1.60 meter kuadrat=2.56. Cara menghitungnya adalah 53:2.56=20.7. Nilai BMI adalah 20.7.

Hal yang menjadi dasar adalah BMI normal apabila hasilnya antara 18.5 hingga 25. Jika berada di bawah angka 17, maka masuk kategori berat badan Anda kurang.

Jika angkanya antara 25 hingga 29.9 maka berat badan tersebut berlebih atau overweight. Begitu juga untuk usia lebih dari 30, maka hasilnya kelebihan berat badan atau obesitas.

Cara menghitung berat badan ideal tersebut cukup akurat dan dapat membantu seseorang mengetahui kondisi tubuh saat ini.