Home ยป Info
Info

Cara Menghilangkan Rasa Lelah Setelah Mudik, Tubuh Kembali Bugar!

Cara menghilangkan rasa lelah terutama bagi Anda yang baru saja mudik lebaran penting untuk diperhatikan. Saat melakukan perjalanan panjang mudik lebaran, seseorang biasanya akan mengalami pegal-pegal dan rasa lelah.

Apalagi jika mudik dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi dan terjebak kepadatan lalu lintas selama perjalanan.

Namun tak perlu khawatir, terdapat beberapa tips sederhana untuk bisa meredakan rasa pegal-pegal dan lelah dari perjalanan panjang mudik Anda.

Cara Menghilangkan Rasa Lelah Setelah Mudik Lebaran

Berikut ini beberapa tips sederhana menghilangkan rasa pegal setelah mudik lebaran antara lain:

Berendam dengan Air Hangat

Tips sederhana pertama yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan rasa pegal-pegal setelah melakukan mudik lebaran adalah dengan berendam menggunakan air hangat.

Cara ini dapat membantu menghilangkan atau mengurangi rasa lelah, tegang, kaku, serta nyeri yang terjadi pada bagian tubuh.

Namun perlu Anda ingat bahwa berendam air hangat tidak perlu Anda lakukan dalam waktu yang lama.

Air hangat yang meresap ke dalam kulit dapat membuat peredaran darah kembali lebih lancar. Selain itu, cara ini juga ampuh untuk mengurangi ketegangan serta tekanan pada otot.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Cara menghilangkan rasa lelah setelah mudik lebaran selanjutnya adalah dengan banyak mengonsumsi air putih.

Asupan air putih yang cukup dapat menutrisi otot serta dapat mencegah pegal-pegal yang terjadi pada tubuh.

Selain air putih, Anda juga dapat memenuhi kebutuhan cairan dengan mengkonsumsi buah atau sayuran.

Dengan minum banyak air putih dapat mempengaruhi suasana hati, fungsi otak, serta tingkat energi pada tubuh. Apabila konsumsi air putih kurang, maka tubuh akan merasa lebih cepat lelah.

Istirahat yang Cukup

Cara yang lebih baik untuk menghilangkan rasa lelah adalah dengan beristirahat yang cukup. Mungkin sebagian besar orang akan merasa sulit untuk tidur nyenyak selama dalam perjalanan panjang mudik lebaran.

Baca Juga:  GERD dan Maag Bisa Disembuhkan, Ini Caranya Kata Prof Ari Fahrial Syam

Bagaimanapun juga, tidur dengan posisi duduk tentu akan membuat beberapa bagian tubuh menjadi terasa pegal.

Oleh karena itu, sesampai di rumah, usahakan untuk dapat beristirahat yang cukup dengan tidur selama 6 hingga 8 jam pada malam hari. Agar keesokan harinya Anda dapat bangun dengan energi yang baru.

Latihan Relaksasi

Selain lelah fisik, stress selama perjalanan mudik juga dapat menjadi pemicu pegal-pegal pada tubuh. Cara untuk menghilangkan rasa lelah tersebut, Anda dapat mencoba melakukan latihan relaksasi.

Lakukan latihan dengan dengan cara menarik nafas dari hidung secara perlahan. Selanjutnya, keluarkan melalui mulut secara perlahan pula.

Dengan melakukan relaksasi ringan dapat membuat pikiran serta perasaan menjadi lebih tenang, pernapasan lebih lancar, juga membuat otot yang tegang menjadi lebih rileks kembali.

Cara menghilangkan rasa lelah setelah melakukan mudik lebaran lainnya adalah dengan melakukan terapi atau pijat. Dengan terapi atau pijatan dapat membantu melemaskan otot-otot yang kaku, melancarkan peredaran darah, dan mengurangi stress.