Home » Info » Cara Menggunakan Sound Card di Android Suara Dijamin Jernih
Info

Cara Menggunakan Sound Card di Android Suara Dijamin Jernih

Cara menggunakan sound card di Android dengan langkah sederhana. Pastikan Anda tahu bagaimana teknik yang tepat untuk menyambungkannya.

Sound card adalah perangkat keras yang mengelola data berbasis audio. perangkat yang satu ini menjadi kebutuhan penting yang harus dimiliki oleh sebagian kalangan.

Apalagi bagi mereka yang sering membuat konten baik dengan suara, home studio, maupun cover lagu. Kemajuan dunia teknologi ini membuat banyak hal berubah cepat.

Seperti halnya adanya sound card USB yang dapat membantu pengguna Android. Tidak hanya pada perangkat komputer saja.

Lantas bagaimana cara menggunakan sound card di Android? Mari simak ulasan selengkapnya. Dengan mengetahui cara ini Anda akan terbantu dengan mudah.

Begini Cara Menggunakan Sound Card di Android

Penggunaan ponsel Android kini sudah semakin banyak dipilih oleh masyarakat. Selain digunakan sebagai alat komunikasi, perangkat Android juga hadir dengan berbagai fitur menarik.

Penggunaan ponsel Android dimanfaatkan untuk berbagai hal. Mulai untuk urusan pekerjaan, pendidikan hingga pembuatan konten di berbagai media sosial.

USB on the go atau OTG adalah salah satu fitur penting yang dipilih oleh pengguna Android. Setiap perangkat Android memiliki fitur tersebut.

OTG ini memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah membaca flashdisk, ngeprint, melihat USB webcam, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, fitur OTG juga tidak menutup kemungkinan bagi pengguna Android untuk melakukan rekaman video. Bahkan dari sumber external seperti mic clip on atau mixer melalui USB sound card. Adapun cara menggunakannya di Android yaitu:

Baca Juga:  Cara Beli Saham IPO Go To dengan 4 Tahapan Mudah

Siapkan OTG dan USB Sound Card

OTG memiliki banyak fungsi yang bisa membantu memudahkan penggunanya termasuk untuk Android. Seperti yang sudah dikatakan dari awal jika untuk menggunakan sound card siapkan OTG terlebih dulu.

Selanjutnya Anda bisa siapkan soundcard untuk dapat menghubungkan perangkat tambahan yang lainnya.

Dengan mempersiapkan perangkat tersebut, cara menggunakan sound card di Android akan jauh lebih mudah. Anda bisa ikuti cara selanjutnya.

Sambungkan OTG ke Android

Setelah mengikuti cara menggunakan sound card di Android yang pertama, silahkan sambungkan OTG ke Android.

Silahkan sambungkan agar OTG bisa berfungsi sebagai penyambung USB sound card nantinya.

Colokkan USB Sound card

Pemasangan sound card di Android sebenarnya cukup mudah. Anda cukup ikuti langkah-langkahnya mulai dari yang pertama.

Anda bisa colokkan USB sound card yang sudah disiapkan sebelumnya.

Perangkat ini berperan untuk menyambungkan dengan perangkat pendukung lainnya. Setelah siap dan tertancap hubungkan antara OTG dengan USB sound card di Android.

Sebelumnya pastikan dulu jika perangkat USB soundcard terbaca pada perangkat Android. Ada dua port yang ada pada USB soundcard berfungsi untuk menyambungkan perangkat lain dalam perekaman audio.

Menghubungkan Microphone dan Speaker pada Port USB

Port yang ada pada perangkat sound card berfungsi untuk menyambungkan microphone dengan speaker. Microphone berfungsi untuk merekam suara.

Sedangkan mixer audio sebaiknya ditancapkan pada port microphone tersebut. Sambungkan kabel speaker pada port USB satunya untuk mendengarkan hasilnya.

Hindari penggunaan kabel jack 3,5 mm. Hal ini karena perangkat yang aktif hanya microphone dan speaker sound card.

Menggunakan kabel jack pada USB melalui Android justru membuat suara tidak muncul.

Proses Perekaman

Cara menggunakan sound card di Android selanjutnya yaitu proses perekaman pada aplikasi rekam suara. Pastikan sebelum melakukan cara ini Android sudah memiliki aplikasi perekam suara.

Baca Juga:  Kemoterapi, Mengobati Penyakit Kanker dengan Cara Memberantas Sel-Sel Kanker

Anda bisa memilih aplikasi tersebut dengan kualitas yang bagus.Tidak hanya dalam bentuk audio saja, namun sound card juga bisa Anda gunakan untuk merekam dalam bentuk video.

Adapun aplikasi rekam suara antara lain Wave Editor, Lexis Audio Editor, Viva Video, dan masih banyak yang lainnya.

Dengarkan Hasil Rekaman Audio

Sebaiknya dalam proses perekaman Anda juga sambil mendengarkan. Meski demikian, mendengarkan setelah perekaman selesai juga jauh lebih efektif.

Anda bisa mendengarkan hasil rekaman dengan menghubungkan ke speaker maupun headset. Hasil rekaman terdengar tidak tumpang tindih.

Kualitas suaranya bagus karena diolah langsung oleh sound card. Hanya saja untuk kejernihan suaranya semua tergantung pada alat pendukung atau sound card itu sendiri.

Dengan memakai cara menggunakan sound card di Android secara urut dan tepat, akan membantu proses lebih mudah.

Sebaiknya persiapkan perangkat dan aplikasi rekam suara terlebih dulu. Setelah itu, bisa ikuti langkahnya secara rinci.