Home ยป Info
Info

Cara Mengatasi Kabel Koil Motor Bocor Sesuai Faktor Penyebabnya

Cara mengatasi kabel koil motor bocor bisa dilakukan sesuai penyebabnya. Dengan begitu cara yang dilakukan akan memberikan hasil terbaik.

Semua kendaraan terdiri dari berbagai komponen penting di dalamnya.

Selain itu, cara untuk perawatan dan masa penggantian pun tidak sama. Melakukan perawatan pada semua kendaraan tentu memiliki peran yang cukup penting.

Salah satunya untuk membuat performa kendaraan tetap dalam kondisi baik-baik saja. Seperti halnya koil sepeda motor.

Bagi pecinta dunia otomotif tentu sudah mengenal tentang komponen tersebut.

Namun bagi Anda yang belum memahaminya, tidak ada salahnya jika tahu definisi dan kerusakan yang bisa terjadi. Seperti cara perawatan yang tidak sama pada semua komponen, masalah yang timbul pun juga berbeda.

Koil sepeda motor memiliki peran yang cukup penting. Cara mengatasinya juga tidak bisa sembarangan. Cara mengatasi kabel koil motor bocor misalnya.

Masalah ini bisa terjadi kapan dan di mana saja. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahuinya agar jika terjadi masalah tersebut bisa segera untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Kabel Koil Motor Bocor yang Tepat

Koil menjadi salah satu komponen yang cukup penting. Ada baiknya jika Anda melakukan perawatan dan pengecekan secara berkala. Hal ini agar tidak terjadi masalah pada komponen tersebut.

Sebenarnya koil motor bisa menimbulkan banyak masalah. Salah satunya adalah koil bocor.

Jika sudah terjadi kebocoran, sebaiknya segera untuk mengatasinya. Masalah yang terjadi pun bisa karena berbagai faktor.

Ada baiknya sebelum mengatasi masalah pada koil, Anda tahu dulu apa faktor penyebab yang bisa mengakibatkan masalah muncul. Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi koil motor rusak sesuai penyebabnya.

Kebocoran Listrik

Ada banyak masalah yang bisa terjadi pada komponen koil motor. Cara mengatasi kabel koil motor bocor pun juga bisa dengan mengetahui penyebabnya terlebih dulu.

Baca Juga:  6 Tips Berburu Rumah Impian Buat Generasi Z, Nomor 2 dan 5 Penting Banget

Misalnya kebocoran listrik yang terjadi. Anda bisa mengatasinya dengan mencari tahu letak kebocoran tersebut.

Jika sudah, barulah melakukan penambalan menggunakan material yang tepat.

Anda bisa gunakan lem besi untuk mengatasi kebocoran pada koil. Sehingga kerusakan tidak semakin parah.

Namun jika koil sudah rusak parah, pastinya Anda perlu menggantinya dengan komponen baru.

Tidak Keluar Api dari Busi

Ada penyebab lain mengapa koil mengalami kerusakan. Bisa karena tidak keluar api dari busi.

Untuk itu, Anda perlu tahu bagaimana cara mengatasi kabel koil motor bocor dan masalah lainnya.

Jika tidak keluar api pada busi sebaiknya segera ganti komponen baru. Hal ini karena koil sudah tidak utuh.

Performa koil pun juga tidak dapat bekerja optimal. Meski koil sudah Anda perbaiki tetap saja masalah tersebut tidak dapat teratasi.

Rusak Karena Kepanasan

Memiliki motor dengan performa tangguh adalah pilihan semua orang. Cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan melakukan pengecekan pada semua komponen.

Bahkan dengan perawatan rutin motor akan terhindar dari berbagai masalah.

Salah satu masalah yang bisa Anda temukan yaitu koil bocor. Penyebab koil rusak pun cukup bervariasi.

Bisa jadi koil rusak karena kepanasan. Untuk dapat mengatasinya Anda bisa mengompres koil dengan lap basah. Cara ini menjadi alternatif untuk mengatasi kondisi tersebut.

Namun selebihnya Anda harus bisa mencari sumber timbulnya panas yang membuat tekanan menjadi lebih tinggi. Ada baiknya untuk menggunakan cara mengatasi kabel koil motor bocor sesuai penyebabnya.

Cara Mengatasi Koil Melemah

Setelah Anda tahu cara mengatasi kabel koil motor bocor, sebaiknya mengetahui juga bagaimana mengatasi koil lemah. Koil yang sudah mulai lemah biasanya ditandai dengan motor mogok atau mati saat kondisi mesin panas.

Baca Juga:  Kenali Ciri-Ciri Alergi Makanan dan Cara Mengobatinya

Jika hal ini terjadi sudah pasti akan merepotkan. Ketika koil sudah lemah segera untuk mengatasinya. Anda bisa menjaga suhu koil agar kondisinya tetap dingin.

Anda bisa basahi kain dengan air bersih, kemudian tempelkan ke bagian koil. Selain itu, ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi koil lemah yaitu dengan menjaga jarak renggang busi.

Tidak hanya itu saja, merapatkan celah kepala busi juga bisa Anda lakukan. Cara ini bertujuan agar menghasilkan arus listrik lebih kuat. Cara mengatasi kabel koil motor bocor bisa Anda lakukan sesuai dengan penyebabnya.