Home » Info » Cara Mengatasi Busi Motor Cepat Hitam Paling Praktis, Simak!
Info

Cara Mengatasi Busi Motor Cepat Hitam Paling Praktis, Simak!

Cara mengatasi busi motor cepat hitam cukup mudah dan bisa langsung Anda lakukan. Namun untuk pemula mungkin ini adalah hal yang sulit.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa busi sendiri menjadi salah satu komponen penting pada bagian kelistrikan.

Namun sayangnya ada banyak pengguna kendaraan termasuk sepeda motor yang kesal apabila busi mereka sudah menghitam.

Karena apabila busi sudah mulai menghitam, maka bisa menimbulkan masalah. Maka dari itu, pemilik kendaraan harus segera mengatasinya.

Cara Mengatasi Busi Motor Cepat Hitam dan Ketahui Apa Penyebabnya

Perlu Anda ingat juga, bahwa keadaan atau warna pada bagian ujung busi adalah indikator dari proses pembakaran pada mesinnya.

Maka dari itu, terjadinya warna hitam pada busi ini juga sangat besar lengan berkuasa pada bagian bahan bakar yang dikeluarkan.

Salah satu penyebab mengapa busi bisa cepat menghitam adalah karena campuran bensin yang terlalu boros.

Selanjutnya apabila adonan bensin juga terlalu ekonomis, maka warna busi juga akan berwarna putih debu dan bisa timbul kerak.

Apalagi komposisinya juga lebih banyak, maka bisa terjadinya boros sehingga akan membuat busi menjadi cepat menghitam.

Sementara itu bensin yang boros juga bisa terjadi karena keadaan unsur lain, misalnya seperti filter udara yang sangat kotor.

Permasalahan busi yang berubah warna jadi hitam ini juga bisa ditandai dengan bunyi yang meletup-letup dan tidak lamsam. Apabila kendaraan kesayangan Anda sudah seperti itu, mau tidak mau harus segera menanganinya dengan langkah tepat.

Membersihkan Filter Udara

Cara mengatasi busi motor cepat hitam untuk langkah yang pertama adalah dengan membersihkan bagian filter udara dahulu.

Baca Juga:  5 Cara Mengolah Daging Kurban Agar Empuk dan Tidak Berbau, Baca Nomor 3

Biasanya kendaraan bermotor yang menggunakan filter udara jenis basah, maka untuk proses membersihkannya sedikit susah.

Namun jangan khawatir, sebab hal ini akan terasa mudah apabila Anda sudah paham dan mengetahuinya. Jadi, untuk langkah pertama buka box filter yang tersembunyi pada motor, baik matic atau belibis.

Jika sudah, kemudian langsung ambil saja filter udara dari dalam box, lalu cek bagaimana keadan dari filter udara motor itu.

Nah, rongga pada filter lembab memiliki ukuran lebih besar daripada filter kering dan akan menggumpal jika jarang Anda bersihkan.

Sehingga Anda bisa membersihkan filter dengan cara mengetuk ke lantai secara hati-hati untuk mengeluarkan abu pada sela-sela filter.

Jika sudah berhasil, kemudian Anda tinggal menyikat filter tersebut secara perlahan dan menyeluruh.

Mengatur Sekrup Udara pada Bagian Karburator

Cara mengatasi busi motor cepat hitam untuk langkah selanjutnya adalah dengan mengatur sekrup udara bagian karburator. Pasalnya pada karburator ini ada dua sekrup yang bisa Anda atur, yakni sekrup idle speed dan sekrup suplai udara.

Pertama-tama Anda bisa menyiapkan obeng dengan ujung yang tidak terlalu kecil, lalu hidupkan kendaraan dengan kecepatan idle. Putar sekrup idle speed searah jarum jam sampai RPM mesin menjadi meningkat.

Langkah berikutnya adalah dengan memutar sekrup udara ke bagian kanan sampai bunyi brebetnya hilang.

Apabila sekrup udara telah mentok, maka Anda bisa langsung memutar sekrup idle speed ke kiri hingga RPM mesin sedikit brebet.

Buka sekrup udara secara perlahan dan RPM mesin akan langsung meningkat. Nantinya pengaturan udara sudah sesuai dan tinggal atur aja sekrup idle guna menurunkan RPM mesin sesuai keinginan. terakhir putar sekrup idel ke arah kiri.

Baca Juga:  Cara Menyimpan Video CCTV ke HP dengan Mudah, Anti Ribet!

Lakukan Overhaul Karburator

Jika cara mengatasi busi motor cepat hitam dengan tips-tips seperti tadi tapi belum bisa mengatasi karburator yang menghitam, maka jangan panik. Sebelumnya, pada bagian karburator memang ada satu unsur yang bernama pilot jet.

Nah, komponen yang satu ini memang sangat besar lengan berkuasa guna mengalihkan bensin dari ruang pelampung ke intake. Biasanya para teknisi akan memodifikasi ukuran pilot jet itu untuk memajukan performa mesin.

Jika pilot jet ganti dengan berdiameter yang besar, maka suplai bensin juga akan semakin banyak dan performa menjadi meningkat. Akan tetapi tampaknya cara seperti ini juga memiliki risiko pada busi, jika busi yang akan Anda gunakan tidak mendukung.

Sebab, busi yang cepat menghitam terjadi karena pengapian kurang sempurna. Apabila akan menggunakan setelan itu, maka gunakan busi racing supaya busi tidak cepat menghitam.

Sebenarnya cara mengatasi busi motor cepat hitam ini sangat mudah, namun jika Anda belum mampu maka jangan khawatir. Sebab Anda bisa meminta bantuan dari tenaga teknisi profesional saja.