Gadget

Cara Mengaktifkan Assistive Touch di iPhone Paling Praktis

Cara mengaktifkan assistive touch di iPhone benar-benar menjadi langkah yang memudahkan pengguna. Karena masih banyak pengguna yang belum dapat mengoperasikan perangkat dengan lancar.

Begitu banyak fitur yang melekat pada iPhone, hal ini membuat pengguna sering kebingungan untuk mengoperasikannya. 

Salah satunya adalah assistive touch. Assistive touch sendiri merupakan sebuah fitur navigasi untuk pintasan berupa tombol yang berada di layar.

Dalam assistive touch ini terdapat menu menuju pengaturan tertentu dalam iPhone. Sehingga bagi pengguna yang mengalami masalah pada tombol fisik, maka dengan mengaktifkannya merupakan pilihan yang tepat. 

Ikuti Cara Mengaktifkan Assistive Touch di iPhone

Fungsi utama dari assistive touch ini adalah memberikan kemudahan pada para pengguna dalam mengoperasikan iPhone mereka seperti menunjukkan tombol home pada iPhone.

Sehingga dengan fitur ini, pengguna secara cepat mampu mengatur pengaturan iPhone. Dalam fitur ini terdapat aksesoris fitur yang lengkap seperti Screenshot, Home screen, mute, lock screen, Gestures, dan lainnya. 

Dengan begitu pentingnya fitur ini, sehingga terdapat dalam iPhone, maka Anda perlu mengetahui cara mengaktifkannya. Sehingga dapat mengoperasikan iPhone dengan lancar.

Pertama adalah membuka ikon setting lalu general. Setelah itu gulir ke bagian bawah sehingga dapat menemukan menu Accessibility. Selanjutnya adalah memilih assistive Touch. 

Kemudian langkah selanjutnya adalah melakukan slide atau menggeser untuk mengaktifkan. Setelah ini, akan muncul sebuah kotak kecil yang terdapat lingkaran pada tengah layar bernama assistive Touch sebagai pengganti tombol home fisik.

Selain menjadi pengganti tombol home, terdapat banyak kegunaan dari fitur ini.  Seperti Voice Control, Device: Lock Screen,  Mute, Rotate Screen, Volume Up/Down, Multitasking, Screenshot,  Gestures, dan Shake.

Aktifkan Assistive Touch dengan Asisten Virtual Siri

Selain itu, dalam cara mengaktifkan assistive touch di iPhone tersebut dapat Anda coba dengan menggunakan cara seperti asisten virtual Siri.

Baca Juga:  Cara Membuka Kunci iPhone Tanpa Komputer, Simak Trik Mudahnya!

Pertama, Anda buka fitur Siri lalu ucapkan Turn on assistive touch.  Lakukan dengan suara yang jelas dan pengucapan yang benar. 

Selanjutnya accessibility shortcut akan aktif. Kemudian Anda bisa mengaktifkan ataupun menonaktifkan fitur tersebut dengan metode menekan tombol fisik yang berada di samping sebanyak 3 kali tidak lebih.

Langkah itulah yang dapat dilakukan pada perangkat iPhone. 

Sementara untuk perangkat lama yang masih ada tombol homenya, maka para pengguna dapat mengaktifkannya dengan menekan tombol home tersebut sama seperti semula dengan jumlah tiga kali.

Ketika fitur ini aktif, maka akan muncul tombol melayang pada layar yang bisa Anda sesuaikan atau geser kanan dan kiri sesuka hati. 

Cara mengaktifkan assistive touch di iPhone saat mengetuk tombol tersebut tentunya akan muncul beberapa menu pilihan seperti tombol home.

Bagi Anda pengguna iPhone 6s plus, maka pengguna dapat dengan mudah memakai fitur 3D touch yang berada dalam fitur tersebut. 

Ketika Anda telah mengaktifkan assistive touch dengan sukses, maka pengguna dapat mengubah serta memilih fitur maupun pengaturan apa saja yang ingin ditampilkan pada tombol tersebut. 

Caranya cukup mudah. Pertama adalah membuka setting, kemudian pilih accessibility dan touch. 

Setelah itu, ketuk pada bagian aktifkan Assistive Touch. Tekan kembali pada bagian customize Top Level Menu.

Jika pengguna sampai tahap ini, maka tinggal menambahkan atau menghapus ikon menu. Klik ketuk untuk menghapus dan + untuk menambahkan. 

Cara mengaktifkan assistive touch di iPhone dengan langkah mengetuk tombol + sehingga ada slot menu baru. Klik slot itu dan akan muncul daftar menu fitur maupun pengaturan yang dapat Anda tambahkan.

Misalkan menambahkan fitur Lock Screen pada tombol assistive touch. Apabila ada yang ingin mengembalikan pengaturan assistive touch seperti di awal, klik tombol reset. 

Baca Juga:  HP Realme V23 5G Muncul di TENAA dan 3C, Simak Bocorannya!

Dengan mengikuti beberapa langkah tersebut maka pengguna dapat mengoperasikannya secara mudah. Memang dalam mengoperasikan perangkat menggunakan fitur assistive touch membutuhkan beberapa langkah.

Namun Anda tidak perlu takut tombol home akan rusak. Ikuti cara mengaktifkan assistive touch di iPhone secara benar dan tanpa ada yang terlewat, maka pengguna dengan mudah dapat memanfaatkan fitur terbaik Apple tersebut.