Home ยป Info
Info

Cara Menarik Gas Motor yang Benar Saat Berada di Jalan Raya

Menarik gas motor yang benar menjadi salah satu hal yang harus diketahui oleh para pengendara. Bahkan jika Anda kurang mampu menguasainya mengakibatkan hal buruk bisa terjadi.

Teknik pengereman dan permainan gas adalah dua hal yang wajib pengemudi ketahui. Jangan hanya asal bisa berkendara, namun untuk tekniknya kurang tepat.

Untuk mengendarai sebuah sepeda motor ada saja hal yang perlu diperhatikan. Apalagi untuk jenis kendaraan ini cukup beragam. Ada yang memiliki tipe sport, bebek, hingga matic sekalipun.

Semua tipe sepeda motor ada teknik berkendaranya masing-masing. Meski terkesan simpel dan mudah dikendarai sepeda motor tidak bisa Anda anggap remeh. Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting.

Termasuk menarik gas motor yang benar. Berkendara di jalan raya menggunakan sepeda motor membutuhkan kemampuan yang baik. Hal ini bertujuan agar bisa aman baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Untuk itu, sebelum memastikan berkendara Anda harus mengenali apa saja komponen dan fungsinya. Bahkan yang cukup berperan penting yaitu kontrol gas dan pengereman. Sebaiknya cari tahu bagaimana teknik yang tepat dalam berkendara.

Baca juga: Gas Motor Tersendat, Kenali Penyebab yang Timbul pada Teknologi Injeksi

Pengetahuan Dasar Cara Menarik Gas Motor yang Benar

Berkendara sepeda motor memang salah satu aktivitas yang bisa dibilang mudah. Hal ini terbukti banyaknya pengendara yang kini berada di jalanan baik untuk kaum pria, wanita, dewasa, maupun anak-anak sekalipun.

Meski demikian jangan hanya asal bisa mengendarainya saja. Ada banyak teknik yang perlu Anda perhatikan agar berkendara menjadi lebih aman dan nyaman.

Salah satunya yaitu bagaimana cara mengoperasikan gas pada sepeda motor. Gas berperan dalam laju berkendara. Dengan Anda tahu bagaimana cara menariknya yang tepat, tentu membantu berkendara jauh lebih aman.

Baca Juga:  Cara Menghitung Persen di Kalkulator HP Praktis, Ikuti Tutorialnya!

Pelajari tekniknya bisa menggunakan metode latihan sendiri atau melalui kursus. Saat hendak melakukan kontrol gas sebaiknya buka dengan perlahan. Anda bisa putar stang agar tenaga yang keluar dapat terkontrol dengan baik.

Setiap tipe kendaraan tentu memiliki teknik permainan gas yang berbeda. Jika sepeda motor lengkap dengan kopling, maka tarik tuas kopling dengan cepat lalu lepaskan secara perlahan.

Sebaiknya tarik gas secara perlahan agar kondisi berkendara tetap stabil dan aman. Namun untuk yang harus Anda perhatikan yaitu melakukan penarikan gas dengan mengetahui medan jalan itu sendiri.

Anda harus bisa menyesuaikan agar berkendara bisa jauh lebih mudah. Jangan sampai Anda permainkan dalam menarik gas motor yang benar, sebab cara ini cukup aman untuk dilakukan berkendara di jalan raya sekalipun.

Baca juga: Gas Motor Nyangkut, Berikut Ini Penyebab Sekaligus Cara Mengatasinya

Penggunaan Teknik Tarikan Gas saat Berada di Tikungan

Saat berada di area jalan yang rata tentu penarikan gas menjadi salah satu teknik yang perlu dilakukan. Sebaiknya tarik dengan laju yang menyesuaikan kondisi jalan.

Saat menghadapi area jalan yang menikung tarikan gas harus stabil. Jangan lakukan penarikan gas secara mendadak yang justru bisa membahayakan orang lain maupun diri sendiri.

Untuk bisa mengatasi hal ini menarik gas motor yang benar adalah solusinya. Pastikan teknik pengereman juga stabil.

Bahkan untuk postur tubuh saat berkendara di area menikung juga harus seimbang. Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko tergelincir. Sehingga berkendara menjadi lebih aman dan nyaman.

Teknik Pengereman Mengendarai Sepeda Motor

Setelah Anda memahami bagaimana teknik menarik gas motor yang benar, cari tahu juga sistem pengeremannya. Kedua hal ini menjadi saling terkait akibat berkendara yang sering ugal-ugalan.

Baca Juga:  Desain Villa Pedesaan Ciptakan Suasana yang Asri dengan Tips Tepat

Untuk itu, dengan Anda tahu teknik pengereman yang tepat mempermudah banyak hal. Saat teknik pengereman berlangsung pastikan sepeda motor dalam keadaan off. Posisi standar tengah, tutup putaran gas, dan menarik tuas rem belakang serta depan.

Selanjutnya tarik tuas kopling dengan 4 jari agar sistem pengereman bisa bekerja optimal. Anda bisa melakukan teknik ini secara berulang untuk bisa membiasakan diri berlatih dengan kondisi mesin menyala.

Mengetahui teknik yang tepat dalam berkendara akan membantu Anda lebih aman di jalan. Sebaiknya kenali dulu fitur dan komponen sepeda motor. Sehingga dengan mengetahuinya, akan memudahkan dalam mengaplikasikn fungsi dari sertiap komponen.

Tidak hanya sistem pengereman saja, namun pastikan Anda tahu cara menarik gas motor yang baik sesuai dengan kondisi.